Pramita, Putu Laksmi (2010) Analisis Sikap Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Bunga Sedap Malam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam pengambilan keputusan pembelian, mempelajari dan memahami konsumen adalah hal yang penting karena pengetahuan mengenai sikap konsumen dapat dijadikan dasar dalam menciptakan strategi yang tepat guna meningkatkan volume penjualan suatu produk. Berdasarkan model Multiciri Fishbean disebutkan bahwa jika konsumen memiliki sikap positif, maka konsumen pasti akan melakukan pembelian. Namun, hal tersebut berbeda dengan kondisi real di lapangan dimana jika konsumen memiliki sikap positif belum tentu akan melakukan pembelian. Untuk itu, Fishbean menambahkan bagaimana pendapat orang lain sebagai kelompok referensi yang dipercaya dan dapat memotivasi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Model ini dikenal dengan model Keinginan Berperilaku atau Theory of Reasoned Action. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka diperlukan analisis yang membahas mengenai sikap konsumen. Disamping analisis sikap berdasarkan Multiciri Fishbean, diperlukan analisis tentang kepercayaan konsumen terhadap pendapat kelompok referensi dan motivasi untuk mengikuti pendapat kelompok referensi tersebut yang nantinya dapat dijadikan acuan oleh pemasar dalam menentukan keinginan berperilaku konsumen. Keinginan berperilaku nantinya dapat digunakan dalam memperkirakan perilaku yang akan dilakukan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Dalam penelitian ini terdapat beberapa pokok permasalahan diantaranya: (1) Atribut-atribut apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian bunga sedap malam. (2) Sejauh mana sikap konsumen terhadap atribut-atribut bunga sedap malam. (3) Sejauh mana kepercayaan dan motivasi konsumen terhadap pendapat dari kelompok referensi. (4) Sejauh mana keinginan berperilaku konsumen sebagai dasar dalam pengambilan keputusan pembelian bunga sedap malam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis atribut-atribut apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian bunga sedap malam. (2) Menganalisis sikap konsumen terhadap atribut-atribut bunga sedap malam. (3) Menganalisis kepercayaan dan motivasi konsumen terhadap pendapat dari kelompok referensi. (4) Menganalisis keinginan berperilaku konsumen sebagai dasar dalam pengambilan keputusan pembelian bunga sedap malam. Responden pada penelitian ini dibatasi pada responden individu dan responden organisasi yaitu hotel yang melakukan pembelian bunga sedap malam di Anyelir Florist, Tunjung Florist, Wira Flowers, Adiba Florist, dan Jepun Florist yang menyuplai bunga sedap malam dari Zuhri Florist Pasuruan yang merupakan produsen dan penyuplai bunga sedap malam. Analisis sikap konsumen (Ab) terhadap atribut-atribut bunga sedap malam diukur dengan menggunakan model milticiri fishbean. Perilaku (B) didekati dengan maksud perilaku (BI) dengan memperhatikan sikap terhadap atribut-atribut bunga sedap malam dan adannya faktor kelompok referensi. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Provinsi Bali Kabupaten Denpasar dengan objek penelitian Anyelir Florist Tunjung Florist, Wira Flowers, Adiba Florist, dan Jepun Florist. Responden dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu responden individu dan responden organisasi yaitu hotel. Penentuan responden individu menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sedangkan penentuan responden hotel menggunakan metode sensus dimana yang menjadi responden yaitu hotel yang melakukan pembelian pada lima florist yang menjadi objek penelitian. Pengambilan sampel untuk responden individu didapat dari empat atau lima kali dari jumlah atribut yang dianalisis. Atribut yang dianalisis dalam peneltian ini yaitu 19 atribut sehingga jumlah sampel untuk konsumen individu berkisar antara 76-95 responden. Peneliti mengambil jumlah sampel yang lebih besar yaitu 95 responden agar lebih dapat mewakili konsumen. Sedangkan untuk konsumen hotel, di dapat 8 responden hotel. Pengumpulan data dengan metode wawancara dan menggunakan instrument berupa kuesioner. Untuk mengetahui keabsahan dari instrument kuesioner digunakan uji validitas dan reliabilitas. Medote analisis data menggunakan analisis asosiasi cochran Q test, model Multiciri Fishbean, dan model Keinginan Berperilaku (Theory of Reasoned Action). Dari uji validitas variabel kekuatan kepercayaan (bi) dan evaluasi kekuatan kepercayaan (ei) untuk konsumen individu diketahui bahwa dari 6 butir pertanyaan atribut secara keseluruhan adalah valid. Sedangkan untuk konsumen hotel dari 11 butir pertanyaan atribut terdapat 3 butir pertanyaan yang tidak valid. Dari uji validitas variabel kepercayaan normatif (NB) dan motivasi (MC) diketahui bahwa dari 4 butir pertanyaan kelompok referensi baik untuk konsumen individu maupun konsumen hotel secara keseluruhan adalah valid. Sedangkan dari uji reliabillitas diketahui bahwa instrument kuesioner yang menggambarkan seluruh variabel dalam penelitian baik untuk konsumen individu maupun konsumen hotel adalah reliabel. Hasil analisis Cochran Q Test menunjukkan bahwa dengan melakukan uji sebanyak 12 kali didapat hasil dari 15 atribut intrinsik terdapat 4 atribut intrinsik yang dipertimbangkan konsumen individu dalam keputusan pembelian bunga sedap malam yaitu aroma khas, bunga berwarna putih bersih, digunakan sebagai hiasan dan memperindah ruangan. Sedangkan untuk konsumen hotel dengan melakukan uji sebanyak 4 kali didapat hasil dari 18 atribut intrinsik terdapat 9 atribut intrinsik yang dipertimbangkan konsumen hotel yaitu aroma khas, bunga berwarna putih bersih, awet hingga 2-3 hari, digunakan sebagai hiasan, memperindah ruangan, menimbulkan nilai estetika, menarik minat tamu hotel, membuat tamu puas dan nyaman dengan suasana hotel, dan meningkatkan citra hotel. Sedangkan untuk atribut ekstrinsik konsumen individu dengan melakukan uji sebanyak 3 kali didapat hasil dari 4 atribut ekstrinsik terdapat 2 atribut ekstrinsik yang dipertimbangkan konsumen individu dalam keputusan pembelian bunga sedap malam yaitu pelayanan penjual dan langganan dengan florist. Untuk konsumen hotel dengan melakukan uji sebanyak 2 kali didapat hasil dari 5 atribut ekstrinsik terdapat 2 atribut ekstrinsik yang dipertimbangkan konsumen individu dalam keputusan pembelian bunga sedap malam yaitu pelayanan penjual dan langganan dengan florist. Hasil analisis sikap menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen individu memiliki sikap netral dan cenderung positif terhadap bunga sedap malam. Hal ini dapat dilihat dari persentase sikap paling tinggi adalah yang memiliki sikap netral dengan persentase 38,9% dari total responden (95 responden). Disamping itu, dapat dilihat dari persentase responden yang memiliki sikap positif dan sangat positif lebih besar dari persentase responden yang memiliki sikap negatif dan sangat negatif. Persentase responden yang memiliki sikap sangat positif dan positif adalah 33,7% sedangkan persentase responden yang memiliki sikap sangat negatif dan negatif adalah 27,36%. Hasil analisis keinginan berperilaku dapat diketahui bahwa konsumen individu memiliki keinginan cenderung tidak membeli bunga sedap malam. Dapat dilihat dari persentase jumlah responden paling besar menyatakan bahwa responden mungkin tidak membeli bunga sedap malam yaitu 37,9% dari total responden (95 responden) Kondisi ini terjadi karena pendapat dari kelompok referensi yaitu keluarga, teman, penjual dan tetangga dipercaya oleh konsumen sehingga konsumen termotivasi untuk mengikuti pendapat dari kelompok referensi tersebut. Hal ini membuktikan bahwa jika konsumen mempunyai sikap positif belum tentu akan melakukan pembelian bunga sedap malam. Hasil analisis sikap
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2010/9/051000168 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 01 Mar 2010 09:51 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128601 |
Preview |
Text
051000168.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |