Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Teh Merek “Ken Tea” (Studi Kasus Di Desa Semen Kecamatan Gandusari, Blitar)

Syafaah, Sindy (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Teh Merek “Ken Tea” (Studi Kasus Di Desa Semen Kecamatan Gandusari, Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu komoditi perkebunan yang semakin meningkat permintaannya dan memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan adalah teh. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya harga teh di pasar ekspor yakni sebesar US$ 1,9 per kilogram yang sebelumnya hanya US$ 1,2 per kilogram (tempointeraktif.com, 2012). Perkebunan yang memproduksi teh dan tetap bertahan hingga saat ini salah satunya yakni PTPN XII Kebun bantaran Blitar yang berada di wilayah Jawa Timur. Perkebunan ini merupakan perkebunan milik pemerintah yang memproduksi dan mengolah teh jenis teh hitam. Produk teh yang dihasilkan bermerek “Ken tea” yang digunakan dalam obyek penelitian dan memiliki dua jenis yakni premium dan regular. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan karakteristik konsumen yang membeli teh hitam “Ken tea” 2) Untuk menganalisis atribut-atribut produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian teh hitam “Ken tea” 3) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian teh hitam “Ken tea”. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Juli 2012. Penentuan lokasi berdasarkan teknik purposive sampling yakni di Desa Semen Kecamatan Gandusari. Alasan pemilihan lokasi tersebut karena Desa Semen berbatasan langsung dengan PTPN XII Kebun Teh Bantaran sehingga secara otomatis masyarakat Desa ini lebih mengenal “Ken tea” secara psikologis dan pasar Semen merupakan pasar terdekat yang paling dekat dengan sasaran pasar sehingga mudah dijangkau perusahaan. Sedangkan dalam penentuan responden digunakan teknik accidental sampling dengan menggunakan metode distribusi sampling proporsi (n ≥ 30) diperoleh sampel sebanyak 44 responden/keluarga yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Penentuan masyarakat Desa Semen sebagai responden penelitian didasarkan pada metode area sampling yakni karena masyarakat Desa Semen merupakan konsumen terbanyak “Ken tea” dan pemasaran “Ken tea” di Desa ini paling potensial daripada Desa lain dan batasan responden adalah responden yang pernah membeli “Ken tea”. Dalam penelitian ini, analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif, analisis Cochran Q test dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang membeli teh hitam “Ken tea” dari enam variabel yang diteliti menghasilkan persentase tertinggi sebagai berikut: 63,64% adalah responden yang berjenis kelamin perempuan; 50% adalah responden yang berusia 30-43 tahun; 54,54% adalah responden dengan tingkat pendidikan SMA; 43,18% adalah responden dengan jenis pekerjaan pedagang; 43,18% adalah dengan tingkat pendapatan antara > Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000; 40,91% adalah responden dengan jumlah anggota keluarga yang paling banyak 3 anggota keluarga. Adapun atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian “Ken tea” berdasarkan rumus Cochran Q tes antara lain kualitas, merek, kemasan, label, harga, lokasi, bentuk, kandungan gizi, dan kepraktisan penyajian. Faktorfaktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian “Ken tea” yakni faktor pertama atau faktor atribut produk dan keluarga terdiri dari atribut dan variabel kemasan, label, bentuk, kandungan gizi dan keluarga dengan nilai loading berturut-turut sebesar 0,742; 0,812; 0,756; 0,681; dan 0,703. Faktor kedua atau faktor harga hanya terdiri dari satu atribut saja yakni atribut harga dengan nilai loading 0,863. Faktor ketiga atau faktor kepraktisan penyajian juga hanya terdiri dari satu atribut saja yakni atribut kepraktisan penyajian dengan nilai loading sebesar 0,820. Pada hasil analisis di atas didapatkan bahwa faktor kemasan produk dan keluarga adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam pembelian “Ken tea” dengan nilai eigen yang paling tinggi yakni sebesar 2,532 dan persentase varian sebesar 36,178%. Jadi sebagian besar masyarakat Desa Semen Kecamatan Gandusari sangat mempertimbangkan penampilan dan performa produk serta saran dari keluarga agar membeli “Ken tea”. Kemasan “Ken tea” dianggap menarik bagi konsumen. Selain itu kepercayaan konsumen terhadap “Ken tea” juga sangat tinggi hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat loyalitas konsumen terhadap produk ini meski di kemasan produk tidak terdapat label halal dari MUI. Bentuk “Ken tea” yang dari awal dianggap kurang menarik perhatian konsumen justru masuk dalam faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian “Ken tea”. Konsumen tidak mempermasalahkan bentuk “Ken tea” yang bulat kecil, justru hal itu menjadi keunikan tersendiri bagi konsumen karena bentuk “Ken tea” lain daripada produk teh lain. Kandungan gizi “Ken tea” juga menjadi alasan konsumen dalam membeli “Ken tea” yang jelas baik bagi tubuh. Refrensi keluarga yang merupakan satu-satunya faktor yang berasal dari luar atau lingkungan konsumen yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian “Ken tea”. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Sebaiknya layanan produk lebih diperhatikan, misalnya menyediakan layanan bebas pulsa agar keluhan konsumen dapat langsung disampaikan ke perusahaan sehingga keluhan atau complain tersebut menjadi evaluasi perusahaan untuk lebih meningkatkan performa “Ken tea”. (2) Diharapkan perusahaan lebih memperluas area pemasaran baik di dalam maupun di luar Kabupaten Blitar melalui promosi yang dilakukan baik melalui media cetak maupun elektronik. (3) Perlu adanya promosi yang lebih intensif tentang kualitas “Ken tea” yang baik untuk tubuh sehingga persepsi dan pikiran masyarakat menjadi lebih positif terhadap produk “Ken tea”. (4) Pemasaran “Ken tea” mendatang tidak hanya terbatas di pertokoan pasar Semen, tapi juga di setiap toko yang terdapat di Desa Semen sehingga konsumen lebih mudah dalam membeli “Ken tea”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2012/182/051202968
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Sep 2012 10:24
Last Modified: 21 Oct 2021 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128977
[thumbnail of all_skripsi.pdf]
Preview
Text
all_skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item