Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Kinerja Jalan di Ruas Jalan Yos Sudarso Pada Kawasan Pasar Batu Kota Tarakan

Ramadhan, Aditya (2018) Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Kinerja Jalan di Ruas Jalan Yos Sudarso Pada Kawasan Pasar Batu Kota Tarakan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Kota Tarakan mendorong tumbuhnya pusat – pusat kegiatan di Kota Tarakan. Tingginya intesitas kegiatan menyebabkan tingginya pula pergerakan kendaraan di Jalan Utama Yos Sudarso. Hal ini ditunjukkan dengan kinerja ruas Jalan Utama Yos Sudarso berupa nilai derajat kejenuhan (DS) pada tahun 2015 pada jam sibuk dapat mencapai nilai 0,99 dan tingkat pelayanan mencapai nilai E. Seiring dengan menurunnya kinerja ruas Jalan Utama Yos Sudarso, perkembangan guna lahan di sepanjang ruas jalan utama dan meningkatnya volume kendaraan yang lewat tidak ditunjang dengan peningkatan kapasitas jaringan jalan maupun pengaturan guna lahan. Penggunaan badan jalan sebagai lahan parkir tidak hanya pada satu sisi bahkan menggunakan kedua sisi jalan, sehingga menyebabkan pengurangan lebar badan jalan dan mengakibatkan permasalahan lalu lintas. Kapasitas jalan Yos Sudarso berdasarkan analisis sebesar 1.147,6 smp/jam. Jalan Yos Sudarso sebagai jalan arteri primer memiliki lebar < 8 meter dibawah standard dan juga lebar efektif jalan yang minim mengakibatkan terjadinya pengurangan kapasitas jalan. Untuk kapasitas ruang parkir tertinggi adalah pada saat weekend dan terjadi pada segmen 1 dengan kapasitas tertinggi untuk motor sebesar 632 kendaraan/ jam sedangkan untuk mobil sebesar 72 kendaraan/ jam. Dari hasil analisis menunjukkan Volume parkir pada ruas Jalan Yos Sudarso mengalami kepadatan parkir pada saat weekend dibandingkan weekdays. Hal ini berbanding terbalik dengan kepadatan volume lalu lintas. Sedangkan untuk volume lalu lintas pada jalan Yos Sudarso mengalami kepadatan kendaraan pada saat weekdays dibandingkan saat weekend. Hal ini disebabkan saat weekdays lebih didominasi kendaraan motor dan mobil yang merupakan pergerakan lokal dengan aktivitas bekerja dan sekolah, sedangkan untuk weekend didominasi pergerakan kendaraan dengan tujuan aktivitas rekreasi, berbelanja sehingga mempengaruhi kegiatan parkir di Kawasan Pasar Batu. Indeks parkir pada saat weekday yang bermasalah atau dianggap tidak memiliki lahan parkir yang cukup untuk mobil terdapat pada segmen 2 yaitu sebesar 119% dan untuk segmen 3 juga pada jenis kendaraan mobil sebesar 307%.Sedangkan untuk weekend indeks parkir bermasalah pada segmen 3 untuk jenis kendaraan motor 141% dan mobil 255%. Untuk mengatasi permasalahan parkir serta mengoptimalkan kinerja jaringan jalan Yos Sudarso, maka dilakukan pembuatan skenario penataan parkir on street menjadi parkir off street; skenario pengalihan arus saat jam parkir padat serta pengalihan sudut parkir ruas Jalan Yos Sudarso.

English Abstract

Economic growth in Tarakan City encourages the growth of activity centers in Tarakan City. The high intensity of activities caused the high movement of vehicles on Yos Sudarso Main Street. This is indicated by the performance of Yos Sudarso Main Street segment in the form of the value of saturation degree (DS) in 2015 during peak hours can reach the value of 0.99 and service level reaches E value. Along with the declining performance of the Yos Sudarso Main Road segment, the development of land use along main roads and the increasing volume of passing vehicles are not supported by increased road network capacity and land use arrangements. The use of the road as a parking lot not only on one side and even using both sides of the road, causing a reduction in the width of the road and causing traffic problems. Yos Sudarso's road capacity is based on analysis of 1,147.6 smp / hour. Yos Sudarso Road as a primary arterial road has a width of <8 meters below the standard and also a minimum effective road width leads to a reduction in road capacity. For the highest parking space capacity is on the weekend and occurs in segment 1 with the highest capacity for motorcycles of 632 vehicles/hour while for cars of 72 vehicles/hour. From the results of the analysis showed that parking volume on Yos Sudarso Street experienced parking density on weekends compared to weekdays. This is inversely proportional to the traffic volume density. As for the traffic volume on Yos Sudarso road, it will experience the density of vehicles during weekdays compared to weekends. This is caused when the weekdays are more dominated by motor vehicles and cars that are local movement with work and school activities, while for the weekend dominated the movement of vehicles with the purpose of recreational activities, shopping so as to affect parking activities in Pasar Pasar Batu. Parking index during the troubled weekday or considered to have insufficient parking space for cars is in segment 2 of 119% and for the 3rd segment also in the type of car vehicle by 307%. As for the troubled parking index on segment 3 for the type of vehicle motor 141% and car 255%. To overcome the problem of parking and optimize the performance of the road network Yos Sudarso, then made the scenario of parking arrangement on street parking off street; the scenario of switching current during solid parking hours and transferring the parking angle of Jalan Yos Sudarso.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/912/051809224
Uncontrolled Keywords: Kota Tarakan, Parkir, Tingkat Pelayanan Jalan. Tarakan city, Parking, The-Roads-level of services
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.1 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Nov 2018 07:38
Last Modified: 21 Nov 2018 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12913
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item