Analisis Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi Produk Suoklat Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Perusahaan CV. Tritunggal Jaya, Surabaya)

Mardiyanti, Neneng (2013) Analisis Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi Produk Suoklat Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Perusahaan CV. Tritunggal Jaya, Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan harus melakukan strategi pemasaran guna memperkenalkan produk mereka agar sampai kepada konsumen, sehingga konsumen akan mengetahui keberadaan produk tersebut. Cara yang ditempuh untuk mengetahui suatu produk tidak hanya melihat produknya saja, melainkan harus melakukan suatu kegiatan promosi serta saluran distribusi. Kegiatan promosi dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk, menarik konsumen, mempengaruhi pelanggan untuk mencoba produk baru, meningkatkan pengetahuan konsumen terhadap suatu produk, meningkatkan pembelian, dan agar lebih unggul dari produk pesaing. Selain kegiatan promosi, distribusi merupakan salah satu faktor penentu dalam suatu program pemasaran. Kegiatan promosi dan saluran distribusi yang dilakukan oleh suatu perusahaan tidak terlepas dari adanya biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, sehingga harus benar-benar dilakukan agar dapat mempengaruhi tingkat penjualan produk tersebut. Sehubungan dengan volume penjualan coklat Suoklat, maka diperlukan adanya analisis mengenai seberapa besar pengaruh dari promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualannya. Selain itu, perlu adanya penerapan strategi yang sesuai untuk meningkatkan volume penjualan produk Suoklat. Salah satu strategi yang sesuai adalah dengan penerapan strategi promosi. Berdasarkan uraian tersebut, maka pertanyaan penelitian yang terjadi adalah (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan promosi dan distribusi produk Suoklat pada CV. Tritunggal Jaya? (2)Bagaimana pengaruh pro mosi dan saluran distribusi produk Suoklat terhadap peningkatan volume penjualan pada CV. Tritunggal Jaya? (3) Bagaimana perumusan strategi promosi yang tepat pada produk Suoklat di CV. Tritunggal Jaya dalam meningkatkan volume penjualan? Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan promosi dan distribusi produk Suoklat pada CV. Tritunggal Jaya (2) Menganalisis pengaruh promosi dan saluran distribusi produk Suoklat terhadap peningkatan volume penjualan pada CV. Tritunggal Jaya (3) Menganalisis strategi promosi yang tepat pada produk Suoklat di CV. Tritunggal Jaya dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskritif yaitu untuk menggambarkan keadaan promosi dan saluran distribusi pada perusahaan, analisis kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier berganda, dan analisis kualitatif yaitu dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Kegiatan Promosi yang dilakukan oleh CV. Tritunggal Jaya dalam memperkenalkan produk Suoklat kepada masyarakat di wilayah Surabaya adalah Periklanan yang meliputi Majalah, Brosur, dan X-Banner. Lalu kegiatan promosi yang kedua yakni dengan melakukan promosi penjualan dengan memberikan potongan harga. Selanjutnya adalah penjualan perseorangan (personal selling). Untuk saluran distribusinya, CV. Tritunggal Jaya menggunakan dua tipe saluran distibusi yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung (2) Dari hasil analisis data regresi linier berganda terinterpretasi jika perusahaan tidak mengganggarkan biaya promosi dan saluran distribusi maka volume penjualan akan menurun sebesar 869,019 kilogram. Biaya promosi mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan biaya saluran distribusi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Secara parsial, jika biaya saluran distribusi dinaikkan 1,00 rupiahmaka hasil penjualan akan meningkat sebesar 1,439 rupiah. Dari hasil analisis memperlihatkan nilai koefisien determinasi yaitu 0,933 yang artinya 93,9 persen variasi variabel dari volume penjualan bisa dijelaskan oleh variasi biaya promosi dan biaya saluran distirbusi, sedangkan sisanya 6,1 persen dijelaskan model lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. (3) Hasil penilaian dalam matrik IE perusahaan berada pada sel V dan strategi yg tepat adalah pertumbuhan stabilitas (growth and build), hasil dalam matrik grand strategy menyebutkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I dengan strategi agresif, dan hasil dari pengolahan QSPM diperoleh prioritas strategi yang dapat diterapkan oleh Suoklat yaitu memaksimalkan potensi tenaga kerja profesional guna memasarkan produk Suoklat, meningkatkan kegiatan promosi dengan variasi dari promosi penjualan, dan meningkatkan promosi melalui jejaring sosial dengan cara inten dan interaktif dalam menginformasikan produk Suoklat agar dapat membuat konsumen penasaran dan tertarik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/91/051305857
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jul 2013 09:10
Last Modified: 20 Oct 2021 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129536
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item