Analisis Perencanaan Strategis dan Kinerja Perusahaan Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus : Home Industri UD.Primadona, Jember, Jawa Timur).

Anggriani, Fintya (2014) Analisis Perencanaan Strategis dan Kinerja Perusahaan Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus : Home Industri UD.Primadona, Jember, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam upaya pembangunan perekonomian Indonesia. Jika melihat perkembangan kontribusi subsektor agroindustri terhadap PDB selama 2004-2010 menunjukkan bahwa output subsektor ini memberikan kontribusi yang pada umumnya selalu lebih besar dari pada subsektor pengolahan non agroindustri. Berdasarkan data Produk Domestik Bruto, menunjukkan bahwa rata-rata kontribusi subsektor agroindustri selama 2004-2010 mencapai 12,59 persen dari total PDB nasional. Sementara subsektor non agroindustri (non migas) memberikan kontribusi dengan rata-rata mencapai 12.13 persen. Dengan begitu maka dapat disimpulkan bahwa, sektor agroindustri masih dapat berpeluang untuk dikembangkan. Munculnya agroindustri dapat memberikan ruang baru bagi produsen untuk memaksimalkan kemampuannya dalam memproduksi produk pertanian untuk meningkatkan nilai tambah produk primer hasil pertanian agar lebih menarik dan disukai oleh konsumen. Salah satu contoh produk primer hasil pertanian tersebut yaitu ubi kayu. Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki potensi produksi ubi kayu cukup besar. Produksi ubi kayu Indonesia terus meningkat dari 16.09 juta ton pada tahun 2000 menjadi 20,83 juta ton pada tahun 2009. Namun, ekspor produk berbasis ubi kayu dari Indonesia ke negara lain hingga akhir 2006 baru mencapai 139.096 ton (Departemen Pertanian, 2009). Berdasarkan data Kementerian Pertanian tahun terakhir 2012, hasil produksi ubi kayu/ketela pohon di kabupaten Jember sebesar 47.083 ton dan angka produksi tersebut menunjukkan hasil produksi yang stabil dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Produksi yang melimpah dapat menjadi peluang usaha bagi agroindustri yang mengolah makanan berbahan baku ubi kayu. Dengan keadaan tersebut banyak pengusaha yang berdiri dan menyebabkan persaingan bisnis pun terjadi. Untuk memenangkan persaingan perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Terdapat banyak home industri di Kabupaten Jember seperti Primadona, Purnama Jati, Wika, Anis, Sumber Madu dan sebagainya yang memproduksi produk olahan tape seperti prol tape, brownies tape, suwar suwir, dodol tape, kripik tape dan sebagainya. Primadona merupakan salah satu home industri yang bergerak dalam bidang pengolahan tape. Salah satu produk yang dihasilkan yaitu prol tape dengan berbagai varian rasa diantaranya varian rasa coklat keju, kismis, original dan sebagainya. Akan tetapi, home industri Primadona ini memiliki permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan usahanya yaitu adanya persaingan home industri lainnya yang juga memproduksi produk olahan tape seperti prol tape. Selain itu, dalam pemasaran prol tape pangsa pasar yang dipilih ii masih terbatas hanya di sekitar wilayah kota Jember, belum melaksanakan perluasan pangsa pasar hingga luar kota Jember. Untuk itu, sasaran dari penelitian ini yaitu menganalisis lingkungan internal dan eksternal yang ada pada home industri Primadona dan juga menganalisis kinerja dari home industri pada 4 perspektif yairu perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran yang kemudian akan menghasilkan suatu perencanaan strategis home industri Primadona baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang terdapat pada lingkungan internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan home industri UD. Primadona, menganalisis dan mengetahui kinerja dari home industri Primadona jika dilihat dari 4 perspektif, dan mendeskripsikan survei kepuasan pelanggan terhadap produk prol tape UD.Primadona. Pada penelitian ini, metode analisis data yang akan digunakan yaitu pada analisis kuantitatif menggunakan analisis ROI, Cycle Efectiveness dan Employee Capability. Sedangkan untuk analisis kualitatif yang digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal usaha prol tape pada home industri UD.Primadona yang terletak di Kabupaten Jember yang kemudian dianalisis dengan menggunakan matrik IE, matrik Grand Strategi serta alat analisis SWOT dan menggunakan metode balanced scorecard yang dibagi dalam 4 perspektif yaitu persepktif keuangan, persepktif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan persepktif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian antara lain : 1. Berdasarkan hasil matrik IE, bahwa home industri UD.Primadona menempati posisi pada sel IV yang artinya bahwa merupakan daerah stability strategy yaitu strategi yang telah ada dan diterapkan tanpa mengubah arah strategi yang telah diterapkan sebelumnya pada home industri UD.Primadona dan juga merupakan unit usaha yang mempunyai daya tarik industri dengan skala menengah dan memiliki pertumbuhan yang stabil akan tetapi kemungkinan adanya perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi perkembangan UD.Primadona untuk ke depannya. 2. Matrik Grand Strategy menunjukkan bahwa posisi pada home industri UD.Primadona terletak pada kuadran I yaitu strategi agresif. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan yang lebih dominan dibandingkan kelemahan dan ancaman sehingga dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy). 3. Hasil dari analisis SWOT terdapat 5 alternatif strategi utama yang dapat digunakan bagi home industri UD.Primadona dalam mengembangkan usahanya antara lain meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dengan cara inovasi produk pada produk prol tape seperti menambah varian rasa, iii memperluas pangsa pasar dengan cara menambah outlet yang tersebar di Kabupaten Jember sehingga memudahkan dalam pemasaran produk, meningkatkan daya saing dengan cara penetapan harga bersaing, memiliki ijin usaha, menyusun struktur organisasi pada UD.Primadona, mengatur keuangan yang dirinci secara jelas dalam bentuk pembukuan, dan memperhatikan factor-faktor produksi untuk mendukung berjalannya proses produksi prol tape. 4. Perspektif keuangan dari hasil perhitungan ROI didapatkan hasil ROI selama 3 bulan yaitu bulan Januari, Februari, dan Maret sebesar 0,73 persen. Hal ini menunjukkan bahwa nilai ROI dari bulan Januari hingga Maret hasil yang didapatkan sama atau nilai ROI yang diperoleh stabil selama 3 bulan. 5. Perspektif pelanggan berdasarkan hasil perhitungan kepuasan pelanggan yang menyatakan bahwa rata-rata hasil persentase sebesar 37,7 persen atau dibulatkan menjadi 38 persen ini pelanggan cenderung menjawab sangat puas terhadap semua variabel yang telah ditentukan oleh home industri UD.Primadona. Sedangkan dari hasil 6 variabel yang digunakan dalam indikator kepuasan pelanggan, terlihat bahwa hasil yang dominan lebih tinggi didapatkan pada variabel inovasi produk dengan tingkat prosentase sebesar 60 persen. 6. Pada perspektif bisnis internal, hasil dari perhitungan didapatkan hasil prosentase sebesar 100 persen, artinya bahwa efisiensi dalam proses produksi sebesar 100 persen. Menurut Saftiana, dkk (2007), hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa proses produksi yang dilakukan ideal adalah menghasilkan cycle time sama dengan processing time. 7. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, hasil perhitungan produktifitas tenaga kerja mendapatkan hasil sebesar 250 persen. Jadi, produktivitas yang dicapai untuk memproduksi prol tape sebanyak 100 unit adalah 250 persen. Untuk minimal rasio produktivitas kerja yang harus dicapai adalah 100 persen yaitu output yang dihasilkan sama dengan input (sumberdaya) yang dipergunakannya. 8. Dalam menciptakan keunggulan bersaing ini ada 3 strategi bersaing yang dapat digunakan oleh home industri UD.Primadona untuk memperoleh keunggulan bersaing yaitu strategi inovasi produk, strategi penurunan biaya, dan strategi peningkatan mutu produk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dar

English Abstract

Agroindustry is one of a sector that has an important role in development efforts indonesian economy. If you see the development of subsektor agroindustry contribution to gdp showed that output during 2004-2010 subsektor it contributes who generally always greater than subsektor processing non agroindustry. Gross domestic product, based on the data show that average constributions subsektor agro-industry during 2004-2010 reached 12,59 percent of the total national GDP. While subsektor non agro-industry ( non-oil and gas ) contributes to an average reached 12.13 percent. Thus it can be concluded that, agro-industry sector can still had a chance to be developed. The emergence of new agroindustry can give space for producers to maximize its ability in producing agricultural products to increase the value added primary products of agricultural produce to be more attractive and favored by the consumer. One example of primary products of agricultural produce are cassava.Indonesia is tropical countries that has the potential production of the cassava big enough. The production of cassava indonesia keeps increased from 16.09 million tons in 2000 to 20,83 million tons in 2009. However, product exports based cassava from indonesia to another until the end of 2006 was reached 139.096 tons ( department of agriculture, 2009 ). Based on data the agriculture ministry last year 2012, the result of fermented cassava tree in thousand jember of 47.083 tons and figures production may indicate the result of a stable compared with previous years. Production an abundant can become business opportunity for agro-industry that manipulate food made of cassava. With the situation many of them stood up and causing competition business will happen. To win competition company must be able to give satisfaction to the customers. There are many home industry at jember such as, Primadona, Purnama Jati, Wika, Anis, Sumber madu, etc which fermentation cassava ruse such as prol tape, brownies, dodol, suwar-suwir, cassava crisp, etc. Primadona is one of home industry in fermentation cassava ruse, one of the product is prol tape with the variant taste such as chesse chocolate , currant, original, etc. but, this home industry has to compete with another home industry which has the same production. Beside that, the prol cassava marketing stil around jember region, reach outside of jember region yet For that, this research point is to analyze internal and external environment at UD. Primadona home industry and to analyze the workshop at home industry to 4 perspective to get a project stategy af primadona home industry for short period or long period to improve superior compete. The purpose of this research is to identify internal and external environment’s factor as the power, weakness, chance, and threat which can vi influence to the developing of UD. Primadona home industry; analyze and knowing the workshop from Primadona home industry if observe from 4 perspective and describing survey of the customer of UD. Primadona prol cassava’s product satisfaction. On this research, data analyze method is used quantitative analyze with rol analyze, cycle efectiveness and employe capability. To qualitative analyze is used for environment analyze internal and external environment at prol fermentation cassava UD. Primadona home industry at jember than analyzing with IE matrix, matrix grand strategy also swot analyze and use balanced score card method which devided in to 4 perspective, that is monetary perspective, customer perspective, internal bussiness perspective and learn and growth perspective. The research result : 1. Based on IE matrix analyze, can be conclude that UD.Primadona home industry at the IV sel position. At the IV quadrant is stability strategy region that strategy had already without change the strategy target used before at UD. Primadona home industry. On the IV quadrant is also as a unit which has good performance industry with medium scale and has stability growth but perhaps the changes of environment can influence UD.Primadona growth next day. 2. Matrix grand strategy shows that the position of UD.Primadona home industry one the 1st quadrant is oriented strategy. That factory has a dominant chance and power, so can be use that chance and power to carry on the growth oriented strategy. The strategy which should be use on this condition is carry on the growth oriented strategy. That factory has a dominant chance and power, so can be use that chance and power to carry on the growth oriented strategy. 3. Based on the result of matrix SWOT analysis,the main alternative strategy can be used for UD.Primadona home industry to develope his industry, such as improve the quality and quantity of the product by way of product innovation in products as prol tape adds flavors, extending market share by adding outlets in Jember to facilitate the marketing of products, improve competitiveness by way of competitive pricing ,having trade permission, arranging an organization structure at UD.Primadona, ,managing the financial those are arranged detail and correctly on finance book to know UD.Primadona home industry development, and attention to the factors of production to support the passage of the production process prol tape. 4. The finance perspective from the result of ROI counter,the result of ROI counter for three months that is January,February and March.It’s 0,73 persen. It refers that the ROI value from January till March is the same or the ROI value is constant for three months. 5. The customer perspective based on calculation of customer satisfaction said that rate of value percentage is 37,7 persen or 38 persen, this customer most of them answered very satisfied to all variable of UD.Primadona home industry.From 6 variable that used to customer satisfaction’s indicator shows that the dominant result more high to innovation product variable with percentage 60 persen. 6. On the internal business perspective,the result of counting result percentage is 100 persen ,it means that the efficiency on production process is 100 persen. vii According to Saftiana,dkk(2007) that counting result shows that production process used is ideal means cycle time same as processing time. 7. On the growth and learn perspective,the worker productivity count’s result get 250 persen . So,productivity to fermented cassava production for 100 units is 250 persen. For minimal ratio work productivity should be raise 100 persen that’s output same as input it’s used. 8. To built this superior competition,there are three strategy to compete that can be used to UD.Primadona home industry to get to get the superiority in competition,that is innovation product strategy,decreasing fee strategy and developing quality of the product strategy. The conclusion from this research is the result of the IE matrix ,the power and the chance are at UD.Primadona home industry more dominant than the weakness and the threat is had by UD.Primadona home industry, on matrix grand strategy UD.Primadona home industry is at first quadrant that mean the aggressive strategy,on SWOT analysis,there are 5 main alternative strategy that can be used for UD.Primadona home industry on developing his industry. On financial perspective strategy that can be done is improving marketing volume in the UD.Primadona home industry to get the more maximal profit,the perspective of customer is increasing customer satisfaction by improving the quality and quantity of the product with innovation product,extending the trade range,the perspective of internal business is increasing the efficiency production and operation can be done by the enough technology and using technology that is more sophisticated,it will make easy on the process of production,on perspective of growth and learning by increasing officer productivity and improving officer on making fermented cassava,the office

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/201/051404671
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2014 14:19
Last Modified: 20 Oct 2021 05:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129657
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (14MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item