Analisis Perancangan Desain Kemasan Produk Susu dengan Kansei Engineering dan Analisis Sensitivitas

Nuha, Hanifah Firdausi (2018) Analisis Perancangan Desain Kemasan Produk Susu dengan Kansei Engineering dan Analisis Sensitivitas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi produk susu terutama produk susu segar masih berada dibawah rata-rata negara ASEAN. Selain itu produk susu yang beredar di Indonesia masih dikuasai oleh produsen asing, padahal Malang Raya merupakan area yang sangat berpotensi menjadi tempat produsen susu segar unggul di Indonesia. Produk susu Indonesia masih belum digarap secara serius, sehingga produk perlu didesain agar dapat menarik konsumen. Diperlukan faktor untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi produk susu terutama produk susu lokal, salah satunya adalah melalui desain kemasan. Telah banyak perancangan desain kemasan yang membuktikan bahwa dengan perancangan desain kemasan produk makanan yang baik akan menimbulkan ketertarikan masyarakat untuk mengkonsumsi produk dan dapat sukses di pasaran, dari pernyataan tersebut diketahui bahwa diperlukan desain kemasan yang dipreferensikan oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Kansei Engineering untuk mengekspresikan kebutuhan konsumen berdasarkan preferensi perasaaan yang didapatkan ketika menggunakan produk tersebut dan hasil akhir dibantu dengan Analisis Sensitivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pendataan terhadap preferensi produk susu oleh konsumen dengan kata Kansei, kemudian melakukan pendesainan ulang dalam aspek desain kemasan produk susu sesuai dengan preferensi konsumen dan menilai apakah desain kemasan produk susu yang telah diperbaiki mampu memenuhi preferensi konsumen. Langkah untuk melakukan penelitian adalah pertama dengan melakukan pengambilan data berupa kata-kata kansei yang dipreferensi konsumen pada produk susu dan dinilai dengan skala 5-Semantik Diferensial serta elemen-elemen desain dari produk susu yang beredar di Indonesia. Selanjutnya hasil dari pengambilan data tersebut akan diolah dengan analisis faktor dan penentuan item dan properties untuk menjadi kombinasi sampel desain. Berikutnya kombinasi sampel desain akan diuji pada tahap evaluasi eksperimen, yang akan dianalisis dengan analisis konjoin dan dibantu dengan analisis sensitivitas untuk akhirnya menjadi desain final. Pada akhirnya desain final akan diberi beberapa tambahan atribut dan hasil akhir akan dianalisis dan diberi kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemasan produk susu yang menarik bagi konsumen melalui kata kansei memiliki 40 kata yang disingkat menjadi 26 kata kansei seperti jelas, menarik, terjamin dan lain-lain. Kata kansei tersebut dikelompokkan menjadi 6 faktor yang diberi nama kesan produk, desain, kondisi produk, status produk, imajinari produk dan first impression. Dibuat 32 sampel produk untuk evaluasi eksperimen dengan mengkombinasikan product properties yaitu desain dan material kemasan, tutup kemasan, palet warna dan desain label. Hasil analisis konjoin terpilih 11 alternatif desain untuk diuji dengan analisis sensitivitas dan hasilnya terpilih 1 desain yaitu desain H yang memiliki desain dengan Tetrarex, tutup helicap, palet warna warm 2 dan desain label foto. Untuk penelitian kedepannya bisa dilakukan penelitian dengan aspek lain selain desain kemasan seperti volume produk, rasa dan kekentalan produk, aroma dan warna produk

English Abstract

The tendency of Indonesian for consuming milk product, especially fresh milk are still below ASEAN countries. Moreover, foreign producers are still controlling milk products exist in Indonesia, whereas Malang Raya is the area that have high potency to become advanced fresh milk producer in Indonesia. Local producer still haven’t conducted Indonesian milk products seriously, so the product had to designed so it can attract Indonesian customer. It is needed a factor that attract interest of Indonesian so they will interested in consuming local milk product, one of the factor is by packaging design. There are a lot of case that prove that good food design packaging will increase the interest of consumer for consuming product and it can increase the succes rate of product in market. That is needed food packaging preferenced by consumer. This research used Kansei Engineering method for expressing consumer’s need based on preference obtained when using the product, and the final result will be helped by Sensitivity Analysis for choosing the last final design. The purpose of this research is for conducting data collection toward consumer’s preference on milk product by Kansei Words, and then conducting re-design in aspect of packaging design on milk product based on consumer’s preference and finally for conducting assesment whether milk product packaging’s designed can fulfill consumer’s preference. The steps for conducting this research are first by conducting data collection which consist of Kansei Words preferred on milk product and then assesed by 5-Scale Semantic Differential and also design elements from milk product exists in Indonesia. The next step is by conducting factor analysis and determining item and properties based on data collected. The result of factor analysis and item and properties will be used for combining to make sample designs. Those sample designs will be examined on the stage Experiment Evaluation and will be analyzed by Conjoint Analysis, the result will be analyzed helped by Sensitivity Analysis for finally become the final design. The final design will be added some design and informations attributes and the final result will be analyzed and given the conclusion. The result from this research showed that milk product that appealed to consumer by Kansei words have 40 words that compressed into 26 Kansei Words which are Clear, Attractive, Guaranteed, Healthy, Good, Quality, Useful, Practical, Hungry, Unique, Nutritious Food, Complete, Colorful, Delicious, Popular, Big, Modern, Pure, Higiene, Sealed, Creative, Variative, Eco Friendly and Tasty. Those kansei words grouped into 6 factors namely product impression, design, product condition, product status, product imaginary and first impression. It is made 32 product samples to used on experiment evaluation by combining product properties which are design and material of packaging, lid, color palette and label design. The result of conjoint analysis are made into 11 design alternatives that will be examined by sensitivity analysis and the final result is chosen Design H that have design of Tetrarex, heli cap lid, warm 2 color palette and photographic label design. For future research can conduct by searching preference on another aspects such as product volume, flavour and product consistency, product colour or product scent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/456/051805935
Uncontrolled Keywords: Analisis Sensitivitas, Desain Kemasan, Kansei Engineering, Produk Susu, Pengembangan Produk Kansei Engineering, Milk Product, Packaging Design, Product Development, Sensitivity Analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 688 Other final products and packaging technology > 688.8 Packaging technology
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:06
Last Modified: 22 Oct 2021 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12789
[thumbnail of 06 BAB III.pdf]
Preview
Text
06 BAB III.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 05 BAB II.pdf]
Preview
Text
05 BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 10 LAMPIRAN JADI LANDSCAPE after Kompre.pdf]
Preview
Text
10 LAMPIRAN JADI LANDSCAPE after Kompre.pdf

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of 09 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 08 BAB V.pdf]
Preview
Text
08 BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07 BAB IV rev kompre.pdf]
Preview
Text
07 BAB IV rev kompre.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Doc7.pdf]
Preview
Text
Doc7.pdf

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 10 LAMPIRAN JADI PRINT KOMPRE.pdf]
Preview
Text
10 LAMPIRAN JADI PRINT KOMPRE.pdf

Download (838kB) | Preview
[thumbnail of 00 Cover.pdf]
Preview
Text
00 Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 01 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
01 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 02 LEMBAR ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
02 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 1.PDF]
Preview
Other
1.PDF

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 03 Kata Pengantar, Daftar-daftar, Ringkasan.pdf]
Preview
Text
03 Kata Pengantar, Daftar-daftar, Ringkasan.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 04 BAB I.pdf]
Preview
Text
04 BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item