Analisis Pengaruh Cara Dan Bentuk Penjualan Terhadap Pendapatan Usahatani Padi (Studi Kasus Di Desa Puri, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto)

Agustin, AstriShofa (2012) Analisis Pengaruh Cara Dan Bentuk Penjualan Terhadap Pendapatan Usahatani Padi (Studi Kasus Di Desa Puri, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pendapatan usahatani padi pada masing-masing cara dan bentuk penjualan yang dilakukan petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara dan bentuk penjualan serta mengetahui perbedaan pendapatan usahatani pada masing-masing cara dan bentuk penjualan yang dilakukan oleh petani di Desa Puri, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Metode penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode acak sederhana (Simple Random Sampling). Penggunaan metode ini didasarkan pada kehomogenitasan petani- petani di daerah penelitian. Jenis dan metode pengumpulan data adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan untuk metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis pendapatan usahatani dan analisis varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara penjualan yang dilakukan oleh petani padi di daerah penelitian adalah menggunakan cara persatuan berat dengan beberapa bentuk penjualan yaitu penjualan dalam bentuk gabah basah, gabah kering, dan dalam bentuk beras. Petani padi yang melakukan bentuk penjualan baik berupa gabah basah, gabah kering, maupun beras menerima pendapatan yang berbeda-beda. Pendapatan usahatani yang paling kecil adalah petani yang menjual dalam bentuk beras dikarenakan pada penjualan dalam bentuk beras tersebut biaya pasca panen yang dikeluarkan lebih banyak. Pendapatan yang diterima oleh petani yang menjual dalam bentuk beras adalah sebesar Rp. 10.684.619,00/ ha. Sedangkan pendapatan yang diperoleh petani yang menjual dalam bentuk gabah basah adalah Rp. 12.209.572,00/ ha dan pendapatan yang diperoleh oleh petani yang menjual dalam bentuk gabah kering adalah Rp. 13.143.784,00/ ha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2012/194/051202980
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Sep 2012 14:36
Last Modified: 21 Oct 2021 06:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128987
[thumbnail of ringkasan.pdf]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item