Persepsi Masyarakat Terhadap Tanaman Hias Serta Peran Pameran Sebagai Media Pemasaran DanKomunikasi

Damanto, Afriska Malfiana (2009) Persepsi Masyarakat Terhadap Tanaman Hias Serta Peran Pameran Sebagai Media Pemasaran DanKomunikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, di Indonesia khususnya Kota Malang tanaman hias berkembang dengan cepat dan sulit diamati sejauh mana perkembangannya. Terlihat jelas melalui peristiwa fenomenal pada tahun 2006, tanaman hias dikejutkan dengan kemunculan Anthurium jenis Gelombang Cinta. Keadaan ini sangat berbeda dengan keadaan sekarang dimana tidak ada satupun jenis tanaman hias yang dapat dikatakan fenomenal, setiap jenis tanaman hias memiliki pangsa pasar masing masing. Hal ini yang mengharuskan para pelaku agribisnis tanaman hias untuk mengetahui bagaimana perkembangan tanaman hias yang terjadi agar dapat mengetahui animo masyarakat serta pangsa pasar tanaman hias yang tepat Tak hanya fashion, tanaman hias juga mengenal tren. Di saat tren sedang berlangsung harga tanaman hias bisa jadi sangat tinggi dan akan turun saat tren yang baru atau berikutnya berlangsung. Harga yang ditawarkan untuk satu bibit Gelombang Cinta pada saat itu mencapai kisaran Rp 35.000,- dan untuk tanamannya mencapai ratusan juta rupiah tergantung jenis dan keunikannya. Kenyataannya, awal 2008 tanaman hias jenis ini mulai kehilangan pamor dan harga yang ditawarkan turun drastis hingga mencapai Rp 10.000,- per bibitnya Selain jatuhnya harga dan pasar tanaman hias, persepsi masyarakat terhadap tanaman hiaspun mulai tidak menentu Perkembangan tanaman hias yang tergolong fluktuatif dan tidak stabil memiliki keterkaitan yang erat dengan sistem pemasaran yang dijalankannya. Selain sebagai media pemasaran, pameran tanaman hias juga merupakan media komunikasi bagi masyarakat luas untuk mengetahui bagaimana potensi, kemampuan serta perkembangan tanaman hias yang sedang tejadi di Indonesia khususnya di Kota Malang. Perumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perkembangan tanaman hias di Kota Malang? 2) Bagaimana persepsi masyarakat terhadap tanaman hias? 3) Bagaimana peran pameran sebagai media pemasaran dan komunikasi tanaman hias di Kota Malang? Tujuan dari penelitian adalah: 1) Mengetahui perkembangan tanaman hias di Kota Malang. 2) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap tanaman hias. 3) Mengetahui peran pameran sebagai media pemasaran dan komunikasi tanaman hias di Kota Malang. Kegunaan dari penelitian ini adalah : 1) Diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi dan pertimbangan bagi semua pihak yang berkepentingan sehubungan dengan tanaman hias seperti. pembisnis baru yang akan mulai membuka usaha tanaman hias sehingga sesuai dengan peluang dan pangsa pasar yang berkembang serta mampu mengelola menejemen pemasaran tanaman hias yang tepat. 2) Diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman bagi masyarakat (petani, pebisnis, penyelenggara pameran, dan pencinta tanaman hias) untuk mengetahui lebih jauh mengenai Persepsi Masyarakat Terhadap Tanaman Hias Serta Peran Pameran Sebagai Media Pemasaran Dan Komunikasi, sebagai contoh: Bagi petani dapat membantu dalam menentukan jenis tanaman hias apa yang akan dibudidayakan sesuai dengan tren yang berkembang di masyarakat. Bagi pebisnis dapat dijadikan pedoman dalam menetapkan harga yang sesuai baik dalam pasar maupun pameran tanaman hias. Bagi penyelenggara pameran dapat digunakan sebagai tambahan informasi dalam menyelenggarakan pameran berikutnya. Informasi yang didapat penyelenggara antara lain: jumlah nurssery yang bergabung dan volume pengunjung tiap harinya,dll. Bagi pecinta tanaman hias dapat digunakan sebagai informasi mengenai perkembanagan tanaman hias yang sudah, sedang, dan akan terjadi dari waktu ke waktunya. 3) Diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi bagi peneliti dan mahasiswa yang akan melakukan penelitian lebih lanjut tentang Persepsi Masyarakat Terhadap Tanaman Hias Serta Peran Pameran Sebagai Media Pemasaran Dan Komunikasi. Sebagai contoh mahasiswa yang akan meneliti mengenai Respon Masyarakat Terhadap Pameran Tanaman Hias di Kota Malang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Daerah penelitian dipilih secara sengaja ( purposive) yaitu di Kota Malang dalam kegiatan Pameran dan Bursa Tanaman Hias Plaza Dieng, Universitas Widyagama, Sasana Krida, dan Mall Olimpic Garden. Responden ditentukan secara sengaja atau purposive yaitu penjual tanaman hias, pengunjung dan penyelenggara Pameran dan Bursa Tanaman Hias. Dari masing-masing lokasi diambil sampel 8 orang yaitu 5 orang pengunjung pameran, 2 orang penjual, dan 1 orang penyelenggara. Sampel pengunjung sebanyak 20 orang tersebut diambil dengan cara accidental sampling karena kebetulan dijumpai pada saat kegiatan pameran berlangsung. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perkembangan tanaman hias di Kota Malang dilihat dari jenis tanaman yang paling populer adalah; Adenium pada tahun 2005, tahun 2006 sang raja daun Anthurium, menyusul Aglaonema si Ratu Daun pada tahun 2007 dan Puring di tahun 2008. Harga tanaman hias selalu mengikuti tren yang sedang berkembang, saat tanaman hias sedang popler harga yang ditawarkan juga akan meningkat hingga berkisar jutaan rupiah tetapi saat tanaman hias tersebut sudah tidak populer harga akan turun drastis hingga hanya mencapai puluhan ribu rupiah. 2) Persepsi masyarakat terhadap tanaman hias berbeda-beda antara satu dengan yang lain tetapi tetap positif. Meskipun perkembangan tanaman hias sedang menurun dan tidak stabil tetapi masyarakat tetap menyukai tanaman hias dan tidak terpengaruh isu kemunduran tanaman hias yang ada. Masyarakat juga memiliki persepsi positif bahwa akses informasi mengenai perkembangan tanaman hias paling banyak diperoleh dalam kegiatan pameran 3) Peran pameran sebagai media pemasaran adalah sebagai ajang promosi jenis-jenis tanaman hias baru yang bermunculan ataupun yang sudah lama berada di pasaran, sedangkan peran pameran sebagai media komunikasi adalah sebagai saluran penyampaian pesan atau informasi baik dari pedagang maupun penggemar tanaman hias.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/147/050902086
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2009 10:36
Last Modified: 11 Apr 2022 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128140
[thumbnail of 050902086.pdf]
Preview
Text
050902086.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item