Analisis Relationship Marketing antara Kelompok Tani Padi dengan Pelanggannya (Studi Pada Kelompok Tani Padi Di Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo).

Izza, FahmiyahSifatil (2014) Analisis Relationship Marketing antara Kelompok Tani Padi dengan Pelanggannya (Studi Pada Kelompok Tani Padi Di Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian bercocok tanam. Secara geografis Indonesia memiliki potensi sumber kekayaan alam dibidang sektor pertanian yang tinggi untuk dimanfaatkan. Salah satu sektor pertanian di Indonesia, yaitu sub sektor tanaman pangan. Dalam rangka pembangunan pertanian, maka pemerintah Kabupaten Probolinggo membina kelompok tani padi untuk mendorong berkembangnya usaha pertanian. Semakin banyaknya pelaku usaha tersebut membuat para pelaku usaha padi harus dapat menciptakan daya saing. Daya saing dapat tercapai dengan adanya kepuasaan konsumen. Maka terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada kelompok tani padi adalah belum adanya ikatan secara resmi dengan pelanggannya. Selain itu, kualitas yang kurang, harga yang tidak sesuai, dan lokasi dan kondisi yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis relationship marketing ditinjau dari dimensi kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan kepuasan antara kelompok tani padi di Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo dengan pelanggannya, (2) menganalisis tingkat keterikatan relationship marketing antara kelompok tani padi di Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo dengan pelanggannya. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. Penentuan responden pada kelompok tani padi dengan menggunakan metode acak stratifikasi proporsional. Sedangkan Responden pelanggan kelompok tani padi ditentukan dengan menggunakan metode snowball sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunkan skala Likert. Relationship marketing pada kelompok tani padi dengan pelanggannya diukur melalui dimensi kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan kepuasaan. Pada tingkat keterikatan relationship marketing kelompok tani padi dengan pelanggan terdiri dari level kooperatif, koordinatif, dan kolaboratif. Hasil analisis relationship marketing kelompok tani padi lokasi strategis terhadap pelanggan diperoleh tingkat kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan kepuasaan yang berada pada kategori sedang dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 16,9; 13,2; 7,1; 6,1. Relationship marketing kelompok tani padi lokasi non-strategis terhadap pelanggan diperoleh tingkat kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan kepuasaan yang berada pada kategori tinggi dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 16,76; 13; 7,29; 5,71. Relationship marketing pelanggan terhadap kelompok tani padi lokasi strategis diperoleh tingkat kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan kepuasaan yang berada pada kategori tinggi dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 16,75; 12,25; 7,5; 11,5. Relationship marketing pelanggan terhadap kelompok tani padi lokasi non-strategis diperoleh tingkat kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan kepuasaan ii yang berada pada kategori sedang dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 10; 10,25; 6,75; 9. Tingkat keterikatan relationship marketing kelompok tani padi lokasi strategis dan lokasi non-strategis terhadap pelanggan, dan pelanggan terhadap kelompok tani padi lokasi strategis pada level kolaboratif. Pada level ini hubungan yan terjalin antar pelaku bisnis mempunyai hubungan yang erat dan adanya sikap saling memuaskan mitra bisnisnya dalam jangka panjang. Pada tingkat keterikatan relationship marketing pelanggan terhadap kelompok tani padi lokasi non-strategis pada level koordinatif. Pada level ini hubungan yang terjalin antar pelaku lebih dari sekedar kegiatan transaksional, telah ada ikatan yang lebih erat, dan pelaku cukup terbuka berbagi informasi. Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu kelompok tani padi lokasi strategis dan lokasi non-strategis agar dapat memperbaiki kualitas padi, sehingga lebih baik dari yang sebelumnya. Selain itu, kelompok tani padi diharapkan dapat berkomunikasi dengan pelanggan lebih sering dari sebelumnya. Untuk kebijakan pemerintah lebih memperhatikan lagi pada kelompok tani padi lokasi non-strategis agar sarana pendukung atau infrastruktur lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan saran untuk penelitian selanjutnya agar dapat menganalisa mengenai relationship marketing dengan beberapa dimensi lainnya dan produk pertanian selain padi.

English Abstract

Indonesia is an agricultural country that predominantly farming livelihood. Geographically, Indonesia has a high potential of natural resources in the agricultural sector to be used. One of the agricultural sector in Indonesia is crops sub-sector. In order to development the agricultur, the government of Probolinggo district build some farmer groups of paddy to encourage the development of agriculture. The increasing number of entrepreneurs make the paddy entrepreneurs should be able to create a competitive advantage. Competitive advantage can be achieved in the presence of consumer satisfaction. The problems that occur in paddy farmer group is the absence of official ties with customers. Moreover, the lack of quality, price discrepancy, and location and condition that is not fit. This study aimed to: (1) analyze relationship marketing in terms of dimenstions of trust, commitment, cooperation, and satisfaction between farmer group of paddy in Krejengan Sub-district, Probolinggo district with their customers.; (2) analyze the level of relationship marketing attachment between farmer group of paddy in Krejengan sub-district, Probolinggo district with their customers. This study is done in the Krejengan sub-district, Probolinggo district. Determination of the respondents in the farmer group of paddy using stratified proportional random sampling. While the customer Respondents farmer group of paddy are determined using snowball sampling. This study used a qualitative descriptive analysis using a Likert scale. Relationship marketing of farmer group of paddy with customers measured using four dimensions: trust, commitment, cooperation, and satisfaction. The level of relationship marketing attachment of farmer group of paddy with customers consists of cooperative, coordinative, and collaborative level. The results of analysis of relationship marketing farmer group of paddy in strategic location toward the customer obtained the level of trust, commitment, cooperation, and satisfaction in middle category with the value of each dimension is 16,9; 13,2; 7,1; 6,1. Relationship marketing farmer group of paddy in non-strategic location toward the costumer obtained level of trust, commitment, cooperation, and satisfaction in high category with the value of each dimension is 16,76; 13; 7,29; 5,71. Relationship marketing of costumers towards farmer group of paddy in strategic location obtained level of trust, commitment, cooperation, and satisfaction at high category with value of each dimension is 16,75; 12,25; 7,5; 11,5. Relationship marketing of costumers towards farmer group of paddy in strategic location obtained level of trust, commitment, cooperation, and satisfaction at middle category with value of each dimension is 10; 10,25; 6,75; 9. The level of relationship marketing attachment of farmer groups of paddy in the strategic location and non-strategic location toward customers, and customers iv toward farmer groups of paddy in the strategic location is in the level of collaborative. At this level, relationship between business partner have good relation and existence of mutual satisfactory in long-term. Whereas the level of relationship marketing attachment of customers toward farmer groups of paddy in the non-strategic location is in the level of coordinative. At this level, relationship between business partner is more than just a transactional activity, there has been a closer relationship, and business partner is open enough for shared information. Suggestion that can be provided from this study is farmer groups of paddy in the strategic location and non-strategic location should improve the quality of paddy, so it can be better than the previous one. Furthermore, farmer group of paddy be expected to communicate with the customers more frequently than before. For government be expected to pay more attention to the farmer group of paddy in the non-strategic location in order to support facilities or infrastructures so it can be better than before. Suggestion for further research is be expected to analyze the relationship marketing with several other dimensions and agricultural products besides paddy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/208/051404768
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2014 15:38
Last Modified: 20 Oct 2021 05:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129664
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB.III.pdf]
Preview
Text
BAB.III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB.I.pdf]
Preview
Text
BAB.I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB.II.pdf]
Preview
Text
BAB.II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB.IV.pdf]
Preview
Text
BAB.IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB.V.pdf]
Preview
Text
BAB.V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB.VI.pdf]
Preview
Text
BAB.VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DEFINISI_OPERASIONAL.pdf]
Preview
Text
DEFINISI_OPERASIONAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item