Penerapan Bauran Pemasaran Pada Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Pudak Sebagai Produk Unggulan Daerah Kabupaten Gresik

Nurmawati, Elisa (2013) Penerapan Bauran Pemasaran Pada Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Pudak Sebagai Produk Unggulan Daerah Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pengolahan pudak sampai saat ini hanya bisa dijumpai di daerah Gresik kota saja. Skala usaha industri pudak belum mampu keluar dari daerah Gresik seperti halnya produk wingko yang mampu dipasarkan diluar daerah asalnya. Fenomena ini menunjukkan bahwa pihak produsen industri pudak harus mempunyai strategi pemasaran yang mampu mempengaruhi keputusan pembelian pudak. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian adalah bauran pemasaran pudak yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi pemasaran yang baik akan dipersepsikan oleh konsumen melalui variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, seperti kualitas produk pudak yang ditawarkan ( rasa manis dan legit, aroma kesegaran karena selalu tersedia dalam keadaan baru, warna pudak yang alami karena tanpa bahan pengawet ), kemasan pudak yang unik berasal dari pelepah pinang dengan harga yang relatif murah dibandingkan produk makanan khas Gresik dan daerah lainnya, tempat penjualan yang terjangkau bagi konsumen serta didukung promosi melalui komunikasi pemasaran yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan (2) Untuk melihat besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara disengaja yaitu di Jl. Sindujoyo Gresik. Pemilihan lokasi didasarkan pada pertimbangan bahwa di lokasi tersebut merupakan pusat outlet penjualan resmi pudak. Responden yang dijadikan objek dari penelitian adalah konsumen yang membeli pudak di lokasi penelitian. Dalam menentukan jumlah sampel dari konsumen digunakan metode non-probability sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas , uji asumsi klasik serta analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen pudak yang paling sering melakukan pembelian berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin dan jenis pekerjaan. Dari seluruh jumlah sampel konsumen yang paling melakukan pembelian pudak berdasarkan kelompok usia adalah kelompok usia 31-40 tahun, berdasarkan jenis kelamin konsumen berjenis kelamin wanita serta berdasarkan jenis pekerjaan adalah konsumen yang bekerja sebagai pegawai swasta. Besarnya pengaruh dilihat dari besarnya koefisien determinasi hasil SPSS yaitu sebesar 54,6 % bagi konsumen. Variabel bauran pemasaran berpengaruh serempak terhadap variabel keputusan pembelian pudak baik dari konsumen. Hal ini disebabkan besarnya Fhitung > Ftabel dengan taraf signifikasi lebih kecil dari 5%, yang artinya model regresi dapat dijelaskan secara nyata dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya strategi bauran pemasaran yang meningkat dapat meningkatkan keputusan pembelian pudak. Dari kesemua atribut dalam variabel bauran pemasaran yang memiliki pengaruh parsial terhadap keputusan pembelian adalah atribut warna, aroma, penetapan harga serta jarak dan lokai tempat penjualan. Atribut dalam bauran pemasaran yang paling dominan adalah atribut jarak dan lokasi, yang mana jarak dan lokasi tempat penjualan pudak sangat strategis karena berdekatan dengan pusat kota kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/169/051307616
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Nov 2013 08:56
Last Modified: 20 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129283
[thumbnail of SKRIPSI_ELISA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ELISA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item