Analisis Aktual Kompetensi Kerja (AKK) Kelompok Petani Kecil (KPK) mengenai Pengenalan Gabungan KPK dan Persepsi Dinamika dan Kerjasama Gabungan KPK Dalam Program Peningkatan Pendapatan Petani Nelayan

Wafa, Erhason (2008) Analisis Aktual Kompetensi Kerja (AKK) Kelompok Petani Kecil (KPK) mengenai Pengenalan Gabungan KPK dan Persepsi Dinamika dan Kerjasama Gabungan KPK Dalam Program Peningkatan Pendapatan Petani Nelayan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan proyek P4K adalah mengembangkan sistem partisipatif dan berkelanjutan untuk membantu keluarga miskin di pedesaan sehingga mereka mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya. Sistem partisipatif dan berkelanjutan tersebut dimaksudkan untuk memberlakukan suatu mekanisme yang mantap, mapan, dan langgeng bagi upaya pengentasan kemiskinan melalui penumbuhkembangan kelompok-kelompok swadaya yang berasal dari rumah tangga miskin dan penumbuhkembangan usaha-usaha mikro yang mampu meningkatkan pendapatan keluarga.Upaya untuk dapat mencapai kemandirian sesuai harapan P4K seperti itu diperlukan proses pemberdayaan yang berkesinambungan, tahap demi tahap, sesuai perkembangan mental, kematangan berfikir, dan kepercayaan diri para petani nelayan kecil. Mereka didorong untuk belajar dan bekerjasama membangun usaha melalui kegiatan kelompok yang disebut kelompok petani nelayan kecil (KPK). Di dalam kegiatan kelompok itulah dikembangkan keterampilan, pelatihan, termasuk pelayanan keuangan mikro, guna mengubah struktur perekonomiannya ke arah yang lebih berimbang dan berkelanjutan. Proses pemberdayaan ini sejak awal menjamin peran serta aktif mereka sebagai pelaku utama perubahan atas diri mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2008/71/050800822
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2008 08:48
Last Modified: 08 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128061
[thumbnail of 050800822.pdf]
Preview
Text
050800822.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item