Sulystiorini, Istana Rosidiana (2011) Analisis Hubungan Antara Struktur, Perilaku, dan Kinerja Pasar pada Agroindustri Keripik Tempe Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor pertanian adalah satu sektor yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Agribisnis saat ini termasuk dalam dunia bisnis yang mengalami perubahan dan pertumbuhan. Salah satunya termasuk pengembangan sektor agribisnis yang bergerak di bidang agroindustri dan peningkatan ketahanan pangan. Keripik agroindustri kedelai sebagai bentuk industri rumah tangga kecil yang memproses kedelai ke dalam chip kedelai. Membuat chip kedelai dapat meningkatkan nilai tambah kedelai dan kue kedelai itu sendiri dan juga meningkatkan pendapatan dan pekerjaan. Keripik kedelai memiliki potensi yang cukup tinggi untuk dikembangkan, wajah peluang pasar chip kedelai baik dalam hal produksi dan sistem pemasaran. Dari sini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang faktor dominan apa yang mempengaruhi produsen dalam perilaku pasar formasi dan mengetahui pengaruh antara struktur, perilaku, dan kinerja pasar di agroindustri keripik kedelai di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur pasar chip kedelai, menganalisis faktor-faktor apa yang dianggap sebagai produsen dominan dalam pembentukan perilaku pasar keripik kedelai, dan menganalisis bagaimana pengaruh struktur pasar terhadap perilaku pasar dan kinerja pasar. Metode menentukan lokasi penelitian yang dilakukan dengan sengaja (purposive) di Kota Malang. Metode penentuan responden sensus dengan 52 responden yang diambil berdasarkan data Kota Malang Disperindag, Dinas Kesehatan Kota Malang, dan Kota Malang Primkopti. Data yang diperoleh dari sumber data sekunder dan data primer melalui kuesioner dan analisis data terdiri dari analisis faktor interdependensi variabel uji, ekstraksi faktor, sebelum rotasi, rotasi, dan analisis jalur. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam menentukan tingkat konsentrasi pasar termasuk pengukuran pangsa pasar, analisis CR4, HIRSCHMAN-HERFINDAHL Index (HHI), Rosenbulth Index (R), dan koefisien Gini. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa struktur pasar terjadi di industri keripik kedelai di kota Malang termasuk pasar persaingan monopolistik. Struktur ini ditandai dengan: jumlah produsen chip kedelai banyak dengan `pangsa pasar` yang didistribusikan secara merata, keberadaan diferensiasi produk dalam merek, rasa, pengemasan, dan kualitas keripik kedelai produk, tidak ada hambatan yang signifikan. Untuk masuk keluar dari bisnis agro-industri keripik kedelai, dan mudah untuk mendapatkan informasi pasar. Dengan mengukur rasio konsentrasi hasil yang diperoleh dengan metode CR4 24,47%, hasilnya lebih dekat seminimal mungkin, ini menunjukkan bahwa struktur pasar yang terjadi cenderung mengarah ke pasar persaingan monopolistik. RosenBulthindex memperoleh nilai 0,029 lebih dekat dengan batas minimum pengukuran, sehingga dapat disimpulkan bahwa struktur pasar yang terbentuk cenderung mengarah pada persaingan yang sempurna atau monopolistik. Koefisien Gini 0,305 hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa struktur pasar yang terjadi cenderung mengarah ke pasar persaingan monopolistik. Validitas hasil tes untuk atribut yang mengharuskan perilaku pasar oleh produsen chip kedelai di kota Malang, ada tujuh atribut yang dinyatakan valid. Dapat dilihat bahwa atribut yang valid memiliki nilai R Calculate & GT. r tabel (0,4438) atau nilai signifikansi & lt. alpha (0,05). Keandalan hasil pengujian yang diperoleh pada nilai perilaku pasar alpha lebih besar dari 0,60, yaitu sebesar 0,758. Ini menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki sifat keandalan atau tingkat kepercayaan yang tinggi. Dari hasil analisis faktor menunjukkan bahwa produsen chip kedelai juga mempertimbangkan bersama faktor-faktor seperti produk, harga dan investasi. Di mana ada 3 faktor yang terbentuk pada perilaku pasar, 35.538% dari faktor produk, 19,861% dari faktor harga dan faktor investasi 16,014%. Perhatikan juga bahwa faktor-faktor produk adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan sebagai produsen dalam pembentukan perilaku pasar, karena faktor varians total produk memiliki nilai eigen tertinggi adalah nilai eigen 2,488 dan varians persentase 35.538. Faktor produk ini terdiri dari rasa variabel (X2), pengemasan (X3), dan lebar pasar (X6). Jadi beberapa produser chip kedelai sangat mempertimbangkan produk untuk membentuk pasar melakukan chip kedelai. Dari jalur analisis diperoleh jalur yang dapat mengoptimalkan kinerja pasar melalui volume penjualan. Dari analisis jalur diperoleh jalur yang dapat mengoptimalkan kinerja pasar melalui volume penjualan. Koefisien jalur dari variabel yang dijelaskan pangsa pasar (struktur pasar) memiliki koefisien jalur 0,385 dan efek positif yang signifikan pada produk (perilaku pasar), maka produk variabel (perilaku pasar) memiliki dampak positif dan signifikan terhadap volume penjualan (pasar) kinerja) dengan koefisien jalur 0,417. Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur pasar pengaruh terhadap perilaku pasar dan perilaku pasar mempengaruhi kinerja pasar. Produsen yang dapat memperluas pangsa pasar (struktur pasar) akan mempertimbangkan bagaimana mengembangkan produk (perilaku pasar) sehingga mendapat volume penjualan (kinerja pasar) yang diinginkan. Dalam upaya meningkatkan kinerja pasar, produsen keripik kedelai di kota Malang harus memberikan pertimbangan pada struktur pasar melalui pangsa pasar dan bentuk perilaku pasar sehubungan dengan produk, harga, dan investasi. Secara khusus ada jalur yang optimal, yang menarik karena juga menentukan produsen untuk memaksimalkan kinerja pasar melalui peningkatan volume penjualan. Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur pasar pengaruh terhadap perilaku pasar dan perilaku pasar mempengaruhi kinerja pasar.
English Abstract
The agricultural sector is one sector that is very important in economic development. Agribusiness currently included in the business world that is experiencing change and growth. One of them includes the development of agribusiness sector engaged in agro-industry and increased food security. Soybean agro-industry chips as a form of small household industries which processed the soyabeans into soybean chips. Making soybeans chips can increase the added value of soybeans and soybean cake itself and also increase the income and employment. Soybean chips have a high enough potential to be developed, the face of market opportunities soybean chips are good in terms of production and marketing systems. From this the researcher is interested to conduct research on what dominant factors are the affect producers in the formation market conduct and know influence between structure, conduct and market performance in the soybean chips agroindustry in Malang City. This research aims to analyze the market structure of soybean chips, analyze what factors are considered the dominant producer in the formation of soybean chips market conduct, and analyze how the influence of market structure on market conduct and market performance. Methods of determining the location of the research done on purpose (purposive) in Malang City. The method of determining the census respondents with 52 respondents taken based on the data Malang City Disperindag , Malang City Health Office, and Malang City Primkopti. Data obtained from secondary data sources and primary data through questionnaires and data analysis consisted of factor analysis of the interdependence of test variables, extraction of factors, before rotation, rotation, and path analysis. Quantitative analysis used in determining the degree of market concentration include measurement of market share, analysis CR4, Hirschman-Herfindahl Index (HHI), Rosenbulth Index (R), and the gini coefficient. The results obtained in this study show that market structure occurred in the soybean chips industry in the city of Malang including monopolistic competition market. This structure is characterized by: the number of soybean chips manufacturers a lot with the "market share" which is distributed evenly, the existence of product differentiation in the brand, flavor, packaging, and quality of product soybean chips, there are no significant barriers to entry out of the soybean chips agro-industry business, and easy to obtain market information. By measuring the ratio of Concentration of the results obtained by the method of CR4 24.47%, the results are closer to the minimum, this suggests that the market structure that occurs tends to lead to monopolistic competition market. Rosenbulthindex obtained value of 0.029 is closer to the minimum limit of measurement, so it can be concluded that the market structure that is formed tends to lead to perfect competition or monopolistic. Gini coefficient of 0.305 results obtained show that the market structure that occurs tends to lead to a monopolistic competition market. Validity of test results for the attributes that necessitated market conduct by soybean chips manufacturers in Malang City, there are seven attributes that are declared valid. It can be seen that a valid attribute has a value of r calculate > r table (0.4438) or a significance value < alpha (0.05). Reliability of test results obtained on the market conduct value of alpha is greater than 0.60, that is equal to 0.758. This shows that all variables used in the study has properties of reliability or high level of confidence. From the results of factor analysis showed that soybean chips manufacturers are also considering jointly the factors such as product, pricing and investment. Where there are 3 factors that form on the market conduct, 35.538% of the product factor, 19.861% of the price factor and the factor of an investment 16.014%. Also note that the product factors are the main factors to be considered a manufacturer in the formation of market behavior, because the total variance factor of the product has the highest eigenvalue is the eigenvalue of 2.488 and the percentage variance of 35.538. Factor of this product consists of a variable flavor (X2), packaging (X3), and market wide (X6). So some producers soybean chips strongly consider the product in order to shape the market conduct soybean chips. From the analysis path obtained a path that can optimize the market performance of the through sales volume. From the path analysis obtained a path that can optimize the market performance through sales volume. Path coefficients of the variables described the market share (market structure) has a path coefficient of 0.385 and a significant positive effect on the product (market conduct), then the variable product (market conduct) has positive and significant impact on sales volume (market performance) with a path coefficient of 0.417. So it can be concluded that the market structure of influence on market behavior and market behavior affects the market performance. Manufacturers who can expand market share (market structure) it will consider how to develop products (market conduct) so it gets the volume of sales (market performance) is desired. In an effort to improve market performance, soybean chips manufacturers in Malang City should give consideration to the structure of the market through market share and form market conduct with respect to product, price, and investment. In particular there is an optimal path, which is interesting because it also determines the manufacturer in order to maximize the performance of the market through increased sales volume. So it can be concluded that the market structure of influence on market conduct and market conduct affects market performance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2011/231/051104497 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 08 Mar 2012 11:39 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128741 |
Preview |
Text
051104497.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |