Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Beras Organik Di Kota Malang

Syafii, SriWulandari (2014) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Beras Organik Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beras Organik merupakan beras yang dibudidayakan secara organik, bersifat ramah lingkungan dan hasil produksinya aman dikonsumsi oleh manusia. Permintaan akan beras organik diperkirakan meningkat sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan bagi tubuh dan lingkungan. Beras organik yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan lingkungan serta memiliki kualitas yang relatif lebih tinggi dari beras konvensional. Hal ini membuat harga beras organik lebih mahal dari beras konvensional. Selain itu, ketersediaan beras organik dan informasi yang terbatas mengenai beras organik membuat beras organik masih memiliki sedikit konsumen. Berdasarkan keunggulan dan kendala tersebut, maka dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian beras organik. Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian beras organik. 2) Mengestimasi harga yang bersedia dibayarkan oleh konsumen terhadap beras organik. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Giant Hypermart Malang Olympic Garden, Carrefour Market Mitra I, dan Hypermart Malang Town Square, Kota Malang. Hal ini dikarenakan swalayan tersebut menyediakan beras organik dan beras konvensional dengan stok display yang paling banyak dibandingkan swalayan lainnya di Kota Malang. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling yang bersifat accidental sampling dengan jumlah responden 100 orang, dengan rincian 55 orang yang kotinyu dalam pembelian beras organik dan 45 orang tidak kotinyu dalam pembelian beras organik. Metode pengumpulan data secara primer dan sekunder. Metode analisis data antara lain analisis Regresi Logistik dan analisis kesediaan membayar atau willingness to pay (WTP) dengan metode CV (Contingent Valuating Method). Hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian beras organik dengan analisis regresi logistic diperoleh, faktor yang berpengaruh terhadap pembelian beras organik antara lain harga, manfaat, kualitas, ketersediaan, dan pendapatan. Selanjutnya hasil analisis kesediaan membayar atau willingness to pay (WTP) konsumen yang tidak kontinyu dalam pembelian beras organik, diperoleh nilai rataan WTP sebesar Rp.15.250,00/Kg. saat ini harga beras organik berkisar antara Rp.20.000,00-Rp.24.000,00/Kg. Saran yang dapat diajukan dari hasil analisis ini adalah: 1) Harga sebaiknya diperhatikan dan disesuaikan dengan harga yang bersedia dibayarkan konsumen (WTP) agar beras organik mampu dijangkau semua kalangan konsumen. 2) Menginformasikan Manfaat dan Kualitas beras organik. 3) Menfasilitasi ketersediaan beras organik dan memperluas segmentasi beras organik agar dapat dikonsumsi semua kalangan konsumen. 4) Meneliti kesediaan membayar beras organik bagi konsumen yang belum mengkonsumsi beras organik.

English Abstract

Organic rice is rice cultivated organically, safe environmental and the products are safe for consumption by humans. The demand for organic rice is expected to increase equal with increasing public awareness of health for the body and the environment. Organic rice which has benefits for health and the environment, and have a relatively higher quality than conventional rice. It’s makes the price of organic rice is more expensive than conventional rice. In addition, the availability of organic rice and limited information about organic rice making organic rice still has a few consumers. Based on the advantages and constraints, then conducted research to analyze the factors that affect consumer decision-making in the purchase of organic rice. This study aims to: 1) Analyze the factors that affect consumer decision-making in the purchase of organic rice. 2) Estimate the price are consumer willingness to pay organic rice. Determination of the research area by purposive in Giant Hypermart Malang Olympic Garden, Carrefour Market Mitra I, and Hypermart of Malang Town Square, at Malang city. It is because the supermarket where supply organic rice and conventional rice and display stock the most compared to other supermarkets in Malang city. Sampling method performed by a non-probability sampling method that is accidental sampling the number of respondents 100 people, with details of 55 people who continuously in the purchase of organic rice and 45 were not continuously in the purchase of organic rice. The method of collecting primary and secondary data. Data analysis methods include logistic regression analysis and analysis of willingness to pay (WTP) by the Contingent Valuating Method (CVM). The results of research, the factors that affect consumer decision-making in the purchase of organic rice obtained by logistic regression analysis, the factors that affect the purchase of organic rice among other things: price, benefits, quality, availability, and income. The results of the analysis of willingness to pay (WTP) of consumers are not continuously in the purchase of organic rice, the average WTP values obtained by Rp.15.250,00/Kg. The current price of organic rice ranged between Rp.20.000,00-Rp.24.000,00/Kg. Suggestions can be submitted from the results of analysis are: 1) The price should be considered and adjusted to the price consumers are willingness to pay (WTP) to be able to reach all organic rice among consumers. 2) Informating benefits and quality of organic rice. 3) Facilitating the availability of organic rice and Expansion of segmentation marketing of organic rice to be consumed by all consumers. 4) Analysis Willingness to pay organic rice to consumers who never consume organic rice.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/134/051403215
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Jun 2014 14:28
Last Modified: 20 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129584
[thumbnail of 1._cover_dan_Ringkasan_-_daftar_lampiran.pdf]
Preview
Text
1._cover_dan_Ringkasan_-_daftar_lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._isi_skripsi_inti_(bab_I_-_Lampiran).pdf]
Preview
Text
2._isi_skripsi_inti_(bab_I_-_Lampiran).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item