Strategi Pengembangan Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur

Roudoh, Istifaur (2013) Strategi Pengembangan Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai pelopor industri Agrobisnis, Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” dicitrakan untuk menampakkan keseluruhan keunggulan industri Agrobisnis. Lewat Puspa Agro, akan dibangun sektor pertanian modern yang berbudaya industri untuk mengembangkan industri pertanian berbasis pedesaan, meningkatkan penjualan hasil pertanian, baik untuk skala regional, nasional, maupun internasional (ekspor), meningkatkan kesejahteraan petani lewat peningkatan nilai ekonomi produk yang dihasilkan petani, meningkatkan devisa dari hasil ekspor, dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini. Peran yang diemban oleh Pasar Induk Agrobis antara lain adalah: (1) pemusatan (konsentrasi) beragam produk dari berbagai tempat dikumpulkan pada satu tempat dalam jumlah yang efisien untuk diperdagangkan; (2) pembentukan harga yang transparan, wajib menggambarkan kekuatan permintaan dan penawaran dan ditentukan secara cepat melalui lelang; (3) Pendistribusian dari produsen/importer secara cepat dan efisien ke pengecer/eksportir; (4) Penyelesaian transaksi melalui berbagai mekanisme pembayaran serta dukungan berbagai pelayanan seperti perijinan, perbankan, dan sebagainya; (5) Mengurangi biaya bongkar muat dan penanganan produk dalam jumlah yang efisien; (6) Pengumpulan dan penyebaran berbagai informasi perdagangan; (7) Berbagai bentuk penunjang seperti proses sertifikasi, pemeriksaan higienis, penyimpangan, bea cukai dan sebagainya (Manajemen Puspa Agro, 2012) Namun pada kenyataannya, selama kurun waktu 2 tahun berjalan, pelaksanaan program yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum berjalan secara optimal, seperti belum terealisasinya infrastruktur koneksivitas (akses) ke Pasar Induk Agrobis. Apabila dikaitkan dengan penetapan harga selama ini para konsumen merasakan harga yang ditetapkan lebih tinggi dari retail atau eceran sehingga konsumen kurang berminat untuk berbelanja. Kondisi tersebut menjadikan banyaknya kios-kios yang kosong dikarenakan masih sepi dari pembeli sehingga pengembangan pasar sulit untuk dimaksimalkan. Oleh karena itu dalam rangka pengembangan Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro”, maka diperlukan suatu strategi yang tepat agar proses pengembangan dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis kondisi lingkungan internal Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur. 2) Menganalisis kondisi lingkungan eksternal Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur 3) Merumuskan strategi pengembangan yang tepat berdasarkan kondisi kekuatan, kelemahan, ancaman, serta peluang yang ada. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis IFAS dan EFAS, matriks IE, analisis matrik SWOT, serta matriks QSPM. Hasil analisis lingkungan internal Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur dapat diketahui bahwa faktor yang mejadi kekuatan yaitu meliputi variasi produk yang ditawarkan, jenis produk, kualitas produk, promosi dan pameran. Adapun yang menjadi kelemahan yaitu mengenai harga. Dalam penetapan harga diharapkan pihak pengelola menetapkan harga jual tertinggi, sehingga harga yang ditetapkan di puspa agro tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional disekitarnya. Hasil analisis lingkungan eksternal Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur dapat diketahui faktor yang menjadi peluang yaitu meliputi, peningkatan per kapita penduduk, adanya perlindungan usaha yang dilakukan oleh pihak pengelola, memfasilitasi kegiatan pemasaran, pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh pengelola Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur maupun dari dinas, teknologi, dan peningkatan jumlah penduduk. Adapun yang menjadi faktor ancaman yaitu meliputi pesaing dan peningkatan inflasi, dimana peningkatan inflasi secara langsung akan menurunkan kemampuan daya beli masyarakat terhadap produk di Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis kondisi kekuatan, kelemahan, ancaman, serta peluang yang ada maka strategi pengembangan yang tepat yaitu dengan menggunakan strategi agresif dalam upaya pengembangan pasar dengan memaksimalkan segala bentuk kekuatan yang dimiliki. Berdasarkan dari hasil penelitian secara keseluruhan yang dilakukan pada Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur, maka peneliti ingin memberikan saran yaitu dalam menetapkan harga, sebaiknya pihak pengelola selalu memperhatikan tingkat pesaingan harga yang terjadi di pasar yaitu dengan melakukan survey harga disetiap pasar yang terdapat disekitar Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro”. Sebaiknya pihak pengelola melakukan seleksi secara ketat atas kualitas produk yang ditawarkan Pasar Induk Agrobis (PIA) “Puspa Agro” Jawa Timur sehingga jaminan atas kepuasan masyarakat menjadi hal utama. Melalui upaya tersebut maka dapat tercipta image positif masyarakat terhadap produk-produk yang ditawarkan. Dalam upaya untuk memberikan informasi secara luas kepada masyarakat maka diharapkan lebih meningkatkan kegiatan promosi dengan memaksimalkan media-media yang ada. Melalui upaya tersebut maka segala bentuk informasi terkait dengan keunggulan produk yang ditawarkan dapat diketahui secara lengkap oleh masyarakat.

English Abstract

Being as a pioneer in the agribusiness industry, Agribusiness Primary Market (PIA – Pasar Induk Agrobis) “Puspa Agro” is seen as reflecting the leading capacity of agribusiness industry. Through the presence of Puspa Agro, a modern agricultural sector with industrial culture will be developed. This sector is very important to increase rural-based agriculture industry, to increase the sale of agriculture outcome in regional, national and international (export), to increase farmer welfare through the improved value of their economic product, to increase foreign exchange through export, and to create new job within this sector. Some roles are played by Agribusiness Primary Market, such as: (1) the centralization (concentration) of various products from many places to be collected in one central pace in the efficient number to be sold; (2) the settlement of transparent price which describes the strength of demand and offer, and which is determined fast through auction; (3) the fast and efficient distribution from producer/importer to retailer/exporter; (4) the resolution of transaction through various mechanisms of payment and the support for many services such as permit, banking, and others; (5) the reduction of load-discharge cost and the management of product in efficient number; (6) the collection and the dissemination of trade-related information; (7) various supporting services such as certification process, hygienic examination, deviation, custom and others (Manajemen Puspa Agro, 2012). In reality, in 2 years recently, the program of the government of East Java Province is not yet optimum because the infrastructure for the connectivity (access) to Agribusiness Primary Market is not yet realized. When linked to the pricing for the consumers feel the price is set higher than retail or retail so consumers are less interested in shopping. These conditions make many empty stalls still quiet because of the buyers so that market development is difficult to be maximized. Therefore, the development of Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” needs an appropriate strategy to produce the development that is consistent to the predetermined target. The objectives of research are (1) to analyze the internal environmental condition of Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” of East Java, (2) to analyze the external environmental condition of Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” of East Java, and (3) to formulate the appropriate development strategy based on strength, weakness, threat and opportunity. Data analysis methods include IFAS and EFAS analyses, IE matrix, SWOT matrix analysis, and QSPM matrix. Result of the analysis against internal environment of Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” of East Java indicates that the strength includes variation of the product offered, product type, product quality, promotion, exhibition and location, while the weakness is concerning with price. In the determination of price, the management settles on the highest price such that the price at Puspa Agro is not far different from the price at traditional markets around. Result of the analysis against external environment of Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” of East Java shows that the increase of income per capita, the protection for business member, the facility of marketing, the training organized by the management of Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” of East Java or by related official, the development technology and the population growth. The threat involves the number of competitors and the increased inflation rate. Indeed, the increased inflation rate may reduce the purchasing power of the community onto the product sold in the Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” of East Java. Based on the result of the analysis over strength, weakness, threat and opportunity, it is then said that the appropriate development strategy is the aggressive strategy in developing the market by maximizing any existing strengths. In relative with the result of research at Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” of East Java, the author may suggest that in determining the price, the management of PIA shall give attention to the price competition in the market by conducting a price survey in every market around Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro”. The management of PIA shall do a strict selection for the quality of products offered in Agribusiness Primary Market (PIA) “Puspa Agro” of East Java such that the satisfaction of community can be ensured. Through these actions, positive image is obtained from the community for the products offered in PIA. Giving extensive information to the community by maximizing the existing communication media will improve the promotion. Any information related to the leading product offered, therefore, can then be acknowledged comprehensively by community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/243/051308983
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Nov 2013 10:29
Last Modified: 20 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129359
[thumbnail of SKRIPSI_ISTIFAUR_ROUDOH_(0810440084).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ISTIFAUR_ROUDOH_(0810440084).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item