Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian beras organik : studi kasus pada Hero Swalayan dan Istana Buah Malang

Sukristiyanik (2007) Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian beras organik : studi kasus pada Hero Swalayan dan Istana Buah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gaya hidup back to nature dan semakin tinggi tingkat pengetahuan konsumen maka semakin meningkatkan kesadaran tentang kesehatan sehingga konsumen akan menuntut produk yang aman, sehat dan ramah lingkungan. Produk tersebut harus memiliki atribut aman dikonsumsi (food safety attributes), memiliki kandungan nutrisi yang tinggi (nuticional attributes) dan ramah lingkungan (eco – labelling attributes). Dengan adanya fenomena tersebut mengakibatkan preferensi konsumen terhadap produk organik bertambah 20% per tahun. Diperkirakan pangsa pasar dunia untuk produk organik akan mencapai US $ 100 milyar (BPPHP, 2003). Hal ini juga memperlihatkan bahwa masyarakat sudah mulai populer dengan makanan organik terutama beras organik karena beras merupakan makanan poko dari masyarakat Indonesia. Pada penelitian ini permasalahan yang muncul adalah: 1). Bagaimanakah karakteristik konsumen beras organik, 2). Atribut-atribut apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras organik, 3). Bagaimanakah sikap dan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian beras organik Berdasarkan perumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengidentifikasi karakteristik demografi konsumen beras organik 2). Menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras organik 3). Menganalisis sikap dan perilaku konsumen dalam pembelian beras organik Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Hero Swalayan dan Istana Buah. Hal ini dikarenakan kedua tempat perbelanjaan tersebut merupakan salah satu tempat belanja yang menjual produk-produk organik dimana diantaranya adalah beras organik. Selain itu juga kedua tempat tersebut merupakan tempat belanja yang banyak dikunjungi oleh konsumen yang mempunyai tingkat ekonomi tergolong tinggi. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling yang bersifat accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data digunakan adalah pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis cochran Q test dan analisis sikap dan perilaku model reasoned action Dari hasil penelitian diperoleh hasil dari analisis deskriptif terhadap karakter demografi adalah mayoritas responden yang melakukan pembelian beras organik adalah perempuan dengan usia antara 41 – 50 tahun. Tingkat pendidikan mayoritas pengkonsumsi adalah sarjana dengan jenis pekerjaan yaitu Pegawai Negeri Sipil. Tingkat pendapatan sebesar Rp. 2.000.000 – Rp. 2.500.000 dengan jumlah anggota keluarga 3 – 4 orang dengan jumlah konsumsi beras organik mencapai 10,1 – 15 kg tiap bulannya. Analisis cochran Q test menunjukkan hasil bahwa dari 7 atribut yang ditawarkan maka ada 4 atribut yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk membeli beras organik. Analisis sikap menunjukkan hasil bahwa responden yang bersifat sangat negatif adalah sebesar 2 orang (5%), responden bersikap negatif sebanyak 0 orang (0%), yang bersikap netral sebesar 18 orang (45%), responden yang bersikap positif adalah 13 orang (32,5%) dan responden yang bersikap sangat positif adalah sebanyak 5 orang (12,5%). Hasil analisis perilaku diperoleh yaitu responden yang mempunyai maksud pasti tidak membeli beras organik adalah adalah sebesar 2 orang (7,5%), sedangkan responden yang mungkin tidak membeli sebesar 1 orang (2,5%), responden yang bermaksud netral sebanyak 14 orang (35%), responden yang mempunyai maksud mungkin membeli adalah sebanyak 16 orang (40%) dan responden yang memiliki maksud pasti membeli beras organik sebesar 7 orang (17,5). Dari hasil analisis sikap dan perilaku ini dapat disimpulkan bahwa responden cenderung bersikap positif terhadap atribut-atribut beras organik. Sedangkan perilaku konsumen menunjukkan bahwa responden juga cenderung akan memutuskan membeli setelah adanya pengaruh dari norma sosial yang ternyata semakin menguatkan sikap positif terhadap beras organik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2007/394/050702670
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 06:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127638
[thumbnail of 050702670.pdf]
Preview
Text
050702670.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item