Nurhudianto (2009) Analisis Usahatani dan Pemasaran Agribisnis Paprika (Capsicum Annum var. Spartacus) secara Hidroponik : kasus di Desa Tlogosari Kecamatan Nongkojajar Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia sebagai negara agraris merupakan negara yang mempunyai keunggulan komparatif (Comparataif advanted) . Keunggulan komparatif tersebut merupakan hal yang fundamental bagi perekonomian. Paprika sebagai salah satu komoditi hortikultura, mempunyai prospek yang bagus. Daerah Bandung yang merupakan daerah pelopor budidaya paprika dengan produksi lebih dari 54 ton per bulan belum mampu memenuhi permintaan dalam negeri. Sedangkan pasar luar negeri ekspor paprika telah mencapai beberapa negara seperti Taiwan dan Singapura. Pada tahun 2003 hingga pertengahan Agustus ekspor paprika ke Taiwan mencapai Rp 1,5 miliar dengan volume ekspor sebanyak 155.995 kilogram. Hal ini menunjukkan bahwa usahatani paprika dan pemasarannya mempunyai prospek yang cerah untuk dikembangkan. Oleh sebab itulah perlu dilakukan penelitian mengenai ”Analisis Usahatani dan Pemasaran Agribisnis Paprika (Capsicum annum var. Spartacus) secara Hidroponik, Kasus di Desa Tlogosari, Kecamatan Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan, yang merupakan salah satu sentra baru penghasil paprika di daerah Jawa Timur. Berdasarkan latar belakang diatas, adapun perumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana pendapatan usahatani paprika secara hidroponik di desa Tlogosari, Kecamatan Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan?; (2) Bagaimanakah saluran pemasaran, fungsi pemasaran dan Margin pemasaran pada setiap lembaga pemasaran?; (3) Bagaimana struktur pasar paprika di daerah penelitian?; (4) Bagaimana efisiensi relatif Saluran pemasaran komoditi Paprika di daerah penelitian?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pendapatan usahatani paprika secara hidroponik di daerah penelitian; (2) Menganalisis saluran pemasaran, fungsi pemasaran dan margin pemasaran pada setiap lembaga pemasaran; (3) Menganalisis struktur pasar paprika di daerah penelitian; (4) Menganalisis efisiensi relatif saluran pemasaran komoditi paprika di daerah penelitian. Adapun Kegunaan dari penelitian ini adalah: (1) Bagi petani dapat digunakan sebagai informasi yang dapat membantu petani dalam pengambilan keputusan untuk mencapai pendapatan yang besar dan mencapai efisiensi dalam usahataninya; (2) Bagi lembaga pemasaran paprika untuk dapat digunakan sebagai upaya peningkatan efisiensi pemasaran; (3) Bagi lembagalembaga yang berkepentingan dalam pembuatan kebijakan dalam rangka meningkatkan produktifitas dan pendapatan petani; (4) Sebagai bahan informasi bagi penelitian selanjutnya berkaitan dengan tema yang diangkat. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1)Diduga terdapat perbedaan pendapatan pada usahatani paprika berskala kecil dan berskala besar; (2)Diduga terdapat berbagai saluran pemasaran dan fungsi pemasaran pada pemasaran komoditi paprika, serta margin pemasaran yang relatif tinggi di lokasi penelitian; (3)Diduga Struktur pasar paprika adalah pasar persaingan tidak sempurna; (4)Diduga Pemasaran komoditi Paprika didaerah penelitian belum efisien. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja ”Purposive” yaitu di Desa Tlogosari Kecamatan Nongkojajar Kabupaten Pasuruan, dengan pertimbangan merupakan salah satu daerah penghasil paprika utama di daerah Jawa Timur, komoditi paprika yang dihasilkan dibudidayakan secara hidroponik, dengan sistem modern pada pertanian berskala kecil maupun berskala besar. Penelitian dilaksanakan pada bulan September hingga November 2008. Responden dalam penelitian ini adalah petani dan pedagang (lembaga pemasaran), yaitu sebagai berikut; (1) Penentuan responden petani dilakukan secara sensus, yaitu pada keseluruhan responden yang ada yang berjumlah 27 petani diseluruh desa pada lokasi penelitian yang terdiri dari petani berskala besar berjumlah 6 petani dan yang berskala kecil berjumlah 21 petani; (2) responden pada pedagang dilakukan dengan metode ”Snowball Sampling” , dan jika jumlah pedagang dianggap sedikit, maka penentuan responden pedagang dilakukan secara sensus. Metode pengambilan data: data primer dengan menggunakan kuisioner,data sekunder dan observasi atau pengamatan lingkungan. Metode analisis datanya adalah: (1) Untuk usahatani paprika digunakan analisis usahatani dan uji beda dua rata-rata untuk lahan luas dan sempit; (2) Untuk analisis terhadap saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran digunakan analisis deskriptif; serta analisis margin pemasaran; (3) Untuk analisis terhadap struktur pasar digunakan analisis: derajat konsentrasi pasar, hambatan keluar masuk pasar, tingkat differensiasi produk, dan tingkat pengetahuan pasar; (4) untuk analisis terhadap efisiensi pemasaran dengan menggunakan analisis deskriptive dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pendapatan usahatani paprika secara hidroponik per 1000 m2 berskala besar sebesar Rp. 34.652.256,-; sedangkan yang berskala kecil sebesar Rp. 25.971.760,-; berdasarkan hasil perhitungan uji beda dua rata-rata, diperoleh nilai bahwa Zhitung > Ztabel (4,13 > 1,645), yang artinya terdapat perbedaan antara pendapatan usahatani pada petani paprika berskala besar dan kecil (2) Saluran pemasaran, yang ada di daerah penelitian terdiri dari 3 Kelompok saluran pemasaran yaitu sebagai berikut: SPI : Petani ? pengumpul (supplier) ? Supermarket : Petani ? pengumpul (supplier) ? Hotel/Supermarket :Petani ? pengumpul (supplier) ? Pengecer (Pasar Besar Malang) SPII : Petani ? Tengkulak ? Pedagang pengumpul (Bandung) : Petani ? Tengkulak ? Pedagang pengumpul (Surabaya ) :Petani ? Tengkulak ? Pedagang pengumpul (Bali) : Petani ? Tengkulak ? Luar negeri (Singapore dan Malaysia) SPIII : Petani ? Pengecer (Pasar Gadang dan Pasar besar Malang) : Petani ? Pengecer (Pasar Nongkojajar) Adapun fungsi pemasaran yang dilakukan adalah: fungsi pembelian, fungsi penjualan, fungsi transportasi, fungsi sortasi, grading dan packing . Margin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran cukup tinggi terutama ditingkat petani. Baik pada masing-masing warna paprika dan grade paprika; (3) Struktur pasar paprika di daerah penelitian menunjukkan pasar persaingan tidak sempurna karena CR4 pedagang sebesar 71,00%; dan derajat konsentrasi pasar petani sebesar 47,13% (CR4>40%); hambatan keluar masuk pasar pada masingmasing kategori lembaga pemasaran juga sulit; Tingkat differensiasi produk sangat heterogen (warna dan tingkatan grade paprika); dan tingkat pengetahuan pasar pada lembaga pemasaran masih kurang, terutama ditingkat petani (4)Efisiensi relatif pemasaran komoditi paprika di daerah penelitian menunjukkan ketidakefisienan karena margin pemasaran tinggi; derajat konsentrasi pasar tinggi karena nilai CR4 pedagang 71,00%, derajat konsentrasi pasar petani 47,13% (lebih besar dari 40% merupakan persaingan pasar tidak sempurna); hambatan keluar masuk pasar pada masing-masing kategori lembaga pemasaran sulit; sehingga total skor observasi dari pengukuran skala likert termasuk dalam skor rendah, hal ini menunjukkan bahwa efisiensi relatif pemasaran komoditi páprika di kecamatan Nongkojajar kabupaten Pasuruan, adalah tidak efisien. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Diharapkan Bagi petani dapat digunakan sebagai informasi yang dapat membantu petani dalam pengambilan keputusan untuk mencapai pendapatan yang lebih baik dan mencapai efisiensi dalam usahataninya (2) Diharapkan bagi lembaga pemasaran paprika dapat digunakan sebagai upaya peningkatan efisiensi pemasaran; (3) Bagi lembagalembaga yang berkepentingan dalam pembuatan kebijakan dalam rangka meningkatkan produktifitas dan pendapatan petani, dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan, sehingga dapat menyokong sistem pemasaran yang baik; (4) Sebagai bahan informasi bagi penelitian selanjutnya berkaitan dengan analisis usahatani dan pemasaran paprika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2009/40/050900651 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 11 Mar 2009 10:12 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 02:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128338 |
Preview |
Text
050900651.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |