Ridzi, AyuDwiMestika (2012) Hubungan Antara Faktor – Faktor Keputusan Konsumen Dengan Tingkat Pembelian Teh Cap Gajah (Studi Kasus Di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan negara produsen teh pada urutan ke – 5 di dunia, yang sebagian besar ditujukan untuk pasar ekspor. Pasar ekspor merupakan target pasar utama. Namun, di sini Indonesia hanya sebagai pengikut pasar. Oleh karena itu, pangsa pasar ekspor sulit ditingkatkan (rendah). Indonesia sebagai negara produsen teh, beberapa tahun terakhir ini mengalami over production. Untuk mengatasi over production ini adalah dengan meningkatkan konsumsi teh dalam negeri. Namun disayangkan konsumsi teh dalam negeri dinilai rendah. Dalam keputusan pembelian konsumen, banyak faktor yang menentukan konsumsi teh dalam negeri tersebut diantaranya faktor budaya (kebiasaan minum teh), atribut produk, harga produk, persepsi konsumen dan juga status sosial ekonomi rumahtangga. Produk teh yang dimaksud dalam penelitian ini adalah “teh Cap Gajah” yang diproduksi oleh PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kebun Kertowono Lumajang. Teh tersebut dipasarkan secara lokal melalui “Koperasi Camelia”. Adapun masalah penelitian, dirumuskan sebagai berikut : 1. Apakah ada hubungan positif antara status sosial ekonomi rumahtangga dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh? 2. Apakah ada hubungan positif antara kebiasaan minum teh rumahtangga dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh? 3. Apakah ada hubungan positif antara atribut produk teh Cap Gajah dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh? 4. Apakah ada hubungan negatif antara harga teh Cap Gajah dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh? 5. Apakah ada hubungan positif antara persepsi konsumen rumahtangga teh Cap Gajah dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis : 1. Ada tidaknya hubungan positif antara sosial ekonomi rumahtangga dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh. 2. Ada tidaknya hubungan positif antara kebiasaan minum teh rumahtangga dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh. 3. Ada tidaknya hubungan positif antara atribut produk teh Cap Gajah dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh. 4. Ada tidaknya hubungan negatif antara harga teh Cap Gajah dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh. 5. Ada tidaknya hubungan positif antara persepsi konsumen rumahtangga teh Cap Gajah dengan tingkat pembelian teh Cap Gajah dalam masyarakat sekitar kebun teh. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Lokasi penelitian ditentukan di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang. Jumlah sampel berjumlah 30 responden, sampel diperoleh dari ibu-ibu rumahtangga yang berbelanja ke koperasi Camelia dan toko setempat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi rank Spearmans. Hasil analisis korelasi rank Spearmans menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas meliputi Kebiasaaan Minum Teh (X2), Atribut Produk (X3) dan Persepsi Konsumen mengenai produk (X5) memiliki hubungan positif dengan Tingkat Pembelian Teh (Y), karena jika minum teh semakin menjadi kebiasaan minum dalam rumahtangga maka tingkat pembelian teh akan semakin tinggi. Demikian pula semakin banyak atribut yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian teh, maka tingkat pembelian teh juga akan semakin tinggi. Selain itu, semakin positif persepsi konsumen mengenai produk teh tersebut maka tingkat pembelian teh juga akan semakin tinggi. Sedangkan Harga Produk (X4) dan Status Sosial Ekonomi Rumahtangga (X1) tidak memiliki hubungan terhadap Tingkat Pembelian Teh (Y). Hal ini berarti tingkat pembelian teh Cap Gajah tidak ada hubungannya dengan harga teh Cap Gajah dan status sosial ekonomi rumahtangga konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan positif yang signifikan antara variabel Tingkat Pembelian Teh dengan variabel X - nya yang meliputi Kebiasaaan Minum Teh (X2), Atribut Produk (X3) dan Persepsi Konsumen mengenai produk (X5). Selain itu, kebiasaan minum teh dalam setiap rumahtangga akan berbeda-beda sejalan dengan lingkungan yang disekitarnya. Begitu pula dengan persepsi konsumen, setiap konsumen di lingkungan yang satu dengan lingkungan yang lain akan memiliki persepsi yang berbeda dan setiap konsumen satu dengan konsumen yang lain akan memiliki cara masing-masing untuk mempertimbangkan atribut produk yang akan dibelinya. Dari penelitian ini dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut : Pertama, kemampuan koperasi Camelia menjual sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk. Oleh karena itu, pihak koperasi perlu mengadakan promosi kepada masyarakat lokal sebagai daerah pemasaran mereka. Pengenalan produk di pasar lokal dimaksudkan untuk memperluas pasar lokal dengan melakukan hubungan kerjasama dengan beberapa pihak terkait, karena profit penjualan lokal lebih menguntungkan dan diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak yang berkecimpung di bidang pemasaran dalam mempelajari perilaku konsumen agar lebih efektif dan efisien dalam menyusun dan membuat perencanaan serta strategi pemasaran yang lebih baik dan tepat sasaran agar dapat meningkatkan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan Kedua, kemampuan menjual sangat berpengaruh terhadap penjualan produk, sehingga perlu adanya promosi lokal untuk pengenalan produk di pasar lokal guna memperluas pasar lokal dengan melakukan hubungan kerjasama dengan beberapa pihak terkait, karena profit penjualan lokal lebih menguntungkan dan diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak yang berkecimpung di bidang pemasaran dalam mempelajari perilaku konsumen agar lebih efektif dan efisien dalam menyusun dan membuat perencanaan serta strategi pemasaran yang lebih baik dan tepat sasaran agar dapat meningkatkan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2012/205/051203926 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Nov 2012 09:36 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128999 |
Preview |
Text
skripsi.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |