Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Dan Pangsa Pasar Pudak Merek “Sari Kelapa” Di Gresik

Retawati, RulytaDianAyu (2013) Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Dan Pangsa Pasar Pudak Merek “Sari Kelapa” Di Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian dan posisi pangsa pasar relatif Toko Pudak Sari Kelapa serta mendeskripsikan strategi pemasaran yang tepat dilakukan oleh Toko Pudak Sari Kelapa. Variabel yang dimaksud adalah variabel asosiasi merek dan variabel sikap positif, keunikan dan kekuatan merek. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda. Kemudian uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Analisis matriks BCG untuk mengetahui tingkat pertumbuhan penjualan dan posisi pangsa pasar relatif Toko Pudak Sari Kelapa. Serta analisis deskriptif untuk mengetahui strategi pemasaran yang efektif. Hasil penelitian antara lain: 1. Dari hasil uji t didapatkan atribut yang berpengaruh signifikan dan positif yaitu variabel asosiasi merek terdiri dari atribut harga dengan taraf signifikan 0,001, atribut rasa dengan taraf signifikan 0,000 dan atribut pudak untuk oleh-oleh dengan taraf signifikan 0,004. Sedangkan untuk variabel sikap positif, kekuatan dan keunikan merek terdiri dari atribut kehigienisan produk dengan taraf signifikan 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel asosiasi merek terhadap keputusan pembelian Pudak Sari Kelapa lebih dominan. 2. Tingkat pertumbuhan penjualan Toko Pudak Sari Kelapa menunjukkan angka sebesar 33,31 persen dan pangsa pasar relatif sebesar 0,69. Pesaing terbesar Toko Pudak Sari Kelapa adalah Toko Pudak Cap Kuda. Dari hasil matriks BCG, posisi Pudak Sari Kelapa berada pada kuadran II atau tanda tanya. 3. Toko Pudak Sari Kelapa harus melakukan strategi intensif sebagai upaya memperkenalkan Pudak Sari Kelapa kepada masyarakat luas serta strategi generik sebagai upaya mengembangkan produk agar memberikan perbedaan secara signifikan jika dibandingkan dengan produk lain. Toko Pudak Sari Kelapa juga harus mempertahankan harga terbaiknya karena dengan harga terbaik berarti kualitas yang diharapkan konsumen dapat diberikan dan kepuasan akan tercipta. Dari hasil penelitian saran yang diajukan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan usaha Toko Pudak Sari Kelapa dalam hal ini produsen pudak yang sudah dikenal masyarakat harus mampu memasarkan produknya diberbagai pusat oleh-oleh agar mudah dikenal oleh masyarakat luas, memberikan nama toko pada kemasan pudak, mempertahankan kualitas pudak dan harga terbaik, menambah inovasi pudak agar masyarakat tidak jenuh dengan varian pudak yang sudah ada serta memperbaiki sistem pelayanan toko. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan mampu mengembangkan strategi pemasaran selain yang diutarakan di atas. Sehingga mampu meningkatkan usaha yang sedang dilakukan dengan berbagai strategi.

English Abstract

This study aims to analyze the dominant variable to consumers in the purchase decision and the relative market share position Pudak Sari Kelapa Store and describe appropriate marketing strategies undertaken by Pudak Sari Kelapa Store. The variables referred are variable brand associations and favorability, uniqueness and strength of the brand. The analytical method used is validity test, reliability test, multiple regression analysis. Then the t test is used to determine the effect of the dominant variable in influencing purchasing decisions. BCG matrix analysis to determine the level of sales growth and relative market share position Pudak Sari Kelapa Store. As well as the descriptive analysis to determine effective marketing strategies. The results include: 1. From the t test results obtained are significant attributes and positive brand association that consists of a variable attribute price with a significant level of 0.001, with a significant level of flavor attributes and attribute pudak 0,000 for a souvenir with a significant level of 0.004. As for the variable positive attitude, strength and uniqueness of brand consists of hygienic product attributes with a significant level of 0.001. This suggests that the effect of brand association variable on purchase decisions Pudak Sari Kelapa more dominant. 2. Rate of sales growth Pudak Sari Kelapa Store showed the number of 33.31 percent and relative market share of 0.69. The biggest competitor of Pudak Sari Kelapa Store is Pudak Cap Kuda Store. From the results of the BCG matrix, the position Pudak Sari Kelapa is in quadrant II or question mark. 3. Pudak Sari Kelapa Store should carry out an intensive strategy as an effort to introduce Pudak Sari Kelapa to the general public as well as the generic strategy as an effort to develop products that provide significant differences when compared with other products. Pudak Sari Kelapa Store also must maintain the best price for the best price means the quality that consumers expect to be given and satisfaction will be created. From the research, the suggestions for consideration in improving business Pudak Sari Kelapa Store in this case pudak manufacturers are already known to the public should be able to market its products in various centers of souvenirs to be easily recognized by the public, giving the name of the store on pudak packaging, maintaining pudak quality and best prices, add innovation pudak that people are not saturated with pudak variants of existing stores and improving service systems. For further research, is expected to develop a marketing strategy than those mentioned above. So as to increase the efforts being made by various strategies

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/130/051307104
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Nov 2013 09:24
Last Modified: 19 Oct 2021 16:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129243
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item