Efisiensi Pemasaran Minuman Sari Buah Jawara di CV. Jawara Makmur Abadi

Ratnasari, Fitria (2012) Efisiensi Pemasaran Minuman Sari Buah Jawara di CV. Jawara Makmur Abadi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk olahan ditujukan agar produk hasil pertanian dapat menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Batu adalah salah satu kota penghasil produk olahan minuman sari buah. Namun tingginya hasil produksi minuman sari buah tidak akan bermanfaat banyak tanpa adanya pemasaran yang baik. Minuman sari buah Jawara yang diproduksi CV. Jawara Makmur Abadi merupakan salah satu produk olahan minuman yang dipasarkan di Kota Batu dan Malang. Pencapaian efisiensi pemasaran minuman sari buah sangat penting bagi semua lembaga pemasaran yang terlibat didalamnya. Ketidakefisienan dalam pemasaran dapat mengakibatkan munculnya selisih harga yang tinggi diantara produsen dan lembaga pemasaran yang saling berkait pada saluran pemasaran. Adanya pemasaran yang tidak efisien biasanya dapat juga disebabkan oleh bentuk pasar yang kurang bersaing, rantai pemasaran yang terlalu panjang dan sistem kelembagaan pemasaran yang tidak sehat, hal inilah yang merupakan masalahmasalah pemasaran yang pada umumnya berpengaruh terhadap tingkat harga yang diterima oleh produsen. Permasalahan yang terjadi dalam pemasaran minuman sari buah ini adalah banyaknya pesaing yang ada didalam pasar dan banyaknya biaya pemasaran yang harus dikeluarkan sehingga harga yang diterima konsumen jauh lebih besar dari harga di tingkat konsumen. Penyaluran minuman sari buah Jawara dari produsen ke konsumen akhir umumnya banyak melibatkan lembaga pemasaran, dengan demikian mengakibatkan rantai pemasaran minuman sari buah Jawara menjadi panjang. Lembaga pemasaran berusaha mengambil keuntungan yang setinggi-tingginya dari setiap pengeluaran biaya pemasaran yang timbul karena adanya fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan. Sehingga keuntungan yang diambil tidak proporsional dengan yang dilakukan. Sehingga tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis saluran pemasaran minuman sari buah Jawara di Kota Batu dan Malang. (2) Menganalisis besar marjin dan share produsen yang terjadi di Kota Batu dan Malang terhadap minuman sari buah Jawara. (3) Menganalisis efisiensi pemasaran minuman sari buah Jawara di Kota Batu dan Malang. Metode analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan gambaran atau penjelasan mengenai saluran pemasaran yang terjadi dalam pemasaran minuman sari buah Jawara serta fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran. 2) Sedangkan analisis kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran minuman sari buah Jawara adalah analisis marjin pemasaran, analisis efisiensi harga dan analisis efisiensi operasional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Diduga terdapat perbandingan biaya yang beragam antar lembaga pemasaran. 2) Diduga efisiensi operasional (kapasitas angkut dan kapasitas penyimpanan) pemasaran minuman sari buah Jawara sudah efisien.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran minuman sari buah Jawara di daerah penelitian, saluran pemasaran tersebut adalah: (a) Saluran pemasaran I : Produsen → Konsumen, (b) Saluran Pemasaran II : Produsen → Distributor → Konsumen, dan (c) Saluran Pemasaran III : Produsen → Distributor → Retail → Konsumen. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran minuman sari buah Jawara yaitu fungsi pembelian, penjualan, penyimpanan, transaksi, bongkar muat, transportasi, dan retribusi. Berdasarkan perhitungan analisis marjin pemasaran diketahui bahwa dari ketiga saluran pemasaran yang ada, saluran pemasaran II yang lebih efisien daripada saluran pemasaran yang lain. Hal ini dikarenakan saluran pemasaran II memiliki marjin yang lebih kecil dibandingkan saluran pemasaran yang lain. Share yang diterima oleh produsen maupun lembaga pemasaran pada saluran pemasaran II lebih besar. Share yang didapat oleh produsen dan lembaga pemasaran minuman sari buah Jawara berbeda-beda tergantung pada biaya tambahan yang dikeluarkan serta keuntungan yang diperoleh lembaga pemasaran dalam melakukan fungsi pemasaran. Melalui pendekatan analisis efisiensi harga didapatkan hasil bahwa fungsi transportasi dan fungsi penyimpanan yang dilakukan lembaga pemasaran efisien karena selisih harga yang didapat lebih tinggi dari rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk fungsi transportasi dan fungsi penyimpanan. Efisiensi harga menurut fungsi prosesing sudah tercapai pada pedagang pengecer, sedangkan pada distributor tidak dapat dihitung karena distributor tidak melakukan fungsi prosesing dalam pemasaran minuman sari buah Jawara. Sedangkan melalui pendekatan analisis efisiensi operasional fungsi transportasi, fungsi transportasi yang dilakukan lembaga pemasaran efisien tapi tidak efektif karena melebihi kapasitas angkut. Sedangkan pada fungsi penyimpanan di tingkat distributor telah efisien karena rata-rata kapasitas simpan sama dengan rata-rata kapasitas gudang. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini, maka saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (1) Untuk lembaga pemasaran, sebaiknya dalam menggunakan alat transportasi tidak melebihi kapasitas normal untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi. (2) Untuk peneliti selanjutnya, dilakukan penelitian yang dapat membantu produsen untuk mengambangkan produk maupun strategi pemasarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2012/57/051200974
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Sep 2012 11:41
Last Modified: 19 Oct 2021 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129167
[thumbnail of COVER-SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER-SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of III.pdf]
Preview
Text
III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of I.pdf]
Preview
Text
I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of II.pdf]
Preview
Text
II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of IV.pdf]
Preview
Text
IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of VI.pdf]
Preview
Text
VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of V.pdf]
Preview
Text
V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of VII.pdf]
Preview
Text
VII.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of VIII.pdf]
Preview
Text
VIII.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item