Analisis Preferensi Konsumen Berdasarkan Atribut Produk Minuman Sari Buah Apel : studi Kasus di Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang

YunitaPangesthi (2008) Analisis Preferensi Konsumen Berdasarkan Atribut Produk Minuman Sari Buah Apel : studi Kasus di Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan meningkatnya tingkat pendidikan dan teknologi serta berkembangnya arus informasi, maka hal ini berpengaruh pada meningkatnya pola pikir atau kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat. Dimana konsumen cenderung lebih kritis dan selektif dalam memilih atau menentukan suatu produk yang akan dikonsumsi. Salah satunya adalah produk minuman sari buah apel. Sari buah apel adalah salah satu minuman yang sangat baik bagi tubuh kita. Dimana manfaat dari minuman sari buah apel adalah dapat menghilangkan batu empedu, menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker, menyehatkan paruparu, dan banyak manfaat lainnya. Selain itu keuntungan dari mengkonsumsi minuman sari buah apel adalah karena bentuk sari lebih mudah diserap oleh tubuh daripada bentuk buah. Melihat manfaat sari buah apel yang begitu banyak sehingga hal itu memberikan peluang bisnis bagi produsen untuk menciptakan produk minuman sari buah apel. Saat ini di Kota Batu terdapat kurang lebih 35 perusahaan sari apel yang telah terdaftar dan menunjukkan persaingan yang cukup ketat didalamnya. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan perlu mengembangkan strategi pemasarannya supaya mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Mereka berusaha menciptakan produk minuman sari buah apel dengan menawarkan atribut-atribut produk yang dapat menarik konsumen untuk membeli. Dari hal ini maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai atribut produk apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian minuman sari buah apel serta mengetahui sejauh mana preferensi konsumen terhadap atribut-atribut produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan atribut produk apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli minuman sari buah apel, dan untuk menganalisis sejauh mana tanggapan konsumen dalam hal ini preferensi konsumen berdasarkan atribut produk, sehingga dapat berpengaruh pada keputusan pembelian produk minuman sari buah apel di Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.. Responden penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode non probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan responden sebanyak 82 orang. Data yang diperoleh bersumber dari data sekunder dan data primer melalui kuisioner. Metode analisis data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas kuisioner dan analisis faktor yang terdiri dari uji interdependensi variabel-variabel, ekstraksi faktor, faktor sebelum rotasi, rotasi faktor, dan uji validitas dan reliabilitas model faktor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2008/277/050802659
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2008 10:50
Last Modified: 11 Sep 2008 10:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127888
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item