Sa`Adah, Emila (2012) :Analisis Integrasi Pasar Kentang (Solanum Tuberosum L.) Di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kentang merupakan salah satu komoditas sayuran yang perlu dikembangkan dalam bidang agroindustri dikarenakan memiliki berbagai kegunaan yang dapat meningkatkan perekonomian negara, meningkatkan pendapatan petani, sebagai bahan makanan, dan juga sebagai bahan baku untuk keperluan industri dan perdagangan. Akan tetapi potensi tersebut juga mengalami kendala dalam pemasarannya yakni adanya fluktuasi pada harga komoditas tersebut. Fluktuasi harga dalam hal ini disebabkan oleh dibukanya kran impor oleh pemerintah, sifat produk tersebut yang cepat rusak, meningkatnya permintaan kentang dipasaran, dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dicari penyebab dan pemecahannya. Salah satu informasi penting yang bisa mengatasi masalah fluktuasi harga tersebut adalah dengan dilakukannya analisis integrasi pasar. Sehingga, penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis perkembangan harga kentang di berbagai level pemasaran di Jawa Timur dari tahun 2005 sampai 2010 dan Mengetahui tingkat integrasi pasar dan hubungan jangka panjang serta jangka pendek yang terjadi pada integrasi pasar kentang di berbagai level pemasaran di Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jawa timur, dikarenakan Jawa Timur merupakan salah satu sentra produksi kentang kelima se-Indonesia dengan jumlah konstribusi sebesar 9% terhadap total produksi kentang di indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan uji stasioneritas data series harga dari tahun 2005-2010, uji kointegrasi untuk melihat hubungan jangka panjang, dan uji Error Corection Model (ECM) untuk menguji hubungan jangka pendek maupun jangka panjang dari masing-masing variabel yang diteliti yang meliputi harga kentang di level petani(produsen), pedagang besar, dan konsumen (pengecer). Setelah itu dilakukan uji Engle-Granger Causality untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel yang diteliti dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu data series harga kentang di berbagai level pemasaran (Produsen, pedagang besar, dan konsumen) stasioner pada tingkat diferensi pertama (first different) dengan nilai probabilitas < 0.05 atau dapat dikatakan stasioner pada tingkat alpha < 5%. Dari ketiga level pemasaran tersebut, dilakukan pengujian integrasi pasar antar level pemasaran yakni : 1) Produsen dengan Pedagang Besar, 2) Produsen dengan Konsumen, dan 3) Pedagang Besar dengan Konsumen. Berdasarkan hasil uji kointegrasi dan uji ECM yang telah dilakukan dinyatakan bahwa terjadi integrasi pasar antara produsen dan pedagang besar, pedagang besar dengan produsen, produsen dan konsumen, konsumen dengan produsen, pedagang besar dengan konsumen, dan antara konsumen dengan pedagang besar baik itu dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek, pada ordo I(1) dengan nilai probablitas < 0.05.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2012/148/ 051202934 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 15:48 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 15:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |