Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Petani Terhadap Benih Padi Varietas Ciherang Merek “Sang Hyang Seri” (Studi Kasus Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri)

Nafi`atulK (2014) Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Petani Terhadap Benih Padi Varietas Ciherang Merek “Sang Hyang Seri” (Studi Kasus Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor yang mendukung dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia mendapatkan penghasilan dari sektor pertanian. Sehingga, sangat memungkinkan untuk meningkatkan sektor pertanian lebih baik lagi, mengingat sektor pertanian sebagai sumber utama dalam penyediaan bahan pangan untuk masyarakat. Salah satu bahan pangan yang menjadi bahan pokok pangan masyarakat Indonesia adalah padi. Dalam kegiatan bercocok tanam, petani memutuskan menggunakan jenis benih padi apa yang akan digunakan, karena untuk meningkatkan produksi beras adalah dengan meningkatkan kualitas dan produksi benih padi. Pada penelitian ini petani di Desa Sambirejo kurang tertarik menggunakan benih padi hibrida yang menawarkan produksi yang lebih tinggi, mengingat di desa tersebut juga sebagai lokasi berdirinya pabrik benih pertanian hibrida. Petani di lokasi penelitian yang tergabung dalam kelompok tani Suka Usaha dan kelompok tani Bahagia menggunakan benih padi varietas ciherang merek “Sang Hyang Seri”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap benih padi varietas ciherang merek “Sang Hyang Seri” dan (2) Menganalisis kategori loyalitas petani yang menggunakan benih padi varietas ciherang merek “Sang Hyang Seri”. Hipotesis dari penelitian yang dilakukan yaitu diduga bahwa petani merasa puas menggunakan benih padi varietas ciherang merek “Sang Hyang Seri”, sedangkan untuk loyalitas petani diduga bahwa petani di Desa Sambirejo termasuk ke dalam kategori commited buyer dengan selalu menggunakan benih padi varietas ciherang merek “Sang Hyang Seri”. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi di Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Alasan dalam pemilihan lokasi tersebut dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Desa Sambirejo merupakan desa yang petani padinya menggunakan benih padi varietas ciherang merek “Sang Hyang Seri”. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive dimana sampel diambil dengan tujuan tertentu, dengan jumlah 55 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu Importance Performance Analysis (IPA) untuk melihat tingkat kinerja dan kepentingan responden, CSI digunakan untuk melihat kepuasan responden secara keseluruhan dan pada analisis loyalitas metode yang di gunakan dalam bentuk parsial yang merupakan pengembangan piramida loyalitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dil ukan telah diperoleh (1) Dari hasil analisis menggunakan metode IPA di peroleh variabel resistensi hama dan penyakit serta keunggulan yang dirasa petani mempunyai kinerja yang perlu di tingkatkan oleh perusahaan karena dirasa petani sangat penting. Sedangkan analisis menggunakan metode CSI didapatkan nilai sebesar 72,2% yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan responden merasa puas. (2) Hasil penelitian mengenai analisis loyalitas didapatkan kategori switcher 60%, habitual buyer 78%, satisfied buyer 62%, liking of brand 69% dan commited buyer 56%.

English Abstract

Agriculture is one sector that supports the economic growth in Indonesia. The majority of Indonesian people earn income from agriculture. Thus, it is possible to improve the agricultural sector better because as the main source of food supply for the community. One food that is a staple food is rice Indonesian society. In the course of farming, the farmer decided to use what type of rice seeds to be used, due to the increase in rice production by improving the quality and production of rice seed. In this study, farmers in the village of Sambirejo less interested in using hybrid seeds that offer higher production, considering in the village as well as the location of the establishment of the factory farming of hybrid seed. Farmers at the sites belonging to the farmer groups and farmer groups Enterprises Likes Happy rice seed varieties using Ciherang brand "Sang Hyang Seri". The purposes are of this research (1) analyze the level of satisfaction of farmers on rice seed varieties Ciherang brand "Sang Hyang Seri" and (2) analyze the use of rice seed varieties Ciherang brand "Sang Hyang Seri" fall into the category of loyalty. The hypothesis of the research conducted is alleged that the farmers were satisfied using rice seed varieties Ciherang brand "Sang Hyang Seri", while for the loyalty of the farmers alleged that the farmers in the village Sambirejo fall into the category of commitment by always using rice seed varieties Ciherang brand "Sang Hyang Seri". The research was conducted by taking location in the village of Sambirejo, Sub district Pare, Kediri. The reason for site selection was done intentionally by the consideration that the village is a village Sambirejo its rice farmers use rice seed varieties Ciherang brand "Sang Hyang Seri". Method using purposive sampling where the samples were taken with a specific purpose, the number of 55 respondents. Data analysis method used is Importance Performance Analysis ( IPA ) to see the level of performance and the interests of the respondent, CSI is used to see the overall satisfaction of the respondents and the loyalty analysis methods used in the form of partial pyramid which is the development of loyalty. Based on the research that has been done has been obtained (1) From the analysis results obtained using IPA in variable resistance to pests and diseases as well as the perceived advantages of farmers who have a need to improve the performance of the company as perceived by farmers is very important. While the analysis of the CSI obtained using a value of 72.2 %, which indicates that the respondents were satisfied overall and (2) The results of the analysis obtained loyalty switcher category 60 %, 78 % habitual buyers, satisfied buyer 62 %, the liking of the brand 69 % and 56 % committed buyer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/153/051403662
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Jul 2014 10:06
Last Modified: 20 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129605
[thumbnail of Full_Teks.pdf]
Preview
Text
Full_Teks.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item