Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung Manis Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Petani : studi kasus di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang

Pardosi, Rosantina (2009) Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung Manis Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Petani : studi kasus di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya sektor pertanian tidak perlu diragukan lagi, ini tampak dari adanya indikator bahwa mata pencaharian penduduk Indonesia sebagian besar di sektor pertanian. Salah satu komoditas yang menjadi perhatian dalam pengembangan produk pertanian adalah jagung manis. Sistem pemasaran yang efisien merupakan salah satu faktor yang menentukan keinginan petani untuk meningkatkan produktifitas komoditi yang ditanamnya. Maka aspek pemasaran menjadi sangat penting untuk diteiti, permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah berikut “Sejauh mana efisiensi pemasaran jagung manis dapat meningkatkan pendapatan petani jagung manis”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis tingkat efisiensi pemasaran jagung manis pada masing-masing saluran pemasaran yang dilakukan petani di daerah penelitian. (2) Untuk menganalisis tingkat pendapatan pada masing-masing saluran pemasaran. Hipotesis penelitian dirumuskan sebagai berikut; (1) Semakin panjang saluran pemasaran jagung manis di daerah penelitian, semakin tidak efisien pemasarannya, (2) Semakin panjang saluran pemasaran jagung manis di daerah penelitian, semakin rendah pendapatan petani produsen. Penelitian dilakukan di Desa Ampaldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang Penentuan responden dilakukan secara dua tahap yaitu penentuan responden petani produsen jagung manis dan penentuan responden lembaga pemasaran. Pengambilan contoh untuk petani produsen jagung manis dilakukan pada 25 orang petani yang melakukan usahatani jagung manis sebagai responden. Sedangkan penentuan contoh untuk lembaga pemasaran dilakukan dengan “non probability sampling”, yaitu dilakukan dengan metode “snowball sampling”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran ketiga. Hal ini dikarenakan pada saluran ketiga hanya melibatkan sedikit lembaga pemasaran dibandingkan saluran yang lain yang mengakibatkan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan juga lebih sedikit, sehingga marjin pemasaran juga lebih rendah dibandingkan pada saluran pertama dan kedua. Selain itu, distribusi share keuntungan yang diperoleh oleh masingmasing lembaga pemasaran pada saluran ketiga lebih merata apabila dibandingkan dengan saluran pertama dan kedua. Tujuan kedua dilakukan dengan menguunakan analisa usahatani untuk menghitung pendapatan petani pada masing-masing saluran. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pada saluran yang paling efisien yaitu saluran ketiga, pendapatan petani jagung manis juga lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan petani pada saluran pertama dan kedua. Hal ini disebabkan karena apabila saluran pemasaran efisien, biaya pemasaran yang dikeluarkan sedikit, harga di konsumen akhir lebih rendah sehingga permintaan semakin meningkat, akibatnya harga di tingkat petani tidak selalu ditekan sehingga pendapatan petani dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran yang dapat diberikan adalah : (1) Diadakannya sosialisasi tentang saluran pemasaran yang efisien oleh penyuluh pertanian. (2) Agar pendapatan petani meningkat, peran serta industri dengan bahan baku jagung manis akan sangat membantu dalam upaya meningkatkan pendapatan petani. Karena apabila petani menjual hasil produksinya hanya kepada pedagang, pendapatan yang diterima oleh petani tidak akan mengalami peningkatan karena posisi tawar petani dalam saluran pemasaran sangat rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/238/050902725
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2009 09:32
Last Modified: 12 Apr 2022 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128237
[thumbnail of 050902725.pdf]
Preview
Text
050902725.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item