HasanAfandi (2007) Analisis sikap dan perilaku konsumen terhadap bakpao telo : studi Kasus di Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu / SPAT, Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsumen merupakan pembeli barang atau jasa yang dihasilkan produsen. Untuk memasarkan suatu produk atau jasa perlu diketahui tentang sikap dan perilaku konsumen. Tujuannya adalah untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen terhadap barang yang ditawarkan. Dengan mempelajari sikap dan perilaku konsumen dapat diketahui tentang keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap barang-barang yang ditawarkan dengan berbagai spesifikasi yang jelas, terukur, dan terencana. Bakpao Telo merupakan salah satu produk olahan hasil usahatani yaitu telo (ubi rambat). Bakpao Telo dikenalkan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis yaitu (Sentra Perngembangan Agribisnis Terpadu/ SPAT) Pasuruan. Di awal pendiriannya konsumen yang menjadi sasaran adalah para pengemudi kendaraan yang lalu lalang di jalan masuk Kabupaten Malang, para wisatawan yang memilih Malang sebagai tujuan wisata, dan juga masyarakat sekitarnya. Bagaimana sikap konsumen dengan adanyak BakpaoTelo yang ada di SPAT dan bagaimana pula perilaku mereka ? Penelitian sikap dan perilaku konsumen ini bertujuan untuk menganalisis sikap dan perilaku konsumen terhadap Bakpao Telo. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu pengambilan sampel secara kebetulan. Responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Responden tersebut merupakan konsumen yang datang ke SPAT untuk membeli Bakpao Telo. Metode analisis data yang digunakan menggunakan model sikap dan perilaku konsumen Fishbein dengan menggunakan skala yang mempunyai nilai skor +2 (skor maksimum) sampai dengan –2 (skor minimum). Penelitian ini menggunakan atribut harga, rasa, aroma, ukuran, warna, kekenyalan dan manfaat Bakpao Telo. Atribut-atribut ini digunakan sebagai bahan untuk menentukan nilai dari sikap konsumen, sedangkan untuk variabel norma subyektif menggunakan komponen keluarga, teman dan tenaga penjual. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa konsumen Bakpao Telo SPAT Pasuruan yang potensial dengan usia 20 – 40 tahun, tingkat pendidikan sarjana. Hasil analisis penelitian sikap dan perilaku konsumen terhadap Bakpao Telo diketahui bahwa tingkat keyakinan konsumen terhadap Bakpao Telo dengan komponen-komponen yang menyertainya mendapat tanggapan baik dari konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2007/050702454 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 12 Sep 2007 00:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127563 |
Preview |
Text
050702454.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |