Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional

Azizah, MuthiahAbda (2014) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perdagangan Internasional Merupakan Hubungan Kegiatan Ekonomi Antar Negara Yang Diwujudkan Dengan Adanya Proses Pertukaran Barang Atau Jasa Atas Dasar Sukarela Dan Saling Menguntungkan. Perdagangan Internasional Biasanya Dilakukan Dengan Cara Ekspor Dan Impor. Secara Umum Produk Ekspor Dan Impor Dapat Dibedakan Menjadi Dua, Yaitu Barang Migas Dan Barang Non Migas. Tujuan Program Pengembangan Ekspor Di Indonesia Adalah Mendukung Upaya Peningkatan Daya Saing Global Produk Indonesia Serta Meningkatkan PerananEkspor Dalam Memacu Pertumbuhan Ekonomi. Pemerintah Melalui Kementrian Pertanian Periode 2010-2014 Menetapkan Beberapa Komoditas Perkebunan Sebagai Komoditas Unggulan Nasional Yang Menjadi Prioritas Untuk Dikembangkan Dalam Periode Pembangunan Pertanian Di Masa Yang Akan Datang. Salah Satu Komoditas Perkebunan Yang Termasuk Ke Dalam Komoditas Unggulan Nasional Adalah Teh. Pada Awalnya Indonesia Merupakan Negara Produsen Teh Pada Peringkat Ke 5 Di Dunia. Namun Pada Tahun 2011 Seiring Dengan Semakin Banyak Persaingan, Posisi Indonesia Sebagai Negara Produsen Teh Menurun Hingga Peringkat Ke 7 Di Dunia. Daya Saing Ekspor Suatu Komoditi Di Pasar Internasional Menggambarkan Tingkat Daya Saing Ekspor Di Pasar Internasional Dengan Melihat Besarnya Pangsa Pasar Di Dunia. Oleh Karena Itu Daya Saing Dapat Diukur Dan Persentase Penguasaan Pangsa Pasar Di Pasar Internasional, Dimana Hubungan Keduanya Adalah Positif. Oleh Karena Itu, Tujuan Penelitian Ini Adalah Melihat Posisi Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional Dan Menganalisis Faktor­faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di PasarInternasional. Penelitian Ini Menggunakan Data Sekunder Time Series Mulai Dari Tahun 1986-2011 Dan Berbagai Sumber Data. Analisis Pangsa Pasar (Market Share) Digunakan Untuk Melihat Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Dengan Sepuluh Negara Eksportir Teh Di Dunia Sebagai Pembanding, Sedangkan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional Dianalisis Dengan Analisis Regresi Berganda. Faktor-Faktor Yang Diduga Sebagai Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Internasional Didasarkan Pada Kekuatan Ekspor Yang Tergantung Pada Aspek Domestik (Luas Area Perkebunan Teh Di Indonesia, Jumlah Produktivitas Teh Di Indonesia, Konsumsi Domestik Teh) Dan Kekuatan Persaingan Dengan Negara Eksportir (Pangsa Pasar Ekspor Teh Argentina Dan Pangsa Pasar Eksportir Teh Vietnam). Hasil Analisis Menunjukan Posisi Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia Menurun. Pada Tahun 2003 Dan 2010 Pangsa Pasar Ekspor Teh Indonesia MasihBerada Pada Posisi Kelima Dan Keenam. Namun Pada Tahun 2011 Pangsa Pasar

English Abstract

International Trade Is The Relationship Between State Economic Activities Are Realized With The Process Of Exchange Of Goods Or Services On A Voluntary Basis And Mutual Benefit. International Trade Is Usually Done By Way Of Exports And Imports. In General, The Export And Import Of Products Can Be Divided Into Two, Namely Oil And Gas Goods And Non-Oil Goods. The Purpose Of The Export Development Program In Indonesia Is To Support Efforts To Increase The Global Competitiveness Of Indonesian Products And Increase Export Role In Spurring Economic Growth. The Government Through The Ministry Of Agriculture For 2010­2014 Sets Out Some Plantation Commodities As A Commodity That Is Becoming A National Priority To Be Developed In A Period Of Agricultural Development In The Future. One Of The Commodities Included In The National Leading Commodity Was Tea. At First Tea Producer Indonesia Is Ranked 5thIn The World. However, In 2011 Along With The More Competition, The Position Of Indonesia As A Tea Producing Countries Declined By 7 In The World Ranking. Commodity Export Competitiveness In The International Market Illustrates The Level Of Export Competitiveness In The International Market By Looking At The Amount Of Market Share In The World. Therefore, The Competitiveness Can Be Measured By The Percentage Of The Market Share In The International Market, Which Is A Positive Relationship Between The Two. Therefore, The Purpose Of This Study Is To See The Position Of Indonesian Tea Export Market Share In The International Market And Analyzes The Factors That Influence The Indonesian Tea Export Market Share In The International Market. This Research Uses Secondary Data Time Series Ranging From Years 1986­2011 From Various Data Sources. Analysis Of Market Share (Market Share) Is Used To Look At The Market Share Of Indonesian Tea Export Tea Exporter With Ten Countries In The World As The Benchmark, While The Factors That Influence The Indonesian TeaExport Market Share In The International Market Were Analyzed With Multiple Regression Analysis. Factors Suspected As A Variable Affecting The Indonesian Tea Export Market Share In The International Market Based On The Strength Of Which Depends On The Export Of Domestic Aspect (Tea Plantation Area In Indonesia, The Amount Of Tea Productivity In Indonesia, Domestic Consumption Of Tea) And The Strength Of Competition In The Country Exporters (Argentina Tea Export MarketShare And Market Share Tea Exporters Vietnam). The Results Of The Analysis Indicate The Position Of Indonesian Tea Export Market Share Declined. In 2003 And 2010 The Share Of Indonesian Tea Export Market Is Still In The Fifth And Sixth. However, In 2011 Indonesian Tea Export Market Share Ranked Seventh After China, India, Sri Lanka, Kenya, Vietnam,Argentina, Whereas For Countries That Are In A Position After Indonesia Is Malawi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/130/051403216
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jun 2014 08:44
Last Modified: 20 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129580
[thumbnail of 3._Ringkasan.pdf]
Preview
Text
3._Ringkasan.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 2._Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
2._Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Kata_Pengantar_dst.pdf.pdf]
Preview
Text
3._Kata_Pengantar_dst.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover.pdf]
Preview
Text
1._Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2._Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._Lampiran.pdf]
Preview
Text
5._Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._Lampiran_Isi.pdf]
Preview
Text
5._Lampiran_Isi.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Pages_from_4._Skripisi_Isi-1.pdf]
Preview
Text
Pages_from_4._Skripisi_Isi-1.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Pages_from_4._Skripisi_Isi-3.pdf]
Preview
Text
Pages_from_4._Skripisi_Isi-3.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Pages_from_Pages_from_4._Skripisi_Isi-2-a.pdf]
Preview
Text
Pages_from_Pages_from_4._Skripisi_Isi-2-a.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Pages_from_4._Skripisi_Isi-4.pdf]
Preview
Text
Pages_from_4._Skripisi_Isi-4.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Pages_from_Pages_from_4._Skripisi_Isi-2-b.pdf]
Preview
Text
Pages_from_Pages_from_4._Skripisi_Isi-2-b.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item