Analisis Tingkat Loyalitas Merek Benih Jagung Hibrida Merek Dk979 Di Desa Trayang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk

Piranha, Heri (2012) Analisis Tingkat Loyalitas Merek Benih Jagung Hibrida Merek Dk979 Di Desa Trayang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketatnya persaingan dalam pasar benih jagung hibrida menuntut produsen benih jagung hibrida untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk mempertahankan pangsa pasar dan meningkatkan penjualan. Salah upaya dalam mempertahankan pangsa pasar dan meningkatkan penjualan adalah dengan memiliki basis pelanggan yang mempunyai loyalitas merek yang tinggi (Rangkuty, 2002). Tingkat loyalitas merek konsumen merupakan salah satu input informasi yang penting bagi perusahaan dalam menentukan strategi apa yang paling sesuai untuk meningkatkan penjualan. Loyalitas merek merupakan suatu ukuran keterkaitan seorang pelanggan pada sebuah merek. Apabila loyalitas merek dapat ditingkatkan, maka pelanggan akan enggan untuk berpindah ke merek yang lain, sehingga serangan kompetitor dapat dikurangi (Rangkuty, 2002).Melihat begitu strategisnya pembahasan mengenai loyalitas merek maka peneliti melihat bahwa perlu dilakukan studi mengenai hal ini. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui tingkat loyalitas merek konsumen benih jagung hibrida merek DK979 ditinjau dari tingkatan switcher, habitual buyer, satisfied buyer, liking of the brand, dan committed buyer. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis tingkat loyalitas merek konsumen yang pernah menggunakan benih jagung hibrida merek DK979 di Desa Trayang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk; 2) Mengidentifikasi tingkat loyalitas merek yang paling dominan pada konsumen benih jagung hibrida merek DK979 di Desa Trayang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive), yaitu di Desa Trayang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunkan metode sensus dengan responden sejumlah 73 orang terdiri dari 51 petani merupakan petani yang sedang menggunakan benih jagung hibrida merek DK979, 22 petani pernah menggunakan, dan hanya 1 petani yang baru pertama kali menggunakan benih jagung hibrida merek DK979. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan tingkatan loyalitas merek responden. Hasil uji validitas untuk 20 variabel loyalitas merek menunjukkan bahwa terdapat 1 variabel yang tidak valid. Variabel tersebut adalah adaptasi luas. Hasil uji reliabilitas untuk 19 variabel yang valid menunjukkan hasil bahwa ke-19 variabel tersebut reliabel untuk penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, responden yang termasuk ke dalam tingkat loyalitas merek switcher sebesar 24,66 % dari keseluruhan responden. Variabel yang paling banyak menjadi alasan responden untuk berganti merek adalah variabel harga merek lain yang lebih murah. Sedangkan responden yang termasuk ke dalam tingkat loyalitas merek habitual buyer sebesar 45,20 %. Variabel yang paling tinggi hasilnya adalah kecocokan dengan produktivitas dan kecocokan dengan kemampuan tahan terhadap hama penyakit. Responden yang termasuk dalam tingkat loyalitas merek satiesfied buyer sebesar 50,68 % dari keseluruhan responden. Variabel yang paling tinggi hasilnya adalah kepuasan terhadap hasil panen. Sedangkan untuk tingkat loyalitas merek liking the brand, jumlah responden yang termasuk di dalamnya adalah sebesar 71,23 %. Variabel yang paling tinggi hasilnya adalah kesan kualitas yang baik dan pengalaman menggunakan. Responden yang termasuk ke dalam tingkat loyalitas merek commited buyer sebesar 68,49 % dari keseluruhan responden. Variabel yang paling tinggi hasilnya adalah variabel menginformasikan, dalam hal ini responden menginformasikan keunggulan benih jagung hibrida merek DK979 kepada orang lain. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat loyalitas merek benih jagung hibrida merek DK979 yang paling dominan di daerah penelitian adalah tingkat loyalitas merek liking the brand. Hal ini terlihat dari prosentase responden yang termasuk dalam tingkat loyalitas merek liking the brand yang paling dibanding dengan tingkat loyalitas merek yang lain, yakni 71,23 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2012/89/051202178
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Sep 2012 10:52
Last Modified: 19 Oct 2021 14:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129199
[thumbnail of SKRIPSI_HERI_PRIANA_0610440024.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_HERI_PRIANA_0610440024.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item