Aplikasi Model Analisis Faktor untuk Mengetahui Variabel-Variabel yang Berasosiasi dengan Penggunaan Telepon Seluler (Handphone) Oleh Pedagang Sayur Mayur : studi Kasus Di Wilayah Pasar Besar dan Pasar Induk Gadang Kota Malang

AriDesiViranti (2008) Aplikasi Model Analisis Faktor untuk Mengetahui Variabel-Variabel yang Berasosiasi dengan Penggunaan Telepon Seluler (Handphone) Oleh Pedagang Sayur Mayur : studi Kasus Di Wilayah Pasar Besar dan Pasar Induk Gadang Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha untuk peningkatan efiensi pemasaran sayur mayur dengan adopsi teknologi merupakan hal yang penting, karena salah satu masalah yang menghambat sistem pemasaran yang efisien adalah rendah dan kurang seimbangnya arus informasi pasar. Salah satu media komunikasi yang dapat membantu menyeimbangkan arus informasi pasar dalam bisnis pemasaran sayur mayur adalah handphone (HP). Kemajuan akan teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan HP ini juga dimanfaatkan oleh pedagang sayur mayur di Kota Malang, khususnya di Pasar Besar dan Pasar Induk Gadang sebagai dua pasar yang potensial dalam perdagangan sayur mayur. Adapun faktor-faktor yang menjadi indikasi penggunaan HP pada pedagang sayur-mayur adalah kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia (X1), penggunaan kendaraan pribadi dalam menjalankan kegiatan agribisnis (X2), sumber informasi dari sesama pedagang, pelanggan dan pemasok (X3), dari media cetak dan elektronik (X4), pertimbangan pembelian handphone melihat dari dukungan keluarga, teman, atau orang lain (X5), harga handphone (X6), merek handphone (X7), model handphone (X8), fitur atau fasilitas handphone (X9); kemudahan pengoperasian handphone (X10) dan tarif pulsa handphone (X11). Dari penjelasan di atas, maka permasalahan yang diajukan peneliti adalah : (1) Belum teridentifikasinya faktor-faktor yang berasosiasi dengan penggunaan handphone dalam menjalankan usaha agribisnis di Pasar Besar dan Pasar Induk Gadang Kota Malang. (2) Belum diketahuinya faktor yang dominan, yang berasosiasi dengan penggunaan handphone oleh pedagang sayur mayur, di Pasar Besar dan Pasar Induk Gadang Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang berasosiasi dengan penggunaan handphone untuk menjalankan usaha agribisnis di Pasar Besar dan Pasar Induk Gadang Kota Malang. (2) Mengetahui faktor yang dominan, yang berasosiasi dengan penggunaan handphone oleh pedagang sayur mayur, di Pasar Besar dan Pasar Induk Gadang Kota Malang. Penentuan lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive) yaitu di Pasar Besar dan Pasar Induk Gadang (PIG) Kota Malang. Penentuan lokasi ini didasarkan atas pertimbangan bahwa, Pasar Besar merupakan pusat perdagangan dan perbelanjaan masyarakat Kota Malang, merupakan tempat berdagang bagi pedagang kecil dan besar, serta tempat perpaduan antara pedagang tradisional dan pedagang modern. PIG dipilih sebagai lokasi penelitian karena berdasarkan hasil survei, PIG adalah tempat berkumpulnya pedagang, pelanggan dan pemasok produk pertanian yang lebih banyak dibandingkan dengan pasar lain. Metode penentuan sampel yaitu dengan stratified random sampling atau sampel acak stratifikasi. Jumlah keseluruhan populasi sebanyak 390 pedagang pertanian terdiri dari 232 pedagang produk pertanian di Pasar Besar dan 158 pedagang produk pertanian di PIG. Penentuan besarnya sampel yang diambil mengikuti pendapat Umar (1997) dalam Simamora (2004), yaitu sebesar 80 responden dengan komposisi 48 responden di Pasar Besar dan 32 responden di PIG. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yaitu pemecahan masalah yang menggambarkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta yang tampak menggunakan analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk menemukan sejumlah variabel baru yang disebut faktor, yang jumlahnya lebih sedikit dari variabel asli dan tidak berkorelasi satu dengan yang lainnya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Dari hasil analisis faktor, terbentuk 8 variabel ke dalam 3 faktor baru yang berasosiasi dengan penggunaan handphone oleh pedagang sayur mayur di Pasar Besar. Sedangkan pada PIG sesuai hasil analisis faktor, terbentuk 7 variabel ke dalam 2 faktor baru yang berhubungan dengan penggunaan handphone oleh pedagang sayur mayur. 2. Faktor dominan yang berasosiasi kuat dengan penggunaan handphone oleh pedagang produk pertanian di Pasar Besar adalah faktor I, , yang melihat dari sisi variabel yang melekat handphone itu sendiri. Variabel-variabel yang menjelaskannya adalah variabel pertimbangan dalam pembelian handphone yang melihat dari merek handphone, model handphone, serta fitur atau fasilitas handphone . Sedangkan faktor dominan yang berasosiasi kuat dengan penggunaan handphone oleh pedagang sayur mayur di PIG adalah faktor I, yang melihat dari sisi pedagang dan dari sisi handphone itu sendiri. Variabelvariabel yang menjelaskannya adalah variabel yang berhubungan dengan penggunaan kendaraan pribadi dalam menjalankan kegiatan agribisnis, pencarian sumber informasi agribisnis dari sesama pedagang, pelanggan dan pemasok, pertimbangan pembelian handphone melihat dari harga handphone , serta besarnya tarif pulsa handphone yang digunakan pada saat menjalankan usaha agribisnis. Berdasarkan hasil penelitian, diberikan beberapa saran sebagai berikut : 1. Perlu adanya penyuluhan tentang pentingnya penggunaan teknologi, khususnya yang dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap perkembangan usaha agribisnis di tingkat pedagang kecil maupun besar. 2. Sebaiknya setiap pedagang semua produk pertanian lebih meningkatkan wawasan dan pengetahuannya tentang adopsi teknologi komunikasi khususnya telepon seluler ( handphone ) dalam menjalankan kegiatan agribisnis, agar kegiatan agribisnisnya dapat berkembang lebih baik lagi seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. 3. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya dilakukan analisis faktor dengan menggunakan variabel-variabel lain yang belum diukur pada penelitian ini, agar diperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2008/217/050802301
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2008 11:25
Last Modified: 25 Aug 2008 11:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127821
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item