Werti, Ayuda (2013) . Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Kurma Salak Di Kabupaten Bangkalan (Studi Kasus Di Ud. Budi Jaya Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor Pertanian Merupakan Sektor Yang Penting Di Indonesia, Oleh Sebab Itu Pembangunan Yang Dilaksanakan Di Sektor Ini Diharapkan Dapat Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Salak Merupakan Salah Satu Produk Pertanian Di Kabupaten Bangkalan Yang Mempunyai Produksi Melimpah. Potensi Sektor Pertanian Ini Kurang Mempunyai Nilai Ekonomis Tinggi Karena Pada Masa Panen Mengalami Kelebihan Produksi. Sehingga Meski Mempunyai Produksi Yang Melimpah Tapi Kesejahteraan Petani Masih Kurang. Oleh Karena Itu, Untuk Meningkatkan Nilai Ekonominya, Maka Dilakukan Pengolahan Salak Menjadi Kurma. Industri Ini Diharapkan Mampu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Baik Petani Salak Maupun Non Petani Salak. Semakin Banyaknya Produk-Produk Camilan Khas Bangkalan Yang Beredar Di Pasaran Menuntut Produsen Semakin Jeli Dalam Memperhatikan Perilaku Konsumen. Produsen Dari Berbagai Produk Berusaha Keras Menarik Simpati Dan Menciptakan Keinginan Konsumen Untuk Membeli Produk Yang Ditawarkan. Tinggi Atau Rendahnya Konsumsi Berkaitan Erat Dengan Keputusan Konsumsi Yang Dibuat Oleh Konsumen, Sedangkan Konsumen Dalam Mengkonsumsi Suatu Produk Akan Mempertimbangkan Atribut-Atribut Yang Terdapat Pada Produk Tersebut. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Atribut-Atribut Produk Yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Kurma Salak Di Kabupaten Bangkalan, Serta Menganalisis Sikap Dan Perilaku Konsumen Pasca Pembelian Produk Kurma Salak Di Kabupaten Bangkalan. Penentuan Lokasi Penelitian Ditentukan Secara Sengaja Yaitu Di Toko Atau Tempat Penjualan Kurma Salak Di Kabupaten Bangkalan. Metode Penentuan ampel Responden Ditentukan Dengan Metode Accidental Sampling Dimana Konsumen Yang Membeli Kurma Salak Di Tempat-Tempat Yang Menjual Dijadikan Sebagai Responden. Besarnya Responden Pada Penelitian Ini Sesuai Dengan Pernyataan Maholtra (1996) Yaitu Sebanyak 35 Orang. Analisis Yang Digunakan Adalah Metode Cochran Q Test Dan Uji Validitas Reliabilitas Untuk Mengetahui Atribut-Atribut Yang Dipertimbangkan Oleh Konsumen, Dan Metode Analisis Fishbein Dan Theory Reasoned Action Digunakan Untuk Menganalisis Sikap Dan Perilaku Konsumen. Adapun Hasil Dari Penelitian Ini Adalah: 1. Dari Hasil Analisis Data Dengan Menggunakan Metode Cochran Q Test Dan Uji Validitas Serta Reliabilitas Dapat Diketahui Bahwa Atribut-Atribut Produk Yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Dalam Membeli Atau Mengkonsumsi Produk Kurma Salak Adalah Harga, Rasa, Batas Kadaluarsa, Mudah Didapat, Dan Kepraktisan Penyajian. 2. Dari Analisis Model Sikap Fishbein Dan Teori Reasoned Action Diperoleh Hasil: A. Sikap Responden Terhadap Produk Kurma Salak Adalah Netral Sebesar 88,6%. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Produk Kurma Salak Belum Cukup Menarik Perhatian Konsumen Sehingga Diperlukan Pengembangan Terutama Pada Atribut Produk Yang Lebih Menarik Lagi Untuk Membuat Sikap Para Konsumen Tersebut Lebih Positif. B. Pada Perilaku Maksud Beli, Diperoleh Hasil Bahwa Responden Ragu-Ragu Bermaksud Untuk Membeli Lagi Atau Konsumen Tidak Bisa Memastikan Apakah Akan Membeli Lagi Atau Tidak Produk Kurma Salak Yakni Sebanyak 57,1%. Hal Ini Sejalan Dengan Hasil Analisis Sikap Sehingga Bisa Disimpulkan Bahwa Sikap Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Berdasarkan Hasil Penelitian, Diberikan Beberapa Saran Sebagai Berikut: 1. Untuk Menciptakan Suatu Produk, Perusahaan Hendaknya Lebih Mengembangkan Produk Dengan Menggunakan Faktor Yang Dipertimbangkan Oleh Konsumen. Dimana Faktor Yang Paling Erat Kaitannya Dengan Konsumen Adalah Faktor Atribut Produk. Sehingga Pada Akhirnya Diharapkan Para Konsumen Tertarik Untuk Membeli Atau Mengkonsumsi Produk Kurma Salak Tersebut. 2. Untuk Penelitian Selanjutnya Dapat Dilakukan Dengan Menambah Sampel Yang Lebih Mencerminkan Populasi Serta Atribut-Atribut Produk Yang Digunakan Untuk Penelitian.
English Abstract
Agriculture Sector Is An Important Sector In Indonesia, Thus The Development That Conducted In This Sector Expected To Improve Indonesia Economy. Snake Fruit Is One Of Agriculture Product In The Bangkalan District That Has Plenitude Production. The Potential In This Agriculture Sector Is Lacking Of High Economic Value Because In The Harvest Time It Has Over Production. Thus, Although It Has Plenitude Production, The Farmers Still Have Less Welfare. Therefore, To Improve Its Economic Value, It Is Conducted By Snake Fruit Processing To Become Kurma Salak. The More Product Of Special Snack From Bangkalan That Spread In The Market, It Demands The Producer To Be More Accurate In Paying Attention Of Consumer Behavior. Producer From Various Products Is Trying Hard To Take The Sympathy And Create The Consumer’s Desire To Purchase The Offered Product. Both High And Low Consumption Related To The Consumption Decision That Made By Consumer, Whereas Consumer In Consuming A Product Will Consider The Attributes In The Product. This Research Aimed To Know Product Attributes That Become Consumer Consideration In Purchasing Decision Of Kurma Salak Product In Bangkalan District, And To Analyze Consumer’s Attitude And Behavior In The Post-Purchasing Of Kurma Salak Product In The Bangkalan District. Research Location Determined Accidentally, That Is In The Store Or Selling Place Of Kurma Salak Product In The Bangkalan District. Determination Method Of Respondent Sample Determined By Accidental Sampling Method, Where Consumer That Purchase Kurma Salak Product In The Selling Places Will Be Made As Respondent. The Number Of Respondent In This Research Is 35 Respondents, It Is In Line With Statement That Given By Maholtra (1996), For 35 Respondents. Analysis That Used In This Research Is Cochran Q Test Method And Reability Validity Test To Know The Attributes That Considered By Consumer, And Fishbein Analysis Method And Also Theory Reasoned Action Used To Analyze Consumer’s Attitude And Behavior. The Research Result As Follow: 1. From Data Analysis Result Using Cochran Q Test Method And Validity And Also Reability Test, It Is Known That Product Attributes That Become Consumer’s Consideration In Purchasing Or Consuming Kurma Salak Product Are Price, Taste, Expired Time, Easy To Get, And Its Practically Serving. 2. From Fishbein Attitude Model Analysis And Reasoned Action Theory, The Results As Follow: A. Respondent’s Attitude To The Kurma Salak Product Is Neutral For 88.6%. It Shows That Kurma Salak Product Adequately Does Not Attract Consumer’s Attention Yet, Thus It Needs Product Development Especially In The Attribute Product That More Interest To Make Consumer’s Attitude Becomes More Positive. B. In The Purchase Intention Behavior, Obtained The Result That The Respondents Still Have Doubt To Purchase The Product Again Or Consumers Cannot Make Sure Whether They Will Purchase The Kurma Salak Product Again Or No For 57.1%. The Result In Line With The Attitude Analysis Result, Thus It Can Be Concluded That The Attitude Has Influence To The Consumer Purchasing Decision. Based The Research Result, Given Some Suggestions As Follow: 1. To Create A Product, A Company Should Be More Developing The Product Using Factor That Considered By Consumer. Where The Factor That Mostly Related To The Consumer Is Product Attribute Factor. Thus, In The End, Expected That Consumers Will Have Interest To Purchase Or Consume The Kurma Salak Product. 2. For The Next Researcher, It Can Be Conducted By Adding Sample That More Representing The Population And Also Product Attributes That Used For The Research
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2013/349/051400090 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 09:39 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 08:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129470 |
Preview |
Text
SKRIPSI_AYUDA_WERTI_(0910440034).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |