Inventarisasi Nilai Indeks Beberapa Akar Pohon Pada Jenis Tanah yang Berbeda Untuk Menstabilkan Tebing Lahan di DAS Konto Hulu

ArdianK, Emmanuel (2009) Inventarisasi Nilai Indeks Beberapa Akar Pohon Pada Jenis Tanah yang Berbeda Untuk Menstabilkan Tebing Lahan di DAS Konto Hulu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dilaporkan bahwa selama musim penghujan tahun 2004, ditemukan 89 titik longsor pada DAS Konto, dengan ukuran longsor yang cukup bervariasi. Dengan banyaknya longsor pada tebing sungai menyebabkan kualitas air sungai menurun, karena banyak massa tanah tebing berpindah kedalam sungai dan mengalir mengikuti aliran air sungai, sehingga air tanah berwarna coklat keruh. Beberapa factor penyebab longsor adalah intensitas hujan, jenis tanah, tingkat kelerengan dan kerapatan vegetasi penaung. Penelitian ini bertujuan untuk menghimpun informasi tentang potensi pohon yang baik dalam membantu menstabilkan lereng dengan menfokuskan pada Indeks Jangkar sebagai pondasi dan Indeks Cengkeram sebagai media pengikat lapisan tanah. Penelitian ini dilakukan di Sub Das Konto Hulu meliputi kecamatan Pujon dan Ngantang. Tahapan penelitian meliputi : Survey lokasi dan tanaman yang sesuai karakter penguat tebing, pencatatan Diameter, Indeks Jangkar dan cengkeram pohon, dan melakukan analisa data. Hasil Penelitian menunjukkan : 1. Terdapat 29 contoh pohon yang dominan di DAS Konto, baik pohon buahbuahan, pohon produksi, dan pohon-pohon komersial. 2. Pengelompokan pohon menurut potensinya dalam menunjang stabilitas tebing mengacu pada Indeks Cengkram, Indeks Jangkar serta Kualitas Akar. 3. Indeks Cengkeram akar di DAS Konto Hulu mempunyai nilai yang sangat rendah yaitu kurang dari 1.0. Namun Indeks Jangkar Akarnya sangat bervariasi dengan rata-rata 0.50 4. Indeks Jangkar Akar di tanah Inceptisol tidak lebih besar dari pada IJA di tanah Andisol. 5. Pohon yang berpotensi dapat menunjang stabilitas tebing adalah Dadap karena mempunyai indeks Jangkar yang cukup yaitu 3.34, dan juga mempunyai berat jenis yang cukup yaitu 0.28 g cm-3 . 6. Catarena, surian rambutan, apel, mindi, kemiri, dan kopi Robusta adalah pohonpohon yang mempunyai ICA dan IJA rendah tetapi mempunyai berat jenis yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/219/050902576
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2009 10:05
Last Modified: 12 Apr 2022 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128218
[thumbnail of 050902576.pdf]
Preview
Text
050902576.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item