Pengaruh Kualitas Produk Bunga Potong Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di CV. Arjuna Flora Bumiaji Kota Batu)

Aliyah, Nurul (2013) Pengaruh Kualitas Produk Bunga Potong Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di CV. Arjuna Flora Bumiaji Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bunga potong pada saat ini memiliki prospek yang cerah karena semakin banyaknya peminat akan bunga potong. Semakin banyaknya peminat bunga potong tersebut, maka semakin banyak pula yang mendirikan usaha bunga potong. Maka dari itu kualitas akan bunga potong sangat penting, untuk menarik minat pembeli. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam usaha bunga potong yaitu perusahaan CV. Arjuna Flora. CV. Arjuna Flora memiliki beberapa jenis bunga impor yang dijual lokal seperti baby’s breath, lisiantus, calla lily Jepang dan smilax, kemudian bunga jenis lokal yaitu bunga hortensia. Untuk menarik minat pembeli bunga potong yang dijual, CV. Arjuna Flora melakukan sistem budidaya sampai pasca panen dengan memperhatikan prosesnya, dimana dalam proses tersebut terjadapat pengendalian kualitas bunga potong, sehingga bunga potong yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Pengendalian kualitas ini tidak lain untuk menghasilkan kualitas yang baik dan memberikan kepuasan pada konsumen. Karena kepuasan konsumen sangat penting untuk perushaan demi kelangsungan usaha yang dijalankan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi strategi pengendalian kualitas produk bunga potong di CV. Arjuna Flora Bumiaji Kota Batu, (2) Menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk bunga potong di CV. Arjuna Flora Bumiaji Kota Batu, (3) Menganalisis pengaruh faktor-faktor kualitas produk bunga potong terhadap kepuasan konsumen di CV. Arjuna Flora Bumiaji Kota Batu. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu CV. Arjuna Flora di jalan Arjuno, Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Batu. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 26 responden pelanggan CV. Arjuna Flora dengan menggunakan metode sensus, sedangkan responden yang terdiri dari pimpinan dan staf CV. Arjuna Flora sebanyak 10 orang dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif, dengan bantuan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pada waktu penelitian. Dari hasil penelitian tersebut diuji tingkat validitas dan reliabilitas untuk mengetahui tingkat kevalidan data reliabilitas data yang dihasilkan. Kemudian hasil data tersebut dianalisis kepuasan, untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dari kualitas produk bunga potong yang dibeli di CV. Arjuna Flora. Selanjutnya dari data hasil penelitian tersebut dihitung dengan bantuan SPSS untuk menganalisis pengaruh kualitas produk bunga potong terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji validitas terhadap 3 variabel kualitas bunga potong yang ditetapkan dinyatakan valid yaitu kondisi bunga bunga yang terdiri dari indikator kebersihan, kesegaram bunga dan ukuran tangkai. Perlakuan bunga yang terdiri dari indikator kemasan, kapas basah dan pengepakan. Kemudian daya tahan bunga yaitu ketahanan bunga. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 7 indikator menghasilkan nilai yang valid dengan nilai r hitung lebih besar dari ii 0,361 (n = 7, α = 0,05). Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh data yang dikumpulkan dari hasil kuisioner adalah reliable (>0,60). Berdasarkan hasil analisis kepuasan konsumen terhadap 3 variabel kualitas bunga potong diperoleh hasil bahwa 96 persen menyatakan puas dan 4 persen menyatakan sangat puas. Hasil analisis logit menunjukkan konstanta sebesar -37,260 dan koefisien X1 adalah sebesar 0,278, X2 adalah sebesar 2,341, X3 adalah sebesar 1,231. Kemudian hasil uji Chi-Square diperoleh nilai chi-square hitung > nilai chi-square tabel yaitu 8,402 > 7,815 atau nilai signifikansi (0,038) < α = 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji wald diperoleh variabel kondisi produk (X1) sebesar 0,278, sedangkan Chisquare tabel = 3,841, hasil tersebut menunjukkan bahwa statistik wald < Chi square tabel atau nilai signifikansi (0,706) > nilai α (0,05) dapat dikatakan tidak signifikan. Nilai statistik wald untuk perlakuan produk (X2) sebesar 4,143, sedangkan Chi square tabel = 3,841, hasil tersebut menunjukkan bahwa statistik wald > Chi square tabel atau nilai signifikansi (0,042) < nilai α (0,05) dapat dikatakan signifikan. Nilai statistik wald untuk variabel daya tahan (X3) sebesar 1,168, sedangkan Chi square tabel = 3,841, hasil tersebut menunjukkan bahwa statistik wald < Chi square tabel atau nilai signifikansi (0,280) > nilai α (0,05) dapat dikatakan tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Kualitas bunga potong di CV. Arjuna Flora dihasilkan dari proses pengendalian kualitas yang dilakukan pada saat proses budidaya yang meliputi pembibitan, pengolahan tanah pra tanam, penanaman, pemupukan, penyiraman dan perawatan. Kemudian sampai proses pasca panen yaitu meliputi pembersihan bunga, pengapasan, pengemasan dan pengepakan bunga (2) Dari kualitas bunga potong di CV. Arjuna Flora tersebut memililiki pengaruh yang cukup positif dari konsumen, dibuktikan dari tabulasi data hasil penelitian yaitu termasuk pada kategori puas sampai sangat puas dari tiga variabel yang diajukan yaitu kondisi bunga, perlakuan bunga serta daya tahan bunga yang dijual di CV. Arjuna Flora (3) Berdasarkan uji Chi-Square terhadap 3 variabel kualitas bunga potong secara simultan berpengaruh signifikan atau memiliki peluang dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Sedangkan uji wald terhadap variabel kualitas bunga potong secara parsial yang meliputi kondisi bunga, perlakuan bunga dan daya tahan bunga, ternyata hanya perlakuan bunga yang signifikan atau memiliki peluang dalam mempengaruhi kepuasan konsumen dan yang lainnya tidak signifikan. Dari hasil penelitian terkait kondisi bunga, dapat disarankan perusahaan lebih memperhatikan kondisi bunga yang baik atau ditetapkan grade-grade tertentu sesuai kondisi bunga seperti grade A, B dan selanjutnya, sehingga konsumen dapat memilih kondisi bunga sesuai dengan grade yang telah ditentukan. Terkait daya tahan, disarankan perusahaan lebih mengoptimalkan perlakuan pencelupan ujung tangkai bunga potong ke dalam air mendidih selama 30 detik, dan kemudian ujung tangkai bunga potong tersebut dicelupkan kembali ke dalam air dingin kurang lebih 1 jam. Banyak penelitian terdahulu yang menunjukkan variabel apa saja yang menjadi kriteria kualitas bunga potong. Disarankan pada penelitian selanjutnya, dapat ditambah variabel kualitas lain, karena masih banyak faktor-faktor kualitas yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/65/051305016
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 22 Jul 2013 10:33
Last Modified: 19 Oct 2021 08:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129507
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item