Perkembangan Komunitas Pengusaha Kripik Tempe Sanan Melalui Strategi Integrasi Vertikal Dan Integrasi Horisontal

Sakti, BintangBima (2013) Perkembangan Komunitas Pengusaha Kripik Tempe Sanan Melalui Strategi Integrasi Vertikal Dan Integrasi Horisontal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wilayah Malang Merupakan Wilayah Yang Bisa Dianggap Sebagai Sentra Industri Pangan Olahan Di Jawa Timur. Hal Ini Dibuktikan Dengan Banyaknya Produk Pangan Olahan Dari Wilayah Ini Yang Pasarnya Sudah Sampai Ke Berbagai Wilayah Di Indonesia. Perkembangan Pangan Olahan Di Wilayah Malang Juga Didukung Oleh Semakin Banyaknya Pelaku Industri Pangan Olahan Yang Berada Di Wilayah Ini. Kondisi Ini Terlihat Pada Industri Pangan Olahan Kripik Tempe Sanan. Salah Satu Tantangan Yang Cukup Besar Yang Dihadapi Oleh Pelaku Usaha Pangan Olahan Kripik Tempe Sanan Adalah Masalah Pengelolaan Usaha Yang Berkaitan Dengan Faktor Produksi. Mengingat Industri Pangan Olahan Kripik Tempe Sanan Yang Sudah Cukup Terkenal Bagi Masyarakat, Maka Sangat Penting Untuk Dilakukan Kajian Lebih Dalam Terhadap Perkembangan Komunitas Pengusaha Kripik Tempe Sanan Melalui Strategi Integrasi Vertikal Dan Integrasi Horisontal. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Dengan Mencocokkan Antara Realita Empiris Dan Teori Yang Berlaku Dengan Menggunakan Metode Deskriptif. Dalam Penelitian Ini, Peneliti Ingin Mendeskripsikan Berbagai Kondisi Dan Situasi Tentang Dinamika Pola Pengelolaan Usaha Kripik Tempe Di Kampung Sanan. Penentuan Tempat Penelitian Ini Dilakukan Secara Sengaja (Purposive) Yaitu Di Kampung Sanan Kelurahan Purwantoro Kota Malang Dengan Pertimbangan Bahwa Wilayah Tersebut Adalah Sentra Industri Pangan Olahan Kripik Tempe Di Kota Malang Dan Jawa Timur. Penentuan Responden Dalam Penelitian Ini Adalah Produsen Kripik Tempe Yang Tersebar Di Wilayah Kampung Sanan Dengan Pendekatan Non Probability Dengan Metode Purposive Sampling (Pengambilan Sampel Sesuai Tujuan Penelitian) Karena Produsen Kripik Tempe Di Wilayah Ini Pada Umumnya Sangat Banyak, Oleh Sebab Itu Penarikan Sampel Dipilih Dengan Pertimbangan Berdasarkan Produsen Yang Cukup Dikenal Oleh Masyarakat Di Wilayah Kampung Sanan. Hasil Penelitian Mengemukakan Bahwa: Pertama, Para Pelaku Usaha Kripik Tempe Di Kampung Sanan Terdiri Dari Produsen Kripik Tempe Inisiator Yang Memulai Usaha Sebelum Tahun 1990, Produsen Kripik Tempe Pengikut Pertama Yang Memulai Usaha Antara Tahun 1991 Sampai Tahun 2005, Serta Produsen Kripik Tempe Pengikut Kedua Yang Memulai Usaha Antara Tahun 2006 Sampai Saat Ini. Produsen Kripik Tempe Inisiator Adalah Mereka Yang Memprakarsai Pembuatan Pangan Olahan Kripik Tempe. Produsen Kripik Tempe Pengikut Pertama Adalah Mereka Yang Secara Langsung Mengikuti Apa Yang Dilakukan Oleh Para Produsen Kripik Tempe Inisiator Karena Menganggap Strategi Untuk Memproduksi Kripik Tempe Sangat Tepat Sebagai Solusi Apabila Tempe-Tempe Yang Dijual Tidak Laku. Sedangkan Produsen Kripik Tempe Pengikut Kedua Adalah Mereka Yang Ikut Memproduksi Kripik Tempe Karena Melihat Keberhasilan Para Produsen Inisiator Dan Pengikut Pertama Dalam Memproduksi Dan Menjual Produk Kripik Tempe Sampai Saat Ini. Kedua, Terdapat Tiga Bentuk Integrasi Perusahaan Kripik Tempe Yang Ada Di Kampung Sanan Antara Lain; Bentuk Integrasi A Yang Berarti Bentuk Integrasi Yang Terdiri Dari Input Tunggal Yang Selanjutnya Ditujukan Kedapa Produsen Tunggal Dengan Output Pemasaran Banyak. Umumnya Bentuk Integrasi A Digunakan Oleh Perusahaan Kripik Tempe Skala Kecil Yang Ada Di Kampung Sanan. Selanjutnya Bentuk Integrasi B Yang Berarti Bentuk Integrasi Yang Terdiri Dari Input Banyak Yang Selanjutnya Ditujukan Kepada Produsen Tunggal Dengan Output Pemasaran Tunggal. Umumnya Bentuk Integrasi B Digunakan Oleh Perusahaan Kripik Tempe Skala Besar Yang Ada Di Kampung Sanan. Selanjutnya Bentuk Integrasi C Merupakan Bentuk Integrasi Yang Terdiri Dari Input Tunggal Yang Selanjutnya Ditujukan Kedapa Produsen Banyak Dengan Output Pemasaran Tunggal. Umumnya Bentuk Integrasi C Digunakan Oleh Perusahaan Kripik Tempe Yang Masih Memiliki Hubungan Keluarga Yang Ada Di Kampung Sanan

English Abstract

Malang Region Is A Region Which Might Be Considered As Processed Food Industry Center In East Java. It Is Therefore Many Processed Food Product Of This Region Is That Its Market Has Reached The Various Regions In Indonesia. Processed Food Development In Malang Regions Are Also Supported By A Growing Number Of Perpetrators Of The Processed Food Industry In The Region. This Condition Seen In Food Industry Sanan Tempe Chips. One Of The Significant Challenges Faced By Food Business Sanan Tempe Chips Are Business Management Issues Related To Production Factors. So Need Researchs To Be Done In The Developments Businesses Community Of Sanan Tempe Chips With Integration Vertical Strategi And Horizontal Integration. This Research Using A Qualitative Approach To The Match Between Empirical Reality And Theory Applicable To The Use Of Descriptive Methods. It Want To Describe A Variety Of Conditions And Situations Of The Dynamics Of Business Management Tempe Chips In Sanan Area. The Determination Of Where The Research Was Done Intentionally (Purposive) That Purwantoro Village Malang, With The Consideration That The Region Is The Center Of The Food Industry Tempe Chipping In Malang And East Java. Determination Of The Respondents In This Research Is A Producen Of Sanan Tempe Chips Who Spread Over An Area With A Non-Probability Purposive Sampling Method. The Results Of Research That First, The Businesses In Sanan Tempe Chips Consists Of Tempe Chips Producers Initiators Who Started A Business Before 1990, The First Followers Tempe Chips Producers Who Started The Business From 1991 To 2005, The Second Followers Tempe Chips Producers Who Started The Business From 2006 Until Now. Tempe Chips Producers Initiators Is They Who Initiated The Manufacture Of Processed Food Tempe Chips. The First Followers Tempe Chips Producers Is They Who That Directly Follow What Is Done By The Tempe Chips Producers Initiators Because It Considers The Strategy To Produce Highly Precise To Solution If Tempe Unsold. The Second Followers Tempe Chips Producers Is They Who Follow Produce Tempe Chips After Saw The Success Of The Producers Initiators And First Followers Tempe Chips Producers. Second, There Are Three Integration Scheme About Employers Of Tempe Chips In Sanan. Integration A Scheme Is Integration Who From Just One Input For Just One Producers And Then The Output Will Be Marketing At Many Spot. Usually This Integration Used Of Producers Small Scale. Integration B Is Integration Who From Many Input For Just One Producers And Then The Output Will Be Marketing At Just One Spot. Usually This Integration Used Of Producers Big Scale. Integration C Is Integration Who From Just One Input For Many Producers And Then The Output Will Be Marketing At Just One Spot. Usually This Integration Used Of Family Base At Sanan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/347/051400041
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jan 2014 12:00
Last Modified: 19 Oct 2021 08:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129468
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item