Respon Pelaku Ekonomi (Petani, Pedagang Dan Konsumen) Terhadap Pusat Perdagangan Agrobis (Puspa Agro) Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur (Kasus Di Pasar Puspa Agro Desa Jemundo, Kecamatan Taman

Virgianti, Desy Kartika (2011) Respon Pelaku Ekonomi (Petani, Pedagang Dan Konsumen) Terhadap Pusat Perdagangan Agrobis (Puspa Agro) Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur (Kasus Di Pasar Puspa Agro Desa Jemundo, Kecamatan Taman. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam alam sosialisme di Indonesia yang didasari oleh pancasila, dimana selain kepentingan pribadi dapat terpenuhi maka kepentingan umum (anggota-anggota masyarakat lainya) harus pula diperhatikan, hal ini hanya akan tercapai apabila para petani melaksanakan usahanya bedasarkan konsep agribisnis sebab dengan dilksanakanya pertanian secara konsep agribisnis maka usaha pertanian akan diperbaikai demi tercapainya peningkatan produk, mutumutu produk akan diperbaiki guna memuaskan para konsumen, kualitas produk akan digunakan guna memperbaiki kebutuhan-kebutuhan konsumen. Tanpa dilaksanakan sejak dari sekarang usaha-usaha pertanian yang berkonsep pada agribisnis, maka besar kemungkinan keperluankeperluan penduduk akan produk-produk pertanian dalam beberapa tahun lagi tidak akan terpenuhi, mengingat jumlah pertambhana penduduk yang meningkat dengan cepat sedang produk yang dihasilkan tidak dapat mengimbaninya. Pasar Induk Puspa Agro Jawa Timur (Jatim) diharapkan dapat menjadi sumber suplai atau pemasok komoditi pertanian untuk nasional dan internasional. Pasar Induk Puspa Agro dibangun di atas lahan seluas 50 hektar dan dilengkapi fasilitas diantaranya tujuh los pasar dengan 5.000 stand. Saat ini (tahap pertama) masih dibangun dua los terdiri dari 1.045 stand di atas lahan 15 hektar. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana respon pedagang terhadap pasar Puspa Agro (2) Bagaimana respon petani terhadap pasar Puspa Agro (3) Bagaima respon konsumen terhadap pasar Puspa Agro. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan respon pedagang terhadap pasar Puspa Agro (2) Mendeskripsikan respon petani terhadap pasar Puspa Agro (3) Mendeskripsikan respon konsumen terhadap pasar Puspa Agro Tipe penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif ( descriptive research ). Metode penentuan daerah penelitian ditentukan secara sengaja ( purposive ), yaitu di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan prosedur pengambilan sampel aksidental (accidental sampling). Teknik ini sengaja dipilih karena dianggap lebih tepat karena responden secara langsung di jumpai di Pasar Puspa Agro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur (dengan menggunakan kuisioner), wawancara terbuka (dengan menggunakan pedoman wawancara), observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif untuk memberikan informasi mengenai data yang diamati agar bermakna dan komunikatif. Dari hasil penelitian, diperoleh : 1.Puspa Agro adalah pasar induk untuk aneka komoditas agro. Pasar Puspa Agro terdiri dari tujuh sub bangunan dengan total stan mencapai 5000 unit. Komoditas yang di pasarkan adalah produk agro mulai dari beras, aneka palawija, perkebunan, bunga, tanaman hias hingga daging segar. Pasar Puspa Agro mempunyai sebuah visi yaitu Membangun pertanian modern yang berbudaya industri dalam rangka membangun industri pertanian yang berbasis pedesaan. Dan mempunyai sebuah misi yaitu Membangun pertanian modern yang berbudaya industri dalam rangka membangun industri pertanian yang berbasis pedesaan dan Pemanfaatan Sumber daya Pertanian secara optimal Peningkatan aktivitas ekonomi pedesaan Menciptakan kondisi yang menjamipembangunan pertanian berkelanjutan. 2. Tujuan utama dari pembangunan Pasar Puspa Agro adalah untuk dijadikan sebagai tempat bertransaksi atau tempat berjualan produk agribisnis dalam skala yang besar sehingga bisa meningkatkan nilai tambah bagi petani di Jawa Timur, agar produk agribis Jawa Timur bisa menjadi produk unggulan di pasar internasional 3. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Pasar Puspa Agro yaitu melalui media elektronik dan media cetak. 4. Respon petani terhadap Pasar Puspa Agro cukup positif karena dengan adanya Pasar Puspa Agro petani merasa di untungkan karena petani bisa menjual produk hasil pertanianya seperti sayur secara langsung ke pasar, untuk saat ini keadaan pasar masih belum stabil karena pembangunan masih belum selesai sehingga petani hanya bisa menjadi tengkulak. Namun terdapat sedikit kendala yaitu pada biaya opersional nya yang membuat petani merasa keberatan untuk membayar biaya operasioanl yang tidak bisa dijangkau oleh petani. 5. Respon pedagang terhadap Pasar Puspa Agro cukup positif dengan adanya Pasar Puspa Agro para pedagang setuju dengan adanya pasar karena dengan bertambahnya pasar pedagang berharap pembeli juga akan bertambah , namun hal itu hanya terjadi di awal saja, saat ini kondisi pasar terlihat sepi. Hal itu dikarenakan akses jalan yang kurang, lokasi pasar yang jauh dari pemukiman sehingga menyebabkan konsumen enggan mengunjungi Pasar Puspa Agro, oleh karena itu perlu adanya suatu inovasi yang nantinya akan membuat pedagang merasakan keuntungan yang lebih dan medapatkan penghasilan yang memuaskan. 6. Respon konsumen terhadap Pusat Pasar Puspa Agro positif karena konsumen merasa nyaman dan menguntungkan dengan berbelanja di Pasar Puspa Agro konsumen bisa berbelanja sesuai kebutuhan dan keinginanya karena Pasar Puspa Agro menyediakan bergai macam produk hasil pertanian yang menarik minat konsumen untuk datang dan berbelanja, tempatnya yang luas dan pelayanan yang baik serta barang yang lengkap menarik konsumen untuk terus berbelanja di kawasan Puspa Agro, namun terdapat sedikit kendala yaitu lokasinya jauh dari pemukiman dan untuk warga sekitar Sidoarjo hanya bisa melaluinya dengan berjalan kaki karena angkutan umum tidak diperbolehkan untuk masuk.

English Abstract

Socialism I Indonesia which is based on pancasila, not only personal interest that should be complied but public interest ( society) have to get attention. It will be reached if the farmers applying agribusinness’s concept. Agriculture will be improvement of product. The quality of product also will be improved for satisfying consumers needed. It cannot be compiled for many years later if agribusinnees’s concept is not applying from now because the population of consumers is rapidly increase then the product. The main market, puspa argo, east java. Is expected to be a source of supply or suppliers of agricultures commodities for national and international zone . puspa argo market is constructed on 50 hectares and has been complied include seven sheds that consist of 5000 stalls now (first step ) it was constructed two sheds that consist 1045 stalls on 15 hectares. Therefore the problem of this research are : (1) How the respond of traders about Puspa agro market (2) How the respond of farmers about the Puspa Agro Market (3) How the respond of consumers about the Puspa agro Market The purpose of this research are: (1) Describe the response of traders about the Puspa Agro Market (2) Describe the response of farmers about the Puspa Agro Market (3) Describe the response of consumers about the Puspa Agro Market The Metode of this research which used is descriptive research. Location of the research has been chosen by purposive is Sidoarjo regency , east java . the sampling technique is accidental sampling. It is deliberately chosen because it is more appropriate when the respondents are directly encountered in Puspa argo Market. Data collection techniques used were interviews (using questionare ) audience (using interview guidelines), observation and documentation Data analysis method utilizing descriptive qualitative analysis to give an information about data in order to make it meaningful and communicative. The result of this research are : 1. Puspa Argo Market in the main market for various commodities agro. It was constructed on 50 hecteres and has been complied include seven sheds that consist of 5000 stalls. Commodities which ios marketed ion there, like rice, a variety of second crop, horticultures, flowers, ornamental plant and fresh meat. The vision of puspa agro market is building a civilized modern agriculture industry in order to build a rural based agriculture industry and utilization of agricultural resource optimally, increase a rural economic activities and creating conditions for sustainable agriculture. 2. The main purpose of Puspa Agro Marked is to serve a place for trading or selling product in large scale agribusiness that can increase the added value for farmers in east java. 3. Puspa agro market apply the advertisement on public service. 4. The response of farmers about puspa agro market is well. They feel that it is advantage because they can sell their product such aas vegetables directly to the market. Now, the situation is still not stable because the building is still unfinished so that farmers only can be a middleman. But there is a little constraint on its operational cost which makes farmers feel reculant to pay operational that can not be reached by farmers. 5. The response of traders about puspa agro market is well too. They agree with the market due to increased marked traders expect the buyer will also increase but it only happens early in the residential market so the consumers feel lazy to go to the market. 6. The response of consumers about puspa agro is good. They say it is very comfortable and profitable to shop at the market. They can shop according to needs and their desire of agricultural products which attract customers to came and shop, where the spacious and service exelent complete item to attract consumers to continue shopping at there. But there is a little problem, the location is far from the residence so they be able to walk because public transportation in not allowed to entrance this zone.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2011/170/051103786
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Mar 2012 09:13
Last Modified: 19 Apr 2022 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128675
[thumbnail of 051103786.pdf]
Preview
Text
051103786.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item