Preferensi Wisatawan Terhadap Fasilitas Pendukung Wisata Di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruhan

Hapsari, Laily Putri (2018) Preferensi Wisatawan Terhadap Fasilitas Pendukung Wisata Di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruhan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pariwisata dewasa ini menjadi perhatian pemerintah untuk terus dikembangkan. Selain pada peningkatan pendapatan daerah yang didapatkan, industri pariwisata mampu menjadi penopang ketertarikan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melakukan kunjungan ke Indonesia. Upaya pemerintah yang dilakukan untuk peningkatan tersebut meliputi pada pengaturan struktur industri pariwisata, peningkatan daya saing pariwisata, penguatan kemitraan usaha pariwisata, peningkatan kreadibilitas bisnis, dan pengembangan tanggung jawab terhadap lingkungan. Terdapat berbagai lokasi desitinasi wisata yang menjadi sasaran pemerintah dengan segala keindahan dan keunikan alamnya salah satunya adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masuk pada kawasan konservasi yang kemudian dijadikan wisata dengan objek utama Gunung Bromo dan keindahan alam sekitarnya. Selain pada pemandangan alam, wisatawan yang datang berkunjung dapat menikmati kebudayaan yang di suguhkan oleh masyarakat setempat seperti upacara adat nyewu atau kasodo yang dilakukan di Gunung Bromo. Banyaknya kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, membuka peluang bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan kondisi perekonomian mereka dengan menyediakan fasilitas pendukung wisata salah satunya jasa penginapan homestay. Namun, yang menjadi kendala adalah meskipun sudah disediakan jasa penginapan, wisatawan masih enggan untuk memanfaatkan jasa tersebut. Hal ini berkaitan pada minat dan preferensi wisatawan untuk menggunakan fasilitas pendukung wisata di daerah wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kunjungan wisatawan, tipologi wisatawan, dan preferensi wisatawan yang berkunjung di desa wisata terhadap homestay sehingga diharapkan akan diperoleh gambaran terkait keinginan wisatawan dan dapat digunakan sebagai masukan bagi masyarakat desa agar lebih mudah dalam melakukan pengembangan fasilitas pendukung wisata khususnya homestay. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model interaksi Miles dan Huberman. Data yang diperoleh nantinya dilakukan reduksi data dimana data yang diperoleh akan diseleksi dan hanya menggunakan data yang diperlukan. Selanjutnya dilakukan penyajian data, data yang sudah diseleksi dilakukan pengolahan dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Selain itu, penelitian ini juga menghitung selisih harapan dan realita wisatawan terkait tempat menginap untuk melihat preferensi wisatawan. Perhitungan selisih harapan dan realita dilakukan dengan cara melakukan pengkodean pada hasil wawancara terkait dengan pengalaman wisatawan menginap di pilihan tempat menginapnya. Selanjutnya ii dilakukan pengelompokkan perhitungan rata-rata nilai selisih harapan dan realita. Apabila hasil dari rata-rata nilai selisih mendekati 0 maka dapat dikatakan sedikit harapan wisatawan yang belum terpenuhi. Hasil dari penelitian ini antara lain kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Bromo Tengger adalah untuk berlibur sementara kunjungan ke desa Wonokitri adalah untuk singgah, menunggu rombongan dan mengantri membeli tiket masuk. Sedangkan dari tipologi yang didapatkan wisatawan yang datang berkunjung merupakan wisatawan massal terorganisir, dimana mereka datang dengan jumlah yang besar dan memanfaatkan jasa travel selama kegiatan wisata mereka. Sementara itu diperoleh hasil perhitungan selisih harapan dan realita untuk tiga aspek dari tempat menginap, yaitu fasilitas, pelayanan, dan harga. Rata-rata nilai fasilitas sebesar 0,15, pelayanan 0,15, dan harga 0,19. Ketiga aspek tersebut mendekati angka 0 sehingga dapat dikatakan sedikit harapan wisatawan yang belum terpenuhi. Hasil ini juga menunjukkan preferensi wisatawan dimulai dari kelengkapan fasilitas, pelayanan yang diberikan, dan harga yang ditawarkan sehingga dari hasil ini dapat dijadikan cerminan untuk dilakukan pengembangan homestay di desa Wonokitri.

English Abstract

The tourism industry is now a concern for the government to continue to be developed. In addition to the increase in local revenue earned, the tourism industry is able to support domestic and foreign tourists to visit Indonesia. The government's efforts to improve include the regulation of the tourism industry structure, enhancing tourism competitiveness, strengthening tourism business partnerships, enhancing business credibility, and developing environmental responsibility. There are various desitinasi tourist locations that are targeted by the government with all the beauty and uniqueness of nature one of them is Bromo Tengger Semeru National Park. Bromo Tengger Semeru National Park enters the conservation area which is then used as a tourist attraction with the main object of Mount Bromo and the surrounding natural beauty. In addition to the natural scenery, tourists who come to visit to enjoy the culture in suguhkan by local people such as traditional ceremony nyewu or kasodo done in Mount Bromo. The number of tourist visits to Bromo Tengger Semeru National Park, open opportunities for the surrounding community to improve their economic conditions by providing tourist support facilities one of them homestay lodging services. However, the obstacle is that although already provided lodging services, tourists are still reluctant to take advantage of these services. This relates to the interests and preferences of tourists to use the tourism support facilities in the tourist area. This study aims to describe tourist visits, tourist typology, and preferences of tourists visiting the village of tourism to homestay so it is expected to get a picture related to the wishes of tourists and can be used as input for the villagers to more easily in the development of tourism support facilities, especially homestay. The method of analysis used in this study using Miles and Huberman interaction model. The data obtained will be done data reduction where the data obtained will be selected and only use the necessary data. Furthermore, the presentation of data, data that has been selected by processing and then done withdrawal conclusion. In addition, this study also calculates the difference in expectations and the reality of the tourist related places to stay to see the preferences of tourists. The calculation of the difference between expectations and reality is done by way of coding on the results of interviews related to the experience of tourists staying at the choice of place to stay. Furthermore, the grouping and calculating the average value of the difference between expectations and reality. If the result of the average value of the difference close to 0 then it can be said a little hope that tourists have not met. The results of this study include tourist visits to Bromo Tengger National Park is for a vacation while a visit to the village Wonokitri is to stop over, waiting for the group and waiting in line to buy tickets. While the typology of tourists who come to iv visit are organized mass tourists, where they come with a large amount and take advantage of travel services during their tour activities. Meanwhile, the results of the calculation of the difference between expectations and reality for the three aspects of the place to stay, namely facilities, services, and prices. Average facility value of 0.15, service 0.15, and price 0.19. These three aspects are close to 0, so it can be said that a little hope of tourists has not been fulfilled. These results also indicate the preferences of tourists starting from the completeness of facilities, services provided, and the price offered so that these results can be used as a reflection for the development of homestay in Wonokitri village.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/656/051809991
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Industri pariwisata
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Oct 2018 08:07
Last Modified: 20 Oct 2021 10:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12863
[thumbnail of LAILY PUTRI HAPSARI.pdf]
Preview
Text
LAILY PUTRI HAPSARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item