Analisis Kualitas Dan Strategi Pengembangan Produk Abon Jamur AILANI

Putri, SaraswatiRetami (2013) Analisis Kualitas Dan Strategi Pengembangan Produk Abon Jamur AILANI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi Strategis Indonesia Sebagai Negara Agraris, Khususnya Di Sektor Pertanian Merupakan Potensi Yang Dapat Dikembangkan. Potensi Dan Peluang Pengembangan Pertanian Subsektor Hortikultura, Terutama Untuk Komoditi Jamur Memiliki Prospek Yang Sangat Baik. Rahmat Et Al (2011), Data Dari Masyarakat Agribisnis Jamur Indonesia (Maji) Menyebutkan, Pada 2004 Tingkat Konsumsi Jamur Di Indonesia Baru Mencapai 0,05 Kg Per Kapita Per Tahun. Angka Ini Berbeda Jika Dibandingkan Dengan Negara Lain, Seperti Perancis (2,5 Kg Per Kapita Per Tahun) Dan Cina (3,5 Kg Per Kapita Per Tahun). Hal Tersebut Memiliki Makna Bahwa Pasar Jamur Di Indonesia Masih Memiliki Kesempatan Untuk Penambahan Produksi. Oleh Karena Itu, Ailani Menjadikan Kesempatan Tersebut Sebagai Peluang Untuk Menciptakan Suatu Produk Abon Berbahan Baku Utama Jamur Tiram Berwarna Putih. Tumbuhan Jamur Sudah Lama Dikenal Sebagai Bahan Makanan. Jamur-Jamur Yang Sering Dijadikan Bahan Makanan Adalah Jamur Merang, Jamur Tiram, Jamur Kancing, Dan Jamur Shiitake. Jamur Dapat Diolah Menjadi Berbagai Jenis Makanan, Salah Satunya Abon (Armawi, 2009). Abon Adalah Sejenis Makanan Kering Berbentuk Serpihan, Dibuat Dari Daging Yang Diberi Bumbu Kemudian Digoreng. Biasanya Penampilan Abon Berwarna Coklat Terang Hingga Kehitaman (Fachruddin, 1997). Dalam Menjalankan Usaha Abon Jamur, Produsen Abon Jamur Ailani Terus Mencari Tahu Sejauh Mana Produk Abon Jamur Mampu Memenuhi Keinginan Pelanggan. Produsen Abon Jamur Ailani Perlu Merumuskan Strategi Usaha Yang Tepat Dengan Mengenali Lingkungan Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Usaha Ailani Untuk Mencapai Tujuan Usaha. Berdasarkan Pemikiran Di Atas, Maka Penelitian Terhadap Diversifikasi Produk Abon Jamur Dilakukan. Tujuan Penelitian Ini Antara Lain 1. Menganalisis Persyaratan Kualitas Abon Jamur Ailani Yang Diinginkan Oleh Pelangan Pelanggan Dapat Dilaksanakan Sesuai Dengan Persyaratan Teknik Agar Dapat Terwujud House Of Quality . 2. Merumuskan Matrik Swot Abon Jamur Ailani Dengan Didasarkan Pada Faktor Internal Dan Eksternal Yang Terdapat Pada House Of Quality. 3.Menentukan Strategi Yang Dapat Digunakan Abon Jamur Ailani Berdasarkan Faktor Internal Dan Eksternal Yang Terdapat Pada House Of Quality. Penelitian Dilakukan Pada Bulan April Hingga Juni 2013. Penentuan Lokasi Penelitian Abon Jamur Ailani Dilakukan Secara Sengaja ( Purposive ) Dengan Pertimbangan Bahwa Ailani Merupakan Perusahaan Yang Menciptakan Diversifiksi Produk Berbahan Baku Jamur Tiram Berupa Abon. Teknik Penentuan Responden Diawali Dengan Menetapkan Lokasi Pengecer Abon Jamur Ailani, Kemudian Menentukan Jumlah Responden Sebanyak 45 Responden Dengan Menggunakan Metode Accidental Sampling Yaitu Teknik Penentuan Sampel Secara Kebetulan (Insidental) Bertemu Pelanggan Abon Jamur Ailani Yang Membeli Produk Di Toko Pengecer Abon Jamur Ailani. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Analisis House Of Quality , Matrik Swot, Matrik Ie, Dan Quantitative Strategi Planning (Qspm). Hasil Yang Diperoleh Dari Penggunaan Metode Analisis House Of Quality Adalah Mencari Tahu Persyaratan Pelanggan Antara Lain Kemasan Aluminium Foil, Berat Isi 50-100 Gram, Memiliki Kandungan Protein, Tidak Ada Kandungan Penyedap. Kesan Abon Dimulut Renyah, Memiliki Rasa Manis, Warna Coklat Keemasan, Tidak Ada Cemaran Mikroba Dan Kimia, Serta Harga Rp 10.000-Rp 14.500. Persyaratan Teknik Perusahaan Antara Lain Penggunaan Bubuk Perasa, Penggunaan Bahan Pemanis Gula, Penggunaan Bahan Kemas Aluminium Foil, Berat Isi 80 Gram, Umur Simpan Produk 6 Bulan, Rasa Dan Aroma Produk Renyah, Warna Produk Coklat Keemasan, Kandungan Protein Dan Kandungan Lemak Nabati, Kadar Abu 7%, Kadar Abu Tidak Larut Dalam Asam 0.1%, Dan Jumlah Bakteri 3000 Koloni/Gram. Kemudian Memprioritaskan Upaya Perumusan Dalam Memenuhi Keinginan Pelanggan Pada Produk Abon Jamur Antara Lain Rasa Dan Aroma Produk Yang Renyah, Penggunaan Bubuk Perasa, Penggunaan Bahan Kemas Aluminium Foil, Berat Isi 50-100 Gram, Dan Penggunaan Pemanis Gula. Prioritas Teknik Yang Perlu Didahulukan Untuk Mencapai Kriteria Persyaratan Pelanggan Adalah Rasa Dan Aroma Produk Yang Renyah. Hasil Yang Diperoleh Dari Penggunaan Matrik Swot, Matrik Ie, Dan Swot Dapat Diketahui Perusahaan Berada Di Posisi V. Strategi Yang Digunakan Pada Posisi Tersebut Adalah Growth And Build (Tumbuh Dan Kembang). Maka Rekomendasi Strategi Yang Diberikan Kepada Perusahaan Abon Jamur Adalah Melakukan Pengembangan Produk Dengan Cara Menggunakan Bahan Pangan Yang Memiliki Kandungan Protein Dan Lemak Nabati Seperti Bahan Makanan Umbi-Umbian (Singkong) Dan Kacang-Kacangan (Kacang Kedelai Dan Kacang Tanah) (Tas : 4.97). Berdasarkan Kesimpulan Dari Hasil Analisis Data Yang Dilakukan Maka Saran Untuk Ailani Adalah Ailani Berpedoman Pada Keiinginan Pelanggan Dan Menyesuaikan Kemampuan Perusahaan Agar Produk Yang Dihasilkan Dapat Sesuai Dengan Keinginan Pelanggan. Hal Ini Terkait Dengan Visi Perusahaan Yakni Menjadikan Produk Abon Jamur Sebagai Produk Yang Selalu Diinginkan Masyarakat

English Abstract

The Strategic Conditions In Indonesia As An Agricultural Country, Particularly In The Agricultural Sector Is A Potential That Can Be Developed. The Potential And Opportunities Of Agricultural Development In The Horticultural Subsector, Especially To Commodities Fungus Has Excellent Prospects. Rahmat Et Al (2011), Data From The Society Of Agribusiness Indonesia Fungus (Maji) Mentions, In 2004 The Level Of Consumption Of The Fungus In Indonesia Recently Reached 0.05 Kg Per Capita Per Year. This Figure Is Different When Compared To Other Countries, Such As France (2.5 Kg Per Capita Per Year) And China (3.5 Kg Per Capita Per Year). It Has A Meaning That Market Mushrooms In Indonesia Still Has A Chance To Increase Production. Therefore, Such Opportunities As Make Ailani Opportunities To Create A Product Made Of Shredded Main Oyster Mushrooms Are White. Fungus Has Long Been Known As A Food Ingredient. Mushrooms-Mushrooms Are Often Used As Food Ingredients Is Volvariella Volvacea, Oyster Mushrooms, Button Mushrooms, And Shiitake Mushrooms. The Fungus Can Be Processed Into Many Different Types Of Food, Including Mince (Armawi, 2009). Mince Is A Type Of Dry Food Pellets Shaped, Made From The Meat Spices Then Deep Fried. Usually The Appearance Of Mince Colored Light Brown To Blackish (Fachruddin, 1997). In Running His Business, Manufacturer Of Mince Mushrooms Ailani Continue To Seek Out The Extent Of Rousong Mushroom Products Able To Meet The Wishes Of The Customer. A Manufacturer Mince Mushroom Ailani Need To Formulate A Strategy Proper Effort By Recognizing Internal And External Environment That Affect Business Ailani To Accomplish A Purpose Business. Based On The Above Reason, Then Research On Product Diversification Mince Mushrooms. The Purpose Of This Studies Are 1. Analyze Requirements Quality Mince Mushrooms Ailani Desired By The Customer, Subscriber May Be Exercised In Accordance With The Requirements Of The Technique In Order To Materialize The House Of Quality, 2. Formulate A Swot Matrix Mince Mushrooms Ailani With Based On Internal And External Factors That Are Present In The House Of Quality, 3. Determine The Strategies That Can Be Used To Mince Mushrooms Ailani Based On Internal And External Factors That Are Present In The House Of Quality. Research Conducted In April To June 2013. Location Determination Research Of Mince Mushrooms Ailani Done Deliberately (Purposive) With The Consideration That Ailani Is The Company That Created The Product Diversifiksi Made Of Oyster Mushroom Is A Mince. The Technique Of Determining The Respondent Starts With Setting The Location Of A Retailer, Then Mince Mushrooms Ailani Determines The Number Of Respondents 45 Respondents Using The Method Of Sampling Techniques That Accidental Sample Determination Accidental (Incidental) Meet Customers Mince Mushrooms Ailani Who Buy Products In Store Retailers Mince Mushrooms Ailani. The Methods Used In This Study Is The Analysis Of House Of Quality Swot Matrix, Matrix, Ie, And Quantitative Strategy Planning (Qspm). The Results Obtained From The Use Of Methods Of Analysis The House Of Quality Is Finding Out The Requirements Of Customers, Such As Heavy Aluminum Foil Packaging, Contents Of 50-100 Grams, Has A Protein Content, No Content Of Flavoring. Mince Impression In The Mouth Has A Crisp, Sweet Taste, The Golden Brown Color, No Microbial And Chemical Impurities, As Well As The Price Of Rp 10,000 To Rp 14,500. The Requirements Of Engineering Companies Are The Use Of Powder Flavorings, Sweetener Use Of Materials, The Use Of Heavy Aluminum Foil, Wrap The Content Of 80 Grams, Product Shelf Life 6 Months, Taste And Aroma Of The Product Colour Product, Crispy Golden Brown, Protein And Vegetable Fat Content, Ash Content 7%, Ash Content Not Soluble In Acid 0.1%, And The Number Of Bacterial Colonies/3000 Grams. Then Prioritise Efforts In Fulfilling The Desires Of The Formulation Of The Customers On The Product Shredded Mushrooms Among Others Taste And Aroma Of The Product Which Is Crisp, The Use Of Powdered Flavorings, Use Of Heavy Aluminum Foil, Wrap The Content Of 50 To 100 Grams, And Use Of The Sweetener. Priority Precedence Need Technique To Achieve The Criteria Requirements Of Customers Is The Taste And Aroma Of The Product Which Is Crisp. The Results Obtained From The Use Of Swot Matrix, A Matrix Of Swot And Ie Can Be Known The Company Was In The Position Of V. Strategies Used At That Position Is Growth And Build. The Recommendations Given To The Strategy The Company Shredded Mushrooms Is Doing Product Development By Using Food That Has Protein And Vegetable Fat Such As Groceries Tubers (Cassava) And Beans (Soybeans And Peanuts) (Tas : 4.97). Based On The Results Of The Research, Then The Suggestions May Be Submitted To Ailani Is Expected In The Activities Of Product Development, Based On The Customer See Ailani And Adjust The Companys Ability To Make Products That Can Be Produced In Accordance With The Wishes Of The Customer. This Is Related To The Vision Of The Company That Makes The Products As Products Mushrooms The Jokester Necessarily Desirable Community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/287/051311021
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Dec 2013 08:31
Last Modified: 19 Oct 2021 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129401
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item