Novita, SriAjengAprilia (2014) Strategi Pengembangan usahatani sayuran Organik di Kurnia Kitri Ayu Farm. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hortikultura merupakan budidaya pertanian tanaman buah, sayur, dan bunga. Tanaman hortikultura mempunyai banyak manfaat antara lain pemenuhan kebutuhan vitaman, mineral, penyegar, kesehatan lingkungan dan estetika. Salah satu komoditas hortikultura yang sangat dibutuhkan manusia adalah sayuran. Sayuran adalah salah satu komoditas pangan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat hampir setiap hari karena banyaknya manfaat yang terkandung pada sayuran menyebabkan sayuran menjadi bagian dari komoditas hortikultura yang terus diproduksi. Perusahaan yang membudidayakan sayuran adalah Kurnia Kitri Ayu Farm, Malang. Sayuran yang dibudidaya oleh KKAF adalah sayuran organik dengan berbagai macam sayuran diantaranya adalah caisim, bayam merah, dan kangkung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang memiliki nilai tertinggi dan merumuskan berdasarkan perspektif yang ada pada Balanced Scorecard. Penelitian ini dilaksanakan di Kurnia Kitri Ayu Farm, Sukun, Malang pada bulan Januari – Februari 2014. Metode penentuan responden dari produsen menggunakan metode purposive sampling, sedangkan motode yang digunakan untuk penentuan responden dari konsumen menggunakan metode accidental sampling berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Untuk merode analisis data menggunakan analisis matrik IFE. Matrik EFE, Matrik IE, matrik Grand Strategy, analisis SWOT, dan analisis Balanced Scorecard. Berdasarkan pada perhitungan rating, dan skor pada analisis matrik IFE kekuatan yang memiliki nilai paling besar adalah produk bebas pestisida sebesar 25.77, adanya dukungan dari pemerintah sebesar 22.09. Sedangkan untuk kelemahan yang memiliki nilai skor tertinggi adalah cycle effectiveness sebesar 18.39 dan diikuti dengan costumer satisfaction sebesar 11.97. Sedangkan pada matrik EFE, peluang yang memiliki nilai tertinggi adalah menciptakan lapangan pekerjaan sebesar 75.47dan diikuti adanya dukungan pemerintah sebesar 50.94. Untuk ancaman yang memiliki skor tertinggi adalah pesaing produk sejenis sebesar 16.98, dan diikuti dengan perubahan selera konsumen sebesar 15.09. Pada matrik IE, usahatani sayuran organik berada pada sel II, Inti strategi yang dapat diterapkan adalah dengan alternatif strategi tumbuh dan berkembang (growth and build) melalui konsentrasi integrasi horizontal. Pada matrik Grand Strategy berada pada kuadran I dengan integrasi vertikal dengan diversifikasi horizontal. Dan pada matrik SWOT didapat 2 strategi yang dilanjutkan dengan analisis Balanced Scorecard dengan berfokus pada peningkatan pendapatan melalui peningkatan penjualan dan profit dengan meningkatan pelayanan konsumen, efisiensi produk, dan produktivitas tenaga kerja usahatani sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm.
English Abstract
Horticulture is the cultivation of fruit crops, vegetables, and flowers. Horticultural crops have many benefits including meeting the needs of many vitamins, minerals, fresheners, environmental health and aesthetics. One of horticultural commodities indispensable man is vegetable. Vegetables are one of the food commodities that can be consumed by the public almost every day because of the many benefits contained in vegetables causes the vegetables to be part of horticultural commodities continue to be produced. Companies that cultivate vegetables are Kitri Ayu Kurnia Farm, Malang. Vegetables are cultivated by KKAF organic vegetables with assorted vegetables include caisim, red spinach, and kale. The purpose of this study was to analyze the strengths, weaknesses, opportunities and threats that have the highest value and the perspective is formulated based on the Balanced Scorecard. This research was conducted in Kitri Ayu Kurnia Farm, Sukun, Malang in January-February 2014. The method to determine the respondents from manufacturers using purposive sampling method, while method attribute is used to determine the respondents of consumers using incidental sampling method were 30. Methods of data collection using primary and secondary data . To Merode analyzed using IFE matrix. EFE Matrix, IE Matrix, Matrix Grand Strategy, SWOT analysis, and analysis of the Balanced Scorecard. Based on the calculation of the rating, and the score on the strength of IFE matrix analysis has the greatest value is 25.77 for products free of pesticide, government support of 22.09. As for weaknesses that have the highest score value is the cycle effectiveness of 18.39 and was followed by customer satisfaction of 11.97. While the EFE matrix, which has the highest value opportunities is to create jobs for the support of government 75.47dan followed by 50.94. For threats that have the highest scores are competitors similar products of 16.98, and is followed by changes in consumer tastes of 15.09. The IE matrix, organic vegetable farm located on the second cell, which can be applied to core strategy is to grow and develop alternative strategies (growth and build ) concentration through horizontal integration. At the Grand Strategy Matrix are in quadrant I with vertical integration with horizontal diversification. And the SWOT matrix obtained 2 strategy followed by the Balanced Scorecard analysis by focusing on improving income through increased sales and profits by improving customer service, product efficiency and labor productivity of organic vegetable farming Ayu Kurnia Kitri Farm .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2014/147/051403633 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 11:51 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129598 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN_SRI_AJENG.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |