Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Iklan Frestea Green di Televisi : studi terhadap Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang

LennyYuliawati (2008) Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Iklan Frestea Green di Televisi : studi terhadap Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teh (Camellia sinensis) merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan di Indonesia. Saat ini, teh kemasan menjadi produk andalan dari beberapa perusahaan minuman ternama karena mampu menyumbang pendapatan cukup besar. Usaha proaktif yang dilakukan perusahaan menarik konsumen adalah dengan menerapkan komunikasi pemasaran yang disebut bauran pemasaran (marketing mix) yang salah satunya adalah periklanan. Iklan merupakan alat komunikasi perusahaan kepada konsumen untuk memberikan informasi produk yang dibutuhkan masyarakat melalui suatu media. Media televisi lebih dipilih sebagai media iklan utama dalam menawarkan produknya pada masyarakat karena dapat menjangkau sasaran yang luas dalam bentuk audio visual. Oleh karena itu, pemilihan media televisi sangat penting bagi produkproduk pertanian yang memiliki segmen konsumsi luas. Salah satu produk yang menjadi obyek penelitian adalah iklan Frestea Green, produksi PT Coca Cola Indonesia. Di sisi lain, harus diperhatikan bahwa karakteristik setiap pemirsa televisi sebagai calon konsumen berbeda-beda. Adanya perbedaan karakteristik tersebut dipengaruhi oleh sikap dan perilaku konsumen, dimana sikap konsumen berhubungan dengan perasaan suka ataupun tidak suka yang ditimbulkan dari penayangan iklan di televisi, sedangkan perilaku konsumen berhubungan dengan proses pengambilan keputusan bermaksud membeli atau tidak membeli dari produk yang diiklankan di televisi. Permasalahan yang diajukan peneliti adalah: (1) Bagaimana sikap dan perilaku konsumen terhadap iklan Frestea Green di televisi? (2) Variabel apakah dalam iklan Frestea Green yang terkait paling erat dengan sikap dan perilaku konsumen terhadap iklan Frestea Green di televisi? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui sikap dan perilaku konsumen terhadap iklan Frestea Green di televisi (2) Mengetahui variabel yang terkait paling erat dengan sikap dan perilaku konsumen terhadap iklan Frestea Green di televisi. Kegunaan penelitian antara lain (1) Sebagai sumber informasi bagi produsen dalam merencanakan strategi pemasaran produk Frestea Green, terutama dalam bidang periklanan (2) Sebagai informasi dan bahan perbandingan bagi penelitian selanjutnya. Penentuan lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive) yaitu survei terhadap mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Penentuan lokasi ini didasarkan atas pertimbangan bahwa, iklan Frestea Green selalu menggunakan bintang iklan dari generasi muda dengan tagline “pilihan generasi fresh” sehingga kalangan mahasiswa merupakan responden yang cukup tepat untuk penelitian. Metode penentuan sampel yaitu dengan accidental sampling yaitu peneliti sengaja memilih sampel kepada siapa pun yang ditemuinya pada tempat, waktu, dan cara yang telah dilakukan. Jumlah keseluruhan populasi sebanyak 26273 mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2008/286/050802668
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2008 08:22
Last Modified: 11 Sep 2008 08:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127898
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item