Analisis Kepuasan Petani Dalam Menggunakan Insektisida Produksi Pt Petrosida Gresik (Studi Kasus Pada Petani Di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu)

Fatmawati, ErlinWidya (2014) Analisis Kepuasan Petani Dalam Menggunakan Insektisida Produksi Pt Petrosida Gresik (Studi Kasus Pada Petani Di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usahatani merupakan suatu kegiatan bagaimana seseorang mengalokasikan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk memperoleh keuntungan yang tinggi pada waktu tertentu. Kegiatan usahatani memelukan sarana produksi atau faktor produksi untuk menunjang produksi output berupa komoditas pertanian. Salah satu sarana produksi pertanian adalah pestisida yang terdiri dari berbagai jenis, antara lain fungisida, insektisida, herbisida dan lain sebagainya. PT Petrosida merupakan salah satu perusahaan berbasis agroindustri yang memproduksi bahan aktif kimia untuk pertanian dan perkebunan pertama kali di Indonesia. Salah satu produk platinum dari perusahaan ini adalah insektisida Sidamethrin 50 EC. Meskipun penjualan produk insektisida Sidamethrin 50 EC ini tinggi, masih banyak masalah dan kendala yang dihadapi petani ketika akan dan setelah menggunakan produk ini. Masalah yang biasa dihadapi antara lain harganya terus mengalami kenaikan, serta kerusakan label kemasan akibat kegiatan distribusi produk yang disampaikan melalui layanan pelanggan PT Petrosida Gresik. maka PT Petrosida Gresik memerlukan informasi mengenai kepuasan konsumen terhadap kualitas produk insektisida Sidamethrin 50 EC. (PT Petrosida Gresik, 2013). Penelitian ini akan menganalisis mengenai kepuasan konsumen yaitu petani pada produk insektisida Sidamethrin 50 EC diukur dengan menggunakan alat analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Indeks (CSI), yang akan menganalisis 5 dimensi yang diambil berdasarkan teori Gravin (1988) dalam Tjiptono & Diana (2003), yaitu kinerja (Performance), ciri-ciri (Feature), estetika, serviceability, dan kesesuaian dengan spesifikasi (comformance specification). Untuk atribut yang akan digunakan diambil sebanyak 16 atribut. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini antara lain; dari 16 atribut yang ditentukan dalam penelitian, ternyata hanya 11 atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk insektisida Sidamethrin 50 EC. Atribut tersebut adalah manfaat, kemampuan membunuh hama, variasi ukuran kemasan, ketersediaan produk, bentuk kemasan, warna kemasan, informasi kandungan bahan aktif, petunjuk penggunaan, ijin edar, harga, dan labeling. Hasil tingkat kesesuaian antara kinerja insektisida Sidamethrin 50 EC dan kepentingan konsumen menunjukkan bahwa terdapat 5 atribut yang mendapat kriteria sangat puas oleh konsumen, yaitu manfaat, kemampuan membunuh hama, petunjuk penggunaan, ijin edar, dan labeling, sedangkan 6 atribut lainnya mendapatkan kriteria kurang puas oleh konsumen. Sedangkan dalam analisis Customer Satisfaction Index (CSI), dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah merasa puas karena nilai CSI yang didapat dalam penelitian ini adalah sebesar 81,73. Penelitian ini diharapakan dapat menjadi wawasan informasi bagi pihak-pihak yang bersangkutan. Terutama untuk perusahaan, PT Petrosida Gresik sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan strategi pengembangan produk. Sehingga konsumen akan tetap setia (loyalitas konsumen) pada perusahaan. Dan pada akhirnya perusahaan akan meningkatkan keuntungannya.

English Abstract

Farming is an activity how people allocate existing resources effectively and efficiently to obtain high profits at any given time. Farming activities need the means of production or factors of production to support the production output of agricultural commodities. One of the means of agricultural production is a pesticide that is composed of various types, such as fungicides, insecticides, herbicides and so forth. PT Petrosida is one of the agrocompany manufactures active ingredients for agricultural chemicals and the first plantation in Indonesia. One of the products of this company are platinum Sidamethrin 50 EC insecticide. Although sales Sidamethrin 50 EC insecticide products is high, there are still many problems and constraints faced by farmers when going and after using this product. Problems commonly encountered include the price continues to rise, as well as damage due to the label that the product distribution activities delivered through the customer service Petrosida PT Gresik. Petrosida PT Gresik need information on customer satisfaction with quality products Sidamethrin 50 EC insecticide. (PT Petrosida Gresik, 2013). This study will analyze the customer satisfaction that farmers in insecticide products Sidamethrin 50 EC measured using analytical tools Importance Performance Analysis (IPA) and the Customer Satisfaction Index (CSI), which will analyze the 5 dimensions are taken based on the theory Gravin (1988) in Tjiptono & Diana (2003), the performance performance, Feature, aesthetics, serviceability, and comformance specification). To attribute to be used is taken as many as 16 attributes. Based on the analysis conducted, the results of this study are; of 16 attributes specified in the study, only 11 attributes which are considered by consumers to purchase products Sidamethrin 50 EC insecticide. The attributes are the benefits , the ability to kill pests, variety of packaging sizes, availability of product, packaging shape, color packaging, the active ingredients information, instructions for use, distribution license, price, and labeling. The results of the performance level of concordance between insecticide Sidamethrin 50 EC and the interests of consumers indicate that there are five attributes that got very satisfied criteria by consumers, the benefits , the ability to kill pests, instructions for use, distribution license, and labeling, while 6 other attributes to get the criteria are not satisfied by consumers. While the analysis of Customer Satisfaction Index (CSI), it can be concluded that, overall, consumers are satisfied because CSI values obtained in this study is equal to 81.73 percent. This study is expected to be insightful information for the parties concerned . Especially for companies, PT Petrosida Gresik for consideration in pursuing a strategy of product development . So that consumers will remain loyal (loyalty consumers) in the company. And in the end the company will increase its profits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/149/051403635
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Jul 2014 12:02
Last Modified: 20 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129600
[thumbnail of skripsi-Erlin.pdf]
Preview
Text
skripsi-Erlin.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item