Septiana, Flourensia (2010) Efektivitas Sekolah Lapang PPKSampoerna Terhadap Implementasi Teknik Budidaya Padi Dengan System of Rice Intensification (SRI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada tahun 2009 peningkatan produktivitas padi difokuskan melalui pendekatan Sekolah Lapang (SL). Sekolah Lapang sendiri merupakan sekolah lapang bagi petani di dalam menerapkan teknologi usahatani melalui penggunaan input produksi yang efisien menurut spesifik lokasi sehingga mampu menghasilkan produktivitas tinggi untuk menunjang peningkatan produksi secara berkelanjutan. Melalui penerapan SL ini diharapkan petani akan mampu mengelola sumberdaya yang tersedia secara terpadu dalam melakukan budidaya di lahan usaha taninya berdasarkan spesifik lokasi sehingga petani menjadi lebih terampil serta mampu mengembangkan usahataninya dalam rangka peningkatan produksi tanaman pangan nasional. Dalam hal ini PT. HM (Hanjaya Mandala) Sampoerna Tbk sebagai perusahaan rokok terkemuka di Indonesia berharap menjadi bagian anggota masyarakat yang memiliki kepekaan dan tanggung jawab sosial dan memiliki komitmen sebagai pendukung pembangunan bangsa. Untuk itu PT. HM Sampoerna Tbk membangun dan mengembangkan Pusat Pelatihan Kewirausahaan Sampoerna (PPK Sampoerna). Untuk menjalankan visi dan misi PPK Sampoerna menjadi model pengembangan enterpreneurial berbasis pertanian dan skill vocational dan model penguatan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan maka PPK Sampoerna mengembangkan sistem usaha tani terpadu melalui sekolah lapang. Pendampingan masyarakat melalui sekolah lapang dilakukan untuk implementasi teknik dan budidaya penanaman padi dengan konsep System of Rice Intensification (SRI). SRI merupakan sistem produksi pertanian ramah lingkungan yang holistic dan terpadu dengan mengoptimalkan kesehatan dan produktivitas agroekosistem secara alami, sehingga mampu menghasilkan pangan dan serat yang cukup berkualitas berkelanjutan, sehubungan dengan preferensi seperti itu maka model pertanian hemat air ini khususnya pada tanaman padi adalah salah satu pilihan untuk dibangun dan dikembangkan, selain itu juga penggunaan air yang hemat dalam berbagai hal merupakan salah satu langkah dalam mengatasi kekurangan, krisis air, bahkan kesulitan air. (Sampoerna, 2008) Berkaitan dengan hal di atas, maka permasalahan ini adalah Bagaimana efektivitas pelaksanaan Sekolah Lapang-PPK Sampoerna pada kelompok tani “SRI Rukun Santoso” terhadap Implementasi Teknik Budidaya Padi dengan System of Rice Intensification (SRI). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Menganalisis efektivitas pelaksanaan Sekolah Lapang-PPK Sampoerna pada kelompok tani “SRI Rukun Santoso” terhadap Implementasi Teknik Budidaya Padi dengan System of Rice Intensification (SRI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode sensus. Sehingga penentuan responden sebagai sampel penelitian diambil dari seluruh anggota kelompok tani “SRI Rukun Santoso” yang jumlahnya sebanyak 16 orang dan merupakan masyarakat Desa Suwayuwo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan yakni lokasi penelitian yang dipilih secara sengaja (purposive). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif (deskriptive research) Hasil Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan sekolah lapang-PPK Sampoerna pada kelompok tani “SRI Rukun Santoso” terhadap implementasi teknik budidaya padi dengan System of Rice Intensification (SRI) di desa Suwayuwo kecamatan Sukorejo kabupaten Pasuruan diukur dari segi tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan petani secara keseluruhan masuk kategori tinggi. Tingkat pengetahuan tergolong kategori tinggi dengan skor 21 dengan persentase 100 % dari skor maksimal, demikian pula tingkat sikap masuk kategori tinggi dengan skor 21 dengan persentase 100 % sedang segi keterampilan tergolong kategori tinggi juga dengan skor 26,62 dengan persentase 98,59 % dari skor maksimal. Hal ini disebabkan pengadaan sekolah lapang dan pemberian inovasi sudah tepat sasaran dan dinyatakan efektif karena terdapat perubahan perilaku melalui pengetahuan petani yang bertambah, perubahan sikap dan perubahan kebiasaan atau keterampilan petani. Selain itu juga sekolah lapang ini dinyatakan efektif dengan ditunjukkannya jumlah hasil panen responden yang tergabung dalam sekolah lapang System of Rice Intensification (SRI) dan menerapakannya pada lahan pertanian mereka memperoleh hasil panen sebesar 8,6 ton/ha sedangkan hasil panen sebelum menerapkan SRI sebesar 5,32 ton/ha. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disarankan untuk pengadaan sekolah lapang implementasi teknik budidaya padi dengan System of Rice Intensification (SRI) hendaknya terus dilanjutkan mengingat inovasi tersebut membawa dampak positif dan kesejahteraan petani menuju pertanian yang berbasis organik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2010/75/051000745 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 06 Apr 2010 11:13 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 04:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128591 |
Preview |
Text
051000745.pdf Download (9MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |