Marliadie (2008) Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Energen : studi kasus pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan lingkungan sosial dan ekonomi semakin meningkatkan mobilitas masyarakat yang mengharuskan setiap orang untuk melakukan segala pekerjaan serba cepat, praktis dan efisien. Melihat peluang tersebut maka semakin marak bisnis makanan dan minuman siap saji. Hal itu menyebabkan produsen dituntut lebih bisa menghasilkan produk yang instan atau praktis dalam mengkonsumsinya. Produk makanan sereal instan cepat saji yang beredar di pasaran seperti nestle koko krunch, nestle corn flakes, dan quaker instant oatmeal, l. Tetapi berdasarkan hasil poling suara konsumen yang telah dilaksanakan oleh Badan Pengamatan Suara Konsumen di Indonesia tentang makanan sereal terbaik, produk Energen memiliki respon dari konsumen yang paling tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa energen diminati dan memiliki respon yang bagus dari konsumen di pasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui atribut-atribut apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen, menganalisis sikap dan perilaku konsumen, dan menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian energen. Dalam penelitian ini tahap pengambilan sampelnya menggunakan metode Accidental Sampling yang merupakan teknik Sampling secara Non probability. Sampel diperoleh berdasarkan pendekatan Maholtra (1996), bahwa syarat jumlah sampel yang diambil minimal 4 atau 5 kali jumlah variabel sehingga peneliti menggunakan 84 responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang membeli energen adalah perempuan, berusia 21 - 24 tahun, dan mayoritas dari angkatan 2005/2006 dengan uang saku atau pendapatan per bulan responden berkisar antara Rp.250.000,00-Rp.500.000,00. Tempat yang paling sering untuk membeli energen adalah toko dengan frekuensi pembelian yang bervariasi antara setiap 3 hari sekali sampai dengan > 1 bulan. Pengganti sarapan atau pengganti makan, enak, dan praktis merupakan 3 alasan terbanyak dari konsumen membeli energen. Pada uji Cochran’s Q diperoleh atribut-atribut produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli atau mengkonsumsi energen adalah harga, merek, rasa, kualitas, kemasan, mudah didapat, dan kepraktisan penyajian. Dari hasil analisis sikap menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki kecenderungan bersikap positif terhadap produk energen. Sedangkan hasil analisis perilaku menyatakan bahwa adanya kecenderungan konsumen untuk membeli produk Energen secara terus menerus. Faktor – faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk Energen terbentuk dalam 3 kelompok yaitu Faktor Pertama atau Faktor Kualitas terdiri dari atribut kualitas, kemasan, dan merek, Faktor Kedua atau Faktor Daya Tarik dan Ketersediaan Produk terdiri dari atribut rasa, kepraktisan penyajian, harga dan mudah didapat, dan Faktor Ketiga atau Faktor Lingkungan Sosial terdiri dari teman, tenaga penjual, dan keluarga. Mengingat adanya produk sejenis yang memiliki perbedaan harga sedikit atau hampir sama seperti Nestle Koko Krunch, Simba Oatmeal dan produk sejenis lainnya, maka diharapkan perusahaan produk Energen dapat bersaing dalam hal harga atau minimal mempertahankan harga produk. Selain itu diharapkan perusahaan meningkatkan atribut-atribut lain produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk Energen. Dengan memperhatikan karekteristik, sikap, dan perilaku pembelian konsumen, diharapkan perusahaan menjadikan mahasiswa sebagai salah satu prioritas segmen pasar produk Energen. Dengan mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli Energen, maka diharapkan perusahaan dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan faktor kualitas, Faktor Daya Tarik dan Ketersediaan Produk, dan Faktor Lingkungan Sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2008/156/050801700 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jul 2008 09:56 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127756 |
Preview |
Text
050801700.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |