Partisipasi Petani Dalam Program Peningkatan Mutu Intensifikasi (PMI) Padi Dan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang mempengaruhinya : kasus di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember

Pusparani (2008) Partisipasi Petani Dalam Program Peningkatan Mutu Intensifikasi (PMI) Padi Dan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang mempengaruhinya : kasus di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penurunan produksi padi disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya disebabkan oleh semakin terbatasnya lahan pertanian sebagai akibat adanya kompetisi penggunaan lahan dengan sektor yang lain. Peningkatan produktivitas usahatani melalui Peningkatan Mutu Intensifikasi (PMI) yang dilakukan dengan perbaikan teknologi. Upaya pemerintah khususnya Kabupaten Jember dalam lingkup Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Ketahanan Pangan Jember dalam membantu meningkatkan produksi dan pendapatan petani dengan melalui penerapan Program PMI Padi. Program PMI diharapkan mampu memecahkan permasalahan mendasar yang dialami petani sebagai pelaku utama usahataninya, yaitu semakin menurunnya produktivitas padi. Partisipasi petani dalam suatu kegiatan juga merupakan faktor keberhasilan dalam suatu program. Partisipasi dalam suatu program dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor-faktor sosial ekonomi. Adapun permasalahannya adalah: 1. Bagaimana kondisi faktor-faktor sosial ekonomi petani dalam Program PMI Padi di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember? 2. Bagaimana partisipasi petani dalam Program PMI Padi di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember? 3. Bagaimana hubungan antara faktor-faktor sosial ekonomi dengan partisipasi petani dalam program PMI Padi di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember? Penelitian ini bertujuan: 1. Mendeskripsikan kondisi faktor-faktor sosial ekonomi petani dalam program PMI Padi di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul Kecamatan Balung, Kabupaten Jember. 2. Mendeskripsikan partisipasi petani dalam program PMI Padi di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember. 3. Menganalisis hubungan faktor-faktor sosial ekonomi dengan partisipasi petani dalam program PMI Padi di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul Kecamatan Balung, Kabupaten Jember. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Sebagai bahan masukan, pertimbangan dan informasi bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan selanjutnya. 2. Menjadi salah satu bahan masukan bagi kelompok tani untuk lebih berpartisipasi aktif dalam suatu program pembangunan. 3. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi bagi mahasiswa dan peneliti yang akan meneliti masalah yang sama. Hipotesis yang dapat ditarik dari dalam penelitian ini adalah diduga terdapat hubungan antara faktor-faktor sosial ekonomi dengan partisipasi petani dalam program PMI Padi di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2008/133/050801484
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2008 09:29
Last Modified: 21 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127730
[thumbnail of 050801484.pdf]
Preview
Text
050801484.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item