Peran Kelompok Tani Terhadap Tingkat Penerapan Inovasi Teknologi Pertanian Pada Petani Padi Di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang

Almaida, Widya (2014) Peran Kelompok Tani Terhadap Tingkat Penerapan Inovasi Teknologi Pertanian Pada Petani Padi Di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat penting bagi perekonomian suatu negara yang sedang berkembang seperti negara Indonesia. Karena sektor ini diandalkan sebagai usaha untuk memacu Pembangunan Nasional dan mendukung berkembangnya sektor lain. Disamping itu sektor pertanian juga mempunyai andil dalam melayani dan mencukupi kebutuhan sektor industri. Menurut Suhari (2013), meskipun sumbangan yang diberikan oleh sektor pertanian cukup besar yaitu 0,42 persen terhadap pertumbuhan ekonomi tetapi sektor ini selalu dinomor duakan dan dianak tirikan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kesejahteraan petani. Menurut Lestari (2010), bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang tetap memiliki peranan yang penting dalam struktur perekonomian nasional. Beberapa alasan yang mendasari pentingnya pertanian di Indonesia : a) potensi sumberdaya alam yang besar dan beragam, b) pangsa terhadap pendapatan nasional cukup besar, c) besarnya penduduk yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian, dan d) menjadi basis pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional. Menurut Anestya (2013), kontribusi pertanian dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional yaitu ekspansi dari sektor-sektor ekonomi lainnya tergantung pada pertumbuhan output dibidang pertanian, baik dari sisi permintaan maupun penawaran sebagai sumber bahan baku produksi seperti industri manufaktur dan perdagangan. Sektor ini merupakan sektor yang tidak mendapatkan perhatian secara serius dari pemerintah dalam pembangunan bangsa. Mulai dari proteksi, kredit hingga kebijakan lain tidak satu pun yang menguntungkan bagi sektor ini. Program-program pembangunan pertanian yang tidak terarah tujuannya bahkan semakin menjerumuskan sektor ini pada kehancuran. Meski demikian sektor ini merupakan sektor yang sangat banyak menampung luapan tenaga kerja dan sebagian besar penduduk Indonesia tergantung padanya.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/117/051402766
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 May 2014 09:59
Last Modified: 12 Dec 2021 14:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129565
[thumbnail of SKRIPSI_WIDYA ALMAIDA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_WIDYA ALMAIDA.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item