FitriRizkaAl (2012) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Target Penjualan Kopi Luwak Unit Usaha Industri Hilir PT. Perkebunan Nusantara XII Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia adalah eksportir keempat terbesar kopi di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolumbia. Selama ini sebagian besar produksi kopi Indonesia dijual ke pasar global, karena tingkat konsumsi kopi di Indonesia masih tergolong rendah, hanya 120 ribu ton per tahun dibandingkan negara produsen kopi lainnya. Rata-rata penduduk Indonesia mengkonsumsi kopi dua kali sehari. Namun seiring berkembangnya trend minum kopi, kebiasaan mengkonsumsi kopi meningkat hingga 0,9 kg per kapita per tahun. Rendahnya tingkat konsumsi kopi di dalam negeri sebenarnya merupakan peluang besar untuk mengembangkan pasar kopi domestik, yang dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia. PTPN XII berupaya melakukan penggembangan kopi demi menarik minat konsumen baik lokal maupun luar negeri, PTPN XII memanfaatkan musang yang awalnya dianggap hama menjadi awal permulaan nilai tambah bagi produk kopi. Fermentasi biji kopi terbaik terjadi di dalam perut luwak, hal ini dikarenakan terdapat enzim didalam perut luwak sehingga kotoran yang dihasilkan tidak mengandung bakteri E.Coli yang bisa memicu diare. Promosi merupakan usaha yang dapat dilakukan untuk menarik konsumen atau mempengaruhi konsumen dan dapat menciptakan permintaan atas produk yang dimiliki perusahaan. Dengan melakukan kegiatan promosi perusahaan akan dapat menuju tujuan utama perusahaan diantaranya,pemenuhan target penjualan dan peningkatan volume penjualan yang dapat mendatangkan laba. Kegiatan pemasaran perusahaan tidak dapat terlepas dari promosi, tanpa promosi produk perusahaan yang telah didesain sebaik mungkin dan dijaga kualitasnya tidak akan dikenal konsumen dan konsumen tidak dapat membeli produk tersebut, sehingga tujuan perusahaan tidak tercapai. Metode analisis pengaruh strategi bauran promosi terhadap target penjualan kopi luwak menggunakan analisis jalur. Dengan analisis jalur dapat diketahui pengaruh variabel dependen dan independen baik secara langsung maupun tidak langsung. Dapat dijelaskan bahwa pengaruh bauran promosi UUIH terhadap target penjualan melalui pengetahuan konsumen yang diasumsikan dengan omzet penjualan terdiri dari periklanan, personal selling, hubungan masyarakat dan publisitas, promosi penjualan dan penjualan langsung. Sedangkan omzet penjualan berhubungan secara langsung terhadap target penjualan kopi luwak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2012/171/051202957 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 14:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128966 |
Preview |
Text
PENGARUH_BAURAN_PROMOSI_TERHADAP_TARGET_PENJUALAN_KOPI_LUWAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |