Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Dalam Usahatani Nilam (Studi Kasus Di Desa Kalimanis Kecamatan Doko Kabupaten Blitar)

J, DarmawanP (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Dalam Usahatani Nilam (Studi Kasus Di Desa Kalimanis Kecamatan Doko Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi peningkatan jumlah masyarakat miskin terutama di pedesaan sebagai dampak dari gejolak perekonomian yang terjadi saat ini, muncul sebagai suatu hal yang perlu ditangani secepat mungkin untuk menghindari terjadinya kondisi yang lebih parah lagi bagi keberlangsungan kegiatan ekonomi. Penempatan kegiatan agroindustri sebagai tulang punggung kegiatan pedesaan adalah suatu titik terang yang dapat berperan sebagai penyeimbang penyediaan kesempatan kerja dan juga sebagai bentuk usaha yang dapat membantu memperbaiki tingkat pendapatan masyarakat pedesaan. Karena itu, pengembangan agroindustri yang disertai dengan berbagai program kebijakan lainnya yang bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang secara umum dihadapi dalam pengembangan agroindustri dapat menjadi alternatif yang sangat potensial dalam mengurangi dampak gejolak ekonomi yang saat ini terjadi, agar kita semua dapat melanjutkan berbagai program pembangunan ekonomi. Sebagaimana telah kita ketahui, Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki berbagai ragam tanaman dan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkembangkan potensi masyarakat dan petani yang dimilikinya, sehingga bermanfaat bagi peningkatan taraf hidupnya. Di lain pihak, potensi dan kondisi ini dapat diarahkan menuju ruang lingkup yang berbasis agroindustri. Salah satu industri yang berpotensi besar dan bisa berkembang di Indonesia adalah industri minyak atsiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/358/051500083
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 09 Jan 2015 14:26
Last Modified: 19 Oct 2021 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129478
[thumbnail of SKRIPSI_DARMAWAN_PJ.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_DARMAWAN_PJ.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item