AnggitaMegasavitri (2008) Aplikasi Analisis Faktor Untuk Mengetahui Variabel-Variabel yang Berasosiasi dengan Pembelian Fungisida Score PT.Syngenta Oleh Petani : studi Kasus Dusun Murang Agung, Desa Kebondalem, Kec. Bareng, Kab. Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Syngenta merupakan salah satu perusahaan pestisida yang salah satu produknya adalah fungisida Score. Berdasarkan data dari PT. Syngenta Indonesia Sub Region East Java I, menyatakan bahwa target yang ditetapkan oleh PT.Syngenta terhadap penjualan produk Score selama perode 2004-2007 adalah sebesar 86,270 liter, sedangkan pencapaian yang didapat sebesar 144,978.44 liter. Hal ini menunjukkan bahwa PT.Syngenta wilayah regional I Jawa Timur mampu mencapai target dari penjualan produk Score. Namun dari pencapaian target tersebut, pada wilayah regional I masih terdapat kota yang belum memenuhi target yang ditetapkan. Kota tersebut adalah Jombang. Untuk Jombang dari target yang ditetapkan masih rendah, yaitu sebesar 60 liter tetapi hanya mampu memenuhi penjualan sebesar 59 liter. Hal ini disebabkan adanya persaingan yang semakin pesat, antara Score dan pestisida lain yang sejenis. Sehingga membuat perusahaan-perusahaan pestisida berupaya untuk mengembangkan strategi pemasarannya. Salah satu bentuk strategi yang sering dipakai dan dianggap efektif adalah strategi bauran pemasaran (marketing mix) . Bauran pemasaran yang ditetapkan oleh perusahaan akan berpengaruh pada pola perilaku petani dalam membeli produk pestisida. Tanggapan petani terhadap rangsangan pemasaran yang diberikan oleh perusahaan termasuk PT.Syngenta berupa harga, produk, promosi, dan distribusi. Hal ini menunjang pengambilan keputusan perusahaan dalam menentukan harga, melaksanakan pengembangan produk, dan diversifikasi serta pelaksanaan promosi yang efektif bagi konsumen. Dari uraian diatas dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah belum teridentifikasinya faktor-faktor yang berasosiasi dengan pembelian fungisida Score PT. Syngenta oleh petani di Dusun Murang Agung, Desa Kebondalem, Jombang dan belum diketahuinya faktor yang paling dominan, yang berasosiasi dengan pembelian fungisida Score PT.Syngenta oleh petani di Dusun Murang Agung, Desa Kebondalem, Jombang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang berasosiasi dengan pembelian fungisida Score PT.Syngenta oleh petani di Dusun Murang Agung, Desa Kebondalem, Jombang dan (2) Mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan, yang berasosiasi dengan pembelian fungisida Score PT.Syngenta oleh petani di Dusun Murang Agung, Desa Kebondalem, Jombang. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : (1) Analisis Deskriptif dan (2) Analisis Faktor Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktorfaktor yang berasosiasi dengan pembelian fungisida Score oleh petani di Dusun Murang Agung, Desa Kebondalem, Jombang terbagi menjadi dua faktor. Faktor I adalah faktor promosi dan distribusi, dan untuk faktor II adalah harga. Dari kedua faktor tersebut dapat diketahui bahwa faktor paling dominan yang berasosiasi kuat dengan dengan pembelian fungisida Score oleh petani di Dusun Murang Agung, Desa Kebondalem, Jombang adalah faktor I, yaitu promosi dan distribusi dengan variabel-variabel yang menjelaskannya adalah variabel jenis promosi, frekuensi promosi dan kemudahan dalam memperoleh produk fungisida Score.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2008/212/050802296 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 25 Aug 2008 14:43 |
Last Modified: | 25 Aug 2008 14:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |