Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan Bunga Potong Kris (Chrysanthemum) (Studi Kasus Pada Pt.Wahana Kharisma Flora Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumia

Farida, IvaNur (2012) Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan Bunga Potong Kris (Chrysanthemum) (Studi Kasus Pada Pt.Wahana Kharisma Flora Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berhubungan dengan kegiatan produksi bunga potong krisan kemudian dilanjutkan kegiatan memasarkan atau biasa disebut kegiatan pemasaran yang dilakukan PT. Wahana Kharisma Flora, terdapat permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu persaingan ketat dengan perusahaan sejenis, sifat bunga krisan yang mudah rusak sehingga memerlukan saluran distribusi yang tepat untuk tetap menjaga kualitas bunga terutama mahkota, cuaca, kurangnya SDM pada divisi krisan, Pemanenan tidak sesuai prediksi sehingga mempengaruhi kegiatan pemasaran. Dalam persaingan bisnis dapat ditinjau dari penerapan strategi bauran pemasaran dan seberapa penting peranan strategi bauran pemasaran mempengaruhi volume penjualan. Keberhasilan PT.wahana Kharisma Flora dalam persaingan agribisnis bunga potong khususnya bunga krisan tidak lepas dari kerjasama antar direksi, staff, karyawan, dan petani. Selanjutnya dapat meminimalisir permasalahan dan memaksimalkan peluang yang ada. Adapun kegiatan penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan bunga potong krisan di PT.Wahana Kharisma Flora. (2) Merumuskan Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang tepat pada bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Diduga bahwa strategi bauran pemasaran dengan variabel ketersediaan produk, tingkat harga, biaya promosi, dan biaya distribusi dapat mempengaruhi volume penjualan bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora (2) Diduga bahwa Merumuskan Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang tepat pada bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja terhadap , pada PT.Wahana Kharisma Flora di Dusun Tulungrejo, Desa Tulungrejo Junggo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengingat perusahaan ini merupakan perusahaan yang terbesar ketiga di Indonesia Timur. Perusahaan ini melakukan budidaya dan pemasarannya sendiri. Kantor pemasaran terletak di Jalan Muria No.9 Kota Malang. Dalam menentukan responden penelitian ini menggunakan metode secara sengaja hanya PT.Wahana Kharisma Flora untuk mengetahui strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan dan dapat meningkatkan pendapatan dilihat dari sisi produsen. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diintepretasikan dari hasil regresi, strategi biaya distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan bunga apotong krisan di PT.Wahana Kharisma Flora. Sedangkan strategi ketersediaan produk, tingkat harga, biaya promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Secara parsial jika biaya distribusi dinaikkan 1 ikat dengan harga Rp.12.000,- maka volume penjualan akan meningkat 1 ikat dengan harga tersebut. Biaya distribusi sangat berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan bunga potong krisan karena tanpa ada kegiatan distribusi maka tidak akan terca ainya tujuan perusahaan. Berdasarkan matrik IE, analisis matrik grand strategy, analisis SWOT dapat diperoleh beberapa alternatif strategi bisnis yang dapat digunakan yaitu: (1) Produk yang dihasilkan bervariatif dengan produksi yang terus menerus dan bermitra dengan petani untuk menjaga ketersediaan produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen, (2) Memenuhi kebutuhan konsumen dengan perluasan daerah pemasaran yang sesuai daya beli konsumen daerah tersebut dan menggunakan transportasi yang tersedia sehingga pengiriman barang tepat waktu, (3) Meningkatkan daya saing produk dengan memanfaatkan permodalan yang dimiliki dan menjual produk pada outlet yang berbasis one stop shopping masih jarang dimiliki perusahaan lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2012/203/051203924
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Nov 2012 08:17
Last Modified: 21 Oct 2021 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128997
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item