Peranan Penyuluh Pertanian PT Petrokimia Gresik dan Respon Petani Terhadap Teknologi Budidaya Padi Ciherang Dalam Kemitraan Benih Padi Petroseed : kasus pada Kelompok Tani Sidomulyo di Desa Bintoyo Ke

Rizal, Boby Fajar Ainur (2009) Peranan Penyuluh Pertanian PT Petrokimia Gresik dan Respon Petani Terhadap Teknologi Budidaya Padi Ciherang Dalam Kemitraan Benih Padi Petroseed : kasus pada Kelompok Tani Sidomulyo di Desa Bintoyo Ke. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendekatan pembangunan pertanian telah mengalami perubahan yang mendasar yaitu dari pendekatan komoditi menjadi pendekatan sistem agribisnis. Sementara itu, rendahnya kualitas sumberdaya manusia merupakan kendala yang cukup signifikan dalam pembangunan dan pengembangan sistem agribisnis. Kegiatan penyuluhan pertanian yang dilakukan oleh penyuluh pertanian bertujuan untuk mengubah masyarakat menuju keadaan yang lebih baik dan menjamin agar peningkatan produksi pertanian dapat tercapai. Disinilah peranan penyuluh pertanian sangat erat kaitannya sebagai pembimbing petani untuk merubah pengetahuan, sikap maupun ketrampilan petani ke arah yang lebih baik. Di sisi lain beras merupakan komoditas strategis bagi kehidupan manusia, karena kebutuhan pangan akan beras selalu meningkat dari tahun ke tahun seiring peningkatan jumlah penduduk. Salah satu usaha untuk meningkatkan produksi pangan nasional khususnya beras adalah dengan meningkatkan kualitas dan produksi benih padi. Mengingat kondisi petani sangat lemah dalam hal modal, saprodi, informasi dan teknologi maka diperlukan peran serta pengusaha besar untuk membantu mengembangkan usahatani petani kecil agar produktivitas dan ketersediaan pangan, khususnya beras dapat terjaga. Sehubungan dengan hal tersebut, PT Petrokimia Gresik sebagai salah satu perusahaan yang ikut memproduksi benih padi bersertifikat mengadakan kerjasama dengan para kelompok tani untuk memperoleh gabah calon benih padi. Hal ini mengingat terbatasnya lahan produksi dan rendahnya produksi perusahaan. Di lain pihak seberapa jauh respon petani terhadap teknologi budidaya padi Ciherang dalam kemitraan benih padi Petroseed menjadi tolok ukur keberhasilan dari kegiatan tersebut. Adapun permasalahannya adalah : 1) Bagaimana peranan penyuluh pertanian PT Petrokimia Gresik dalam kemitraan benih padi Petroseed ? 2) Bagaimana respon petani terhadap teknologi budidaya padi Ciherang dalam kemitraan benih padi Petroseed ? 3) Bagaimana hubungan antara peranan penyuluh pertanian PT Petrokimia Gresik dengan respon petani terhadap teknologi budidaya padi Ciherang dalam kemitraan benih padi Petroseed ? Penelitian ini bertujuan : 1) Mendeskripsikan peranan penyuluh pertanian PT Petrokimia Gresik dalam kemitraan benih padi Petroseed. 2) Mendeskripsikan respon petani terhadap teknologi budidaya padi Ciherang dalam kemitraan benih padi Petroseed. 3) Menganalisis hubungan peranan penyuluh pertanian PT Petrokimia Gresik dengan respon petani terhadap teknologi budidaya padi Ciherang dalam kemitraan benih padi Petroseed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/80/050901178
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Apr 2009 10:30
Last Modified: 13 Apr 2022 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128380
[thumbnail of 050901178.pdf]
Preview
Text
050901178.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item