Analisis Sikap Konsumen Terhadap Kecap Manis Cap Laron Berdasarkan Atribut-atribut Produk : studi kasus di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban

Paramitha F, Kumala (2009) Analisis Sikap Konsumen Terhadap Kecap Manis Cap Laron Berdasarkan Atribut-atribut Produk : studi kasus di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini, banyak produk baru yang bermunculan di pasaran, termasuk produk olahan. Berkembangnya berbagai jenis produk olahan, membuat para produsen bersaing untuk memenangkan pasar. Salah satu produk olahan yang berbahan baku kedelai hitam adalah kecap. Secara umum, kecap dapat dibuat atau diproduksi dalam usaha skala kecil, menengah bahkan skala besar. Salah satu perusahaan skala menengah untuk kecap manis adalah perusahaan Kecap Manis Cap Laron yang berada di Kabupaten Tuban. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang paling dikenal oleh konsumen khususnya konsumen di Kabupaten Tuban. Selain itu, produknya juga banyak digemari oleh konsumen, walaupun banyak produk sejenis yang memasuki pasar di Kabupaten Tuban. Dengan melihat kondisi seperti ini, mengetahui atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian Kecap Manis Cap Laron dirasa sangat penting. Selain itu mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen merupakan salah satu cara untuk memahami sikap konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen Kecap Manis Cap Laron, menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli Kecap Manis Cap Laron dan mengetahui sikap konsumen terhadap kecap tersebut. Diharapkan dengan mempelajari tentang perilaku konsumen ini, khususnya perilaku dalam pembelian Kecap Manis Cap Laron dapat dijadikan acuan untuk kegiatan pemasaran dan penentuan strategi perusahaan kecap tersebut. Penelitian ini dilakukan di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dilakukan dengan Purposive (sengaja). Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Accidental Sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel secara Non Probability . Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan pendekatan Maholtra dengan mengkalikan minimal 4 dan maksimal 5 dari jumlah atribut. Sehingga dalam penelitian ini jumlah sampel sebanyak 60 responden. Sedangakan untuk metode pengumpulan data peneliti menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan melalui wawancara dan studi pustaka. Metode analisi yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Cochran Q dan Analisis Sikap Model Fishbein. Hasil yang diperoleh dari identifikasi responden, bahwa konsumen yang banyak mengkonsumsi Kecap Manis Cap Laron adalah ibu-ibu yang berusia lebih dari 40 tahun dengan tingkat pendapatan Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 tiap bulannya. Sedangkan ukuran kemasan yang sering dibeli adalah kecap dengan ukuran kemasan 300 ml dengan frekuensi pembelian 2 kali dalam satu bulan. Untuk hasil Uji Validitas dan Reliabilitas, diperoleh bahwa dari 12 atribut yang ditawarkan, terdapat 10 atribut yang valid dan alat ukur pada penelitian ini dikatakan handal. Sedangkan dari Uji Cochran Q didapatkan bahwa terdapat 7 atribut yang dipertimbangkan konsumen yaitu selera, rasa, manfaat, kandungan gizi, harga, ketersediaan produk, dan label pada kemasan. Untuk analisis sikap, berdasarkan keyakinan dan evaluasi responden dapat diketahui bahwa konsumen di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban bersikap positif terhadap produk Kecap Manis Cap Laron. Saran yang dapat penulis berikan, dengan melihat karakteristik responden dalam hal ini adalah konsumen Kecap Manis Cap Laron, diharapkan dapat mempermudah perusahaan untuk memasarkan produknya. Sebaiknya pihak perusahaan tetap mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas produk berdasarkan atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen yaitu selera, rasa, manfaat, kandungan gizi, harga, ketersediaan dan label. Hal ini didasarkan juga dengan sikap konsumen yang cenderung positif terhadap Kecap Manis Cap Laron.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/31/050900424
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2009 08:59
Last Modified: 13 Apr 2022 01:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128311
[thumbnail of 050900424.pdf]
Preview
Text
050900424.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item