Wulandari, Fitri (2014) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Air Mata Kucing (Studi Kasus di Royal Plaza dan City of Tomorrow Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan antar produsen minuman cup dipasaran semakin ketat dengan pemberian kepuasan kepada para konsumen adalah strategi pertahanan yang paling baik. Perusahaan harus menjaga para konsumennya selalu merasa puas. Perusahaan Air Mata Kucing merupakan produsen yang telah menciptakan suatu produk minuman dengan banyak variasi menu pilihan rasa. Produk minuman Air Mata Kucing (AMK) adalah ramuan minuman dari negara Malaysia. Mata Kucing dalam bahasa Malaysia berarti buah lengkeng karena jika dibelah akan menyerupai mata kucing. Buah lengkeng hanya berfungsi sebagai “aksesoris” (pelengkap), yang mempunyai manfaat besar yaitu Lo Han Kuo, Buah Kundur, dan Gula Batu. Ketiga bahan tersebut terdapat pada produk Air Mata Kucing (AMK) yang memiliki manfaat untuk menurunkan panas dalam, mengurangi batuk, mengeluarkan dahak dan mengembalikan kebugaran tubuh (Anonymous, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Atribut-atribut pada produk air mata kucing yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dan untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk Air Mata Kucing (AMK) di Royal Plaza dan City Of Tommorow Surabaya. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling yaitu penentuan sampel berdasarkan kriteria atau pertimbangan tertentu. Kriteria yang dijadikan sampel adalah responden yang sudah berusia 15 tahun. Pada penelitian ini jumlah sampel yang diambil adalah 70 responden dengan menggunakan pendekatan Malhotra. Metode pengumpulan data yaitu jenis data yang digunakan data primer, sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuisioner). Metode analisis data yang digunakan adalah yaitu analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan karakteristik konsumen produk Air Mata Kucing, Importance Performance Analysis digunakan untuk menganalisis kepuasan pelanggan terhadap atribut produk yaitu dengan membandingkan kesenjangan antara kepentingan dan kinerja produk dan Customer satisfaction index digunakan untuk menganalisis kepuasan konsumen secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atribut-atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya adalah atribut yang berada di kuadran A yaitu keramahan dan kesopanan karyawan dalam melayani konsumen dan kecepatan dalam menyajikan minuman. Sedangkan pada kuadran B terdapat empat atribut yang meliputi, rasa, variasi rasa produk, kebersihan minuman, dan manfaat yang dirasakan. Atribut-atribut tersebut merupakan atribut produk air mata kucing yang harus tetap dipertahankan oleh perusahaan. Kuadran C menunjukan atribut-atribut kualitas produk yang dianggap kurang begitu penting bagi konsumen dan tingkat kinerja yang dilaksanakan juga rendah. Atribut yang termasuk ke dalam kuadran ini ada enam, yaitu aroma produk, ketersediaan ii layanan informasi, daya tahan produk, brand image produk, karakteristik desain kemasan produk, dan ukuran volume produk. Namun berbeda halnya dengan atribut-atribut pada kuadran D yang menunjukkan kinerjanya terlalu berlebihan. Atribut-atribut kualitas produk yang termasuk ke dalam kuadran ini adalah kesesuaian harga produk dan keterjangkauan harga. Dan dari perhitungan CSI didapatkan kepuasan konsumen secara menyeluruh diperoleh index kepuasan sebesar 76,49 persen dimana nilai tersebut dengan kriteria puas sehingga dapat dikatakan secara keseluruhan konsumen merasa puas terhadap produk air mata kucing. Setelah dilakukan penelitian ini diharapkan pihak perusahaan air mata kucing melakukan perbaikan terhadap atribut-atribut dimensi kualitas produk air mata kucing yang di prioritaskan untuk diperbaiki yaitu atribut pada kuadran A, hingga konsumen merasa kinerja atribut produk telah sesuai dengan harapan konsumen. Perlu dilakukan peningkatan pada atribut keramahan dan kesopanan karyawan dalam melayani konsumen dan kecepatan dalam menyajikan minuman dengan cara pelayan lebih ramah ketika melayani konsumen yang datang membeli produk air mata kucing dan sebaiknya ada 2 karyawan yang melayani sehingga lebih cepat pelayanannya ketika sedang ramai pembeli. Perusahaan air mata kucing perlu melakukan evaluasi mengenai kepuasan konsumen terhadap produk air mata kucing setelah dilakukan perbaikan atribut-atribut produk air mata kucing. Perusahaan air mata kucing perlu melakukan analisis kepuasan konsumen secara terus-menerus agar selalu mengikuti tren terbaru.
English Abstract
Competition among manufacturers of beverage cup market is getting tougher by giving satisfaction to the consumer is the best defense strategy. The company must keep the customers always feel satisfied. The company of Air Mata Kucing is the manufacturer of a product which has created a product of drinks with a lot of variety of flavors. The beverage of Air Mata Kucing (AMK) is a herb drink from Malaysia. Mata Kucing in the Malaysia means litchi fruit because if split will resemble a cats eye. Longan fruit only as "accessories" (complement), which has the great benefit that Lo Han Kuo, Fruit Kundur, and Sugar Stone. The three materials contained on the products Air Mata Kucing (AMK), which has benefits to reduce the heat in, reducing cough, removing sputum and rejuvenate the body (Anonymous, 2013). This research aims to analyze attribute-an attribute on the Air Mata Kucing product that became a top priority for repairs and to analyze consumer satisfaction of product Air Mata Kucing at the Royal Plaza and City Of Surabaya Tommorow. The sampling method using accidental sampling namely the determination of the sample based on specific criteria or considerations. Criteria are sampled respondents who are aged 15 years. In this study the number of samples taken was 70 respondents using Malhotra approach. Data collection methods are the type of data used primary data, while the data collection technique using a questionnaire (questionnaire). Data analysis method used is descriptive analysis was used to explain the characteristics of consumer products Air Mata Kucing, Importance Performance Analysis is used to analyze customer satisfaction with product attributes, namely by comparing the gap between importance and performance of the product and the customer satisfaction index is used to analyze the overall customer satisfaction . The results showed that the attributes that a top priority for improved and enhanced performance are the attributes that are in quadrant A is the friendliness and politeness of employees in customer service and speed in serving drinks. While in quadrant B, there are four attributes that includes, flavor, flavored product, beverage hygiene, and perceived benefits. These attributes are product attributes Air Mata Kucing must be maintained by the company. Quadrant C shows the product quality attributes that are considered less important to consumers and the level of performance that carried too low. Attributes are included in this quadrant there are six, namely aroma products, availability of service information, product durability, product brand image, product packaging design characteristics, and the size of the volume of product. However, unlike the case with the attributes in quadrant D shows the performance too much. Quality attributes of products that fall within this quadrant is the suitability of the product price and affordability. And the CSI obtained from the calculation of consumer satisfaction overall satisfaction index gained 76.49 percent of the value of the iv criteria which are satisfied so it can be said overall consumers are satisfied with the product Air Mata Kucing. After doing research, the company is expected to Air Maa Kucing to make improvements to the quality attributes of the product dimension are prioritized to be fixed attributes in quadrant A, until consumers feel the performance attributes of the products has been accordance with customer expectations. Attributes necessary to improve the friendliness and courtesy of employees in customer service and speed in serving drinks in a way more friendly waiter when serving customers who come to buy products Air Mata Kucing and the company should have 2 employees serving resulting in faster service when youre busy shoppers. Air Mata Kucing companies need to do an evaluation on consumer satisfaction of Air Mata Kucing product after product attributes-attribute repair Air Mata Kucing. Air Mata Kucing companies need to do an analysis of consumer satisfaction on an ongoing basis in order to always follow the latest trends.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2014/202/051404736 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 14:30 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 05:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129658 |
Preview |
Text
BAB_3_KERANGKA_KONSEP_PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_1_PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_2_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_4_METODE_PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_6_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_5_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LANJUTAN_BAB_3_Pengukuran_Terhadap_Variabel.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |