Analisis Hubungan Sistem Contract Farming Terhadap Pendapatan Petani Tebu (Saccharum officinarum) : studi kasus di Desa Tulangan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

AriGrandisHarcintati (2008) Analisis Hubungan Sistem Contract Farming Terhadap Pendapatan Petani Tebu (Saccharum officinarum) : studi kasus di Desa Tulangan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Desa Tulangan kabupaten Sidoarjo. Penentuan daerah ini dilakukan secara sengaja ( Purposive ) dengan pertimbangan bahwa desa tersebut salah satu daerah yang terdapat pabrik gula yang masih beroperasi sampai sekarang. Juga partisipasi petani tebu disekitar desa Tulangan relatif tinggi. Pengambilan responden pada penelitian ini adalah petani contoh yang merupakan petani yang mengusahakan usahatani tebu pada lahan yang diusahakan serta terikat kontrak dengan Pabrik Gula Toelangan dan melakukan sistem keprasan. Metode yang digunakan untuk menentukan petani contoh adalah metode Simple Random Sampling. Dimana jumlah populasi sebanyak 126 petani dengan Pabrik Gula Toelangan yang terdiri dari 37 petani yang menjalin sistem Contract Farming secara individu dan 89 petani yang menjalin sistem Contract Farming secara kelompok. Adapun tujuan dari pengelompokan populasi ini adalah untuk membandingkan pendapatan yang diperoleh pada lahan yang diusahakan selama satu musim tanam. Adapun penentuan jumlah sampel minimal yang harus diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus menurut Parel 2001 sebagai berikut : 2 2 2 2 2 nd Z S NZ S n Dimana : n = jumlah sampel contoh minimal yang harus diambil N = populasi S2 = Varian dari populasi d = Kesalahan maksimal (95%) Z = nilai pada tingkat kesalahan (1,645) Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Parel didapatkan sampel minimal 29,098 30 sehingga ditetapkan bahwa responden petani yang melakukan sistem Contract Farming secara individu sebanyak 32 sedangkan petani yang melakukan secara kelompok sebanyak 31,794 32 petani. Jadi secara keseluruhan jumlah sampel yang diambil sejumlah 64 petani. Petani yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah petani yang melakukan usahatani tebu dan menjalin Contract Farming dengan Pabrik Gula Toelangan pada musim tanam 2007/ 2008. Dan petani tersebut menggunakan sistem tebang keprasan. Dimana karakteristik responden petani yang diamati dalam penelitian ini adalah umur, tingkat pendidikan, tanggungan keluarga petani, luas lahan garapan serta jenis usaha yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2008/173/050801972
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2008 10:03
Last Modified: 21 Oct 2021 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127775
[thumbnail of 050801972.pdf]
Preview
Text
050801972.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item