Sukhufi, Dururis (2009) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Tanaman Hias Anthurium Gelombang Cinta : kasus di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sekitar pertengahan tahun 2006 dunia tanaman hias dikejutkan dengan kemunculan kembali sang bunga ekor, Anthurium. Walaupun pernah menjadi trend di tahun 1990-an, tapi kehadirannya kala itu tidak sepopuler seperti apa yang telah terjadi seperti sekarang ini. Salah satu Anthurium yang sangat digemari adalah Anthurium Gelombang Cinta. Gelombang Cinta adalah jenis Anthurium yang paling populer di antara jenis lainnya. Sebelum orang mengenal jenis yang lain, umumnya yang mereka kenal lebih dulu adalah Anthurium Gelombang Cinta. Anthurium Gelombang Cinta adalah tanaman hias tropis, memiliki daya tarik tinggi sebagai penghias ruangan. Jenis tanaman hias ini seolah menjadi daya tarik baru yang mampu menggerakkan hati orang-orang yang sebelumnya bahkan tidak punya ketertarikan sama sekali terhadap tanaman hias kini menjadi tertarik dan bahkan rela mngeluarkan uang jutaan rupiah untuk berbisnis ataupun sekedar untuk mengkoleksi tanaman hias jenis Anthurium Gelombang Cinta. Banyak faktor yang mempengaruhi fenomena Anthurium Gelombang Cinta sehingga merubah pandangan masyarakat akan nilai dan fungsi tanaman hias. Faktor-faktor itu diperkirakan adanya peran media masa, pelaku bisnis, dan masyarakat konsumen anthurium dalam membentuk opini masyarakat, menyampaikan informasi harga, perkembangan dan tren tanaman dan yang lainnya. Selain itu, tidak lepas dari karakter masyarakat Indonesia yang ‘latah’ dan suka dipuji, (Kasali, 2007) di era ini, masyarakat membeli sesuatu karena cerita di balik produk itu. Permasalahan yang terjadi adalah, kecenderungan dari pola perilaku konsumen dapat diamati melalui pemahaman akan faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan pembelian terhadap Anthurium Gelombang Cinta. Dengan banyaknya produk tanaman hias jenis Anthurium, diperlukan adanya informasi yang nantinya dapat dijadikan acuan atau landasan bagi konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian Anthurium Gelombang Cinta. Pola pembentukan sikap dan perilaku pembelian konsumen terhadap Tanaman Hias Anthurium Gelombang Cinta menjadi salah satu hal terpenting untuk diperhatikan produsen mengenai siapa konsumennya, bagaimana tingkat konsumsi dan persepsi konsumen mengenai citra dan posisi Anthurium Gelombang Cinta di benak masyarakat yang akan sangat terkait dengan posisi persaingan produk dalam pasar serta perluasan pangsa pasar produk tanaman hias, sehingga tidak terjadi kerugian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen Anthurium Gelombang Cinta, menganalisis sikap dan perilaku konsumen dalam pembelian Anthurium Gelombang Cinta dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen terhadap Tanaman Hias Anthurium Gelombang Cinta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2009/66/050900721 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2009 08:43 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 04:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128365 |
Preview |
Text
050900721.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |